Tugas 2 Mengenali Struktur Teks Cerita Fabel
Pada Tugas 2 ini kamu akan mempelajari struktur teks cerita fabel. Sebagai teks
cerita naratif, teks cerita fabel memiliki struktur orientasi, komplikasi, resolusi, dan
koda. Istilah orientasi, komplikasi, dan resolusi telah kamu pelajari pada Kelas VII,
yaitu pada Bab VI tentang teks cerita pendek. Coba kamu pelajari dan pahami lagi
ketiga istilah tersebut. Nah, sekarang apa itu koda? Koda merupakan bagian terakhir
dari struktur teks cerita fabel. Koda berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan
pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut. Untuk memahami hal itu, kamu
perhatikan struktur teks cerita fabel pada bagan berikut.
Struktur Teks Cerita Fabel:
“Kupu-Kupu Berhati Mulia”
Komplikasi
Resolusi
Orientasi
Koda
Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah tidak boleh
bersikap sombong dan merendahkan orang lain. Kita harus hidup saling membantu
dan peduli terhadap orang lain.
Setelah mencermati teks model pada Tugas 2, kenalilah bagian-bagian teks yang
menjadi bangunan teks tersebut! Untuk itu, kerjakanlah tugas-tugas berikut!
1. Untuk lebih memahami isi teks tersebut, kamu harus memahami isi pada setiap
bagian teks itu. Perhatikan setiap bagian struktur cerita fabel pada teks model.
Perhatikan pula kalimat yang ditulis miring pada contoh bagian orientasi. Kalimat
tersebut memperlihatkan gagasan utama yang ada di dalam bagian orientasi.
Sekarang, coba garis bawahi kalimat yang kamu anggap sebagai gagasan utama
yang terdapat di dalam bagian komplikasi, resolusi, dan koda. Jadikan bagian
struktur teks orientasi sebagai contoh.
Orientasi Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalanjalan
di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat
taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa
binatang-binatang yang berada di taman itu.
Komplikasi Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut
mengejek bentuk kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke
mana-mana.
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa
menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas
ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke
tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang
lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya
adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja
mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu.
Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur. Lumpur
yang licin membuat semut tergelincir ke dalam lumpur. Ia terjatuh
ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan
itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong....!”
Resolusi Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang
melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke
arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”
Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu
mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu
karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji
kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah diejek,” kata si kupukupu.
Ternyata, kepompong yang dulu ia ejek sudah menyelamatkan
dirinya.
Koda Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia
tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di
taman itu.
Setelah memahami struktur teks cerita fabel, kamu dapat menjawab pertanyaanpertanyaan
berikut dengan memberikan alasan atau kalimat lain!
2. Setujukah kamu dengan pernyataan pada bagian orientasi yang berisi Dikisahkan
pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat
bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut
berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
Berikanlah alasan jika kamu setuju!
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
Berikan alasan kamu jika tidak setuju! Paragraf alternatif seperti apa yang dapat
kamu susun untuk sebuah bagian orientasi.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
3. Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa bagian komplikasi
disusun dengan
kalimat yang memunculkan masalah dalam teks tersebut? Berikan alasanmu!
Dalam teks itu terdapat kalimat, Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang
semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
Apakah kalimat tersebut sudah sesuai dengan awal bagian komplikasi? Berilah
alternatif kalimat yang lain untuk memunculkan masalah.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
4. Apakah kamu setuju dengan bagian koda dalam teks itu? Akhirnya, sang semut
berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan
Tuhan yang ada di taman itu. Berilah kalimat alternatif yang lain untuk menyusun
koda yang menarik.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
5. Setelah kamu cermati teks tersebut lebih mendalam dan mengetahui strukturnya,
coba ceritakan kembali teks cerita fabel tersebut. Mintalah teman-temanmu
menyimak teks lisan yang kamu ceritakan dan minta juga tanggapannya. Diskusikan
dengan guru dan teman-temanmu! Catatlah hasil diskusi dan masukannya.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP
Pada Tugas 2 ini kamu akan mempelajari struktur teks cerita fabel. Sebagai teks
cerita naratif, teks cerita fabel memiliki struktur orientasi, komplikasi, resolusi, dan
koda. Istilah orientasi, komplikasi, dan resolusi telah kamu pelajari pada Kelas VII,
yaitu pada Bab VI tentang teks cerita pendek. Coba kamu pelajari dan pahami lagi
ketiga istilah tersebut. Nah, sekarang apa itu koda? Koda merupakan bagian terakhir
dari struktur teks cerita fabel. Koda berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan
pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut. Untuk memahami hal itu, kamu
perhatikan struktur teks cerita fabel pada bagan berikut.
