Tugas 4 Meringkas Teks Eksemplum

Tugas 4 Meringkas Teks Eksemplum
Meringkas teks eksemplum juga telah kamu lakukan secara berkelompok pada Kegiatan 2 Penyusunan Teks Eksemplum secara Berkelompok. Sekarang kamu diminta meringkas teks secara mandiri. Tujuannya agar kamu dapat memahami isi dan pesan yang terdapat dalam teks yang akan kamu ringkas itu. Selanjutnya, kamu diminta untuk melakukan tugas berikut sesuai dengan perintah.
Kegiatan meringkas teks ini kamu lakukan pada teks “Kisah Saudagar Kaya” yang sudah dibahas di atas. Untuk itu, baca dan cermati lagi teks tersebut, kemudian kerjakan tugas berikut dengan teliti dan cermat!
1) Ringkaslah teks “Kisah Saudagar Kaya” menjadi teks eksemplum yang singkat, tetapi memiliki makna yang dapat menjelaskan maksud bagian orientasi, insiden, dan interpretasi! 2) Tulislah dengan singkat interpretasi teks tersebut yang membutuhkan renungan sehingga memberi hikmah bagi pembaca!
76 Kelas IX SMP/MTs
Setelah butir 1) dan 2) kamu kerjakan, selanjutnya kamu diminta mencari teks eksemplum di media massa cetak atau elektronik. Kemudian, ringkaslah teks yang kamu cari itu menjadi teks eksemplum yang sederhana, singkat, dan mudah dipahami. Kamu juga harus menerapkan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang benar dalam teks hasil ringkasanmu itu.
Agar hasil kerjamu lebih tertata dengan baik, kerjakan kedua tugas meringkas teks itu pada format berikut ini.
Tugas Mandiri   : Meringkas Teks Eksemplum Nama                 :................................................ Kelas                 :................................................
Hasil Kerja:
------------------------------------------ (Judul Teks) …………………………………………………………………………..……….... …………………………………………………………………………………….. …………………………………………………………………………................. .........................…………………………………………………………………… …................................……………………………………………...…………… ……………………………………………………………....… (Orientasi)
……………………………………………………………………………….…..… …………………………………………………………...………………………… ………………………………………………………………............................... ..........……………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………... …………………………………...………………………………………………… …………………………………………………………………………...………… ………………………………………………….......................(Insiden)
…………………………………………………………………………………… …..………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………… ………………….........................................…………………………………… …………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………….........…... ………………………………………………………………… (Interpretasi)


sumber: buku pegangan siswa kelas IX bahasa Indonesia kurikulum 2013

No comments:

Post a Comment