Tugas 3 Memahami Unsur Kebahasaan Teks Cerita Fabel

Tugas 3 Memahami Unsur Kebahasaan Teks Cerita Fabel

1. Mengidentifikasi Kata Kerja
Setelah membaca teks model di atas, coba kamu identifikasi kata kerja dalam
teks tersebut berdasarkan struktur teks yang ada.
...dst.
Setelah kamu dapat mengidentifikasi kata kerja, coba kelompokkan kata kerja
tersebut ke dalam dua bagian. Bagian pertama adalah kata kerja aktif transitif.
Bagian kedua adalah kata kerja aktif intransitif. Kata kerja aktif transitif adalah
kata kerja aktif yang memerlukan objek dalam kalimat, misalnya memegang,
mengangkat. Sementara itu kerja aktif intransitif adalah kata kerja aktif yang tidak
memerlukan objek dalam kalimat, misalnya diam. Untuk melatih pemahamanmu
tentang kedua jenis kata kerja itu, identifikasilah kata kerja aktif transitif dan aktif
intransitif di dalam teks model di atas! Kemudian, tulislah hasil identifikasimu itu
pada tabel berikut!
...dst.
Setelah kamu mengidentifikasikan kata kerja tersebut, susunlah kalimat dengan
menggunakan kata kerja itu.
Kelompok kalimat dengan kata kerja aktif transitif.
1) _____________________________________________________________
2) _____________________________________________________________
3) _____________________________________________________________
4) _____________________________________________________________
5) _____________________________________________________________
6) _____________________________________________________________
7) _____________________________________________________________
8) _____________________________________________________________
9) _____________________________________________________________
10) _____________________________________________________________
1) _____________________________________________________________
2) _____________________________________________________________
3) _____________________________________________________________
4) _____________________________________________________________
5) _____________________________________________________________
6) _____________________________________________________________
7) _____________________________________________________________
8) _____________________________________________________________
9) _____________________________________________________________
10) _____________________________________________________________
Setelah kamu dapat menyusun kalimat dengan menggunakan kedua jenis kata
kerja tersebut, coba diskusikan perbedaan struktur melalui ada atau tidak ada
objek dalam kalimat yang ada pada kedua kelompok kalimat tersebut.
Berikutnya, coba kamu ubah kalimat yang menggunakan kata kerja aktif
transitif yang telah kamu susun menjadi kalimat pasif.
Contoh:
1) Sang semut melihat sebuah kepompong (kalimat aktif).
2) Sebuah kepompong dilihat oleh sang semut (kalimat pasif).
Kelompok kalimat pasif.
1) _____________________________________________________________
2) _____________________________________________________________
3) _____________________________________________________________
4) _____________________________________________________________
5) _____________________________________________________________
6) _____________________________________________________________
7) _____________________________________________________________
8) _____________________________________________________________
9) _____________________________________________________________
10) _____________________________________________________________
Coba diskusikan struktur kalimat yang telah kamu susun dengan guru dan
teman-temanmu. Catatlah hasil diskusi itu! Temukanlah simpulan dari diskusi
yang telah kamu lakukan dengan guru dan teman-temanmu!
2. Penggunaan Kata Sandang Si dan Sang
Kamu sudah memahami teks cerita fabel. Kalimat di bawah ini diambil dari
kutipan teks model pada tugas yang menggunakan kata sandang si dan sang.
Cermatilah kalimat di bawah ini!
1) Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada
di taman itu.
2) Sang semut mengejek kepompong yang jelek yang tidak bisa pergi ke manamana.
3) Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka.
4) Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
5) “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Kaidah penulisan si dan sang terpisah dengan kata yang diikutinya. Kata si
dan sang ditulis dengan huruf kecil, bukan huruf kapital. Perhatikan contoh
penggunaan dalam kalimat-kalimat tersebut. Bedakan dengan contoh berikut ini.
1) “Bagaimana caranya agar si kecil rajin belajar?” tanya ibu.
2) Kedua orang itu, si Kecil dan si Kancil, adalah pembantu di pasar.
Kata kecil pada kalimat 1) ditulis dengan huruf kecil karena bukan merupakan
nama. Pada kalimat 2) Kecil ditulis dengan huruf /K/ kapital karena dimaksudkan
sebagai panggilan atau nama julukan.
Buatlah kalimat dengan menggunakan sang atau si!
1) _____________________________________________________________
2) _____________________________________________________________
3) _____________________________________________________________
4) _____________________________________________________________
5) _____________________________________________________________
3. Penggunaan Kata Keterangan Tempat dan Waktu
Dalam teks cerita fabel biasanya digunakan kata keterangan tempat dan kata
keterangan waktu untuk menghidupkan suasana. Untuk keterangan tempat
biasanya digunakan kata depan di dan keterangan waktu biasanya digunakan
kata depan pada atau kata yang menunjukkan informasi waktu. Cermati kalimat
berikut yang diambil dari teks yang telah dibahas.
1) Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di
taman.
2) Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, di
mana-mana terdapat genangan lumpur.
3) Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang
aman.
4) Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu.
Setelah memahami penggunaan konsep keterangan tempat dan waktu, buatlah
kalimat dengan menggunakan keterangan tempat dan waktu secara tepat dan
cermat!
1) _____________________________________________________________
2) _____________________________________________________________
3) _____________________________________________________________
4) _____________________________________________________________
5) _____________________________________________________________
6) _____________________________________________________________
7) _____________________________________________________________
8) _____________________________________________________________
9) _____________________________________________________________
10) _____________________________________________________________
4. Penggunaan Kata Hubung Lalu, Kemudian, dan Akhirnya
Kata lalu dan kemudian memiliki makna yang sama. Kata itu digunakan sebagai
penghubung antarkalimat dan intrakalimat. Kata akhirnya biasanya digunakan
untuk menyimpulkan dan mengakhiri informasi dalam paragraf atau dalam teks.
Perhatikan kalimat di bawah ini!
1) Setelah mendengar berita kebakaran itu, Amir pergi ke luar, kemudian berlari,
lalu berteriak sambil menangis.
2) Lalu, sang semut memegang erat ranting itu.
3) Kemudian, sang semut berterima-kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu
telah menyelamatkan nyawanya.
4) Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan
menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.
Setelah memahami kata penghubung lalu dan kemudian, buatlah tiga paragraf singkat. Gunakanlah lalu dan kemudian sebagai kata penghubung dalam paragraf
yang kamu buat.
...dst.


buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP

No comments:

Post a Comment