Struktur Teks Cerita Fabel:
“Kupu-Kupu Berhati Mulia”
Komplikasi
Resolusi
Orientasi
Koda
Hikmah atau pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah tidak boleh
bersikap sombong dan merendahkan orang lain. Kita harus hidup saling membantu
dan peduli terhadap orang lain.
Setelah mencermati teks model pada Tugas 2, kenalilah bagian-bagian teks yang
menjadi bangunan teks tersebut! Untuk itu, kerjakanlah tugas-tugas berikut!
1. Untuk lebih memahami isi teks tersebut, kamu harus memahami isi pada setiap
bagian teks itu. Perhatikan setiap bagian struktur cerita fabel pada teks model.
Perhatikan pula kalimat yang ditulis miring pada contoh bagian orientasi. Kalimat
tersebut memperlihatkan gagasan utama yang ada di dalam bagian orientasi.
Sekarang, coba garis bawahi kalimat yang kamu anggap sebagai gagasan utama
yang terdapat di dalam bagian komplikasi, resolusi, dan koda. Jadikan bagian
struktur teks orientasi sebagai contoh.
Orientasi Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalanjalan
di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat
taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa
binatang-binatang yang berada di taman itu.
Komplikasi Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut
mengejek bentuk kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke
mana-mana.
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa
menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas
ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke
tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang
lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya
adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja
mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu.
Karena hujan, di mana-mana terdapat genangan lumpur. Lumpur
yang licin membuat semut tergelincir ke dalam lumpur. Ia terjatuh
ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan
itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong....!”
Resolusi Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang
melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke
arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”
Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu
mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu
karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji
kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah diejek,” kata si kupukupu.
Ternyata, kepompong yang dulu ia ejek sudah menyelamatkan
dirinya.
Koda Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia
tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di
taman itu.
Setelah memahami struktur teks cerita fabel, kamu dapat menjawab pertanyaanpertanyaan
berikut dengan memberikan alasan atau kalimat lain!
2. Setujukah kamu dengan pernyataan pada bagian orientasi yang berisi Dikisahkan
pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat
bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut
berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
Berikanlah alasan jika kamu setuju!
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
Berikan alasan kamu jika tidak setuju! Paragraf alternatif seperti apa yang dapat
kamu susun untuk sebuah bagian orientasi.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
3. Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa bagian komplikasi
disusun dengan
kalimat yang memunculkan masalah dalam teks tersebut? Berikan alasanmu!
Dalam teks itu terdapat kalimat, Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang
semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
Apakah kalimat tersebut sudah sesuai dengan awal bagian komplikasi? Berilah
alternatif kalimat yang lain untuk memunculkan masalah.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
4. Apakah kamu setuju dengan bagian koda dalam teks itu? Akhirnya, sang semut
berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan
Tuhan yang ada di taman itu. Berilah kalimat alternatif yang lain untuk menyusun
koda yang menarik.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
5. Setelah kamu cermati teks tersebut lebih mendalam dan mengetahui strukturnya,
coba ceritakan kembali teks cerita fabel tersebut. Mintalah teman-temanmu
menyimak teks lisan yang kamu ceritakan dan minta juga tanggapannya. Diskusikan
dengan guru dan teman-temanmu! Catatlah hasil diskusi dan masukannya.
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
_________________________________________________________________
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP
No comments:
Post a Comment