Tugas 1 Memahami Struktur Teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”

Tugas 1
Memahami Struktur Teks “Nelson Mandela:
Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid”

Setelah membaca teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid” tersebut,
kalian akan melihat beberapa bagian yang membangun teks itu. Teks tersebut diawali
oleh orientasi yang memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan
tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan tokoh yang diangkat.
Bagian berikutnya merupakan urutan peristiwa kehidupan tokoh yang pernah dialami
sosok yang digambarkan. Pada bagian ini terlihat berbagai pengalaman sang tokoh,
baik peristiwa yang mengesankan maupun persoalan yang dihadapinya. Bagian akhir
teks ditutup dengan reorientasi, yang berisikan pandangan penulis terhadap tokoh
yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh
saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita ulang biografi.
Ketiga bagian struktur teks cerita ulang biografi tersebut dapat dilihat pada bagan
berikut.
Kalian sudah mengenal seorang tokoh fenomenal, bukan? Tentunya kalian sudah
mencermati teks cerita ulang biografi yang disajikan di atas. Sekarang marilah kita
uraikan teks “Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid” itu menurut struktur
teksnya. Struktur teks itu merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun. Kalian dapat
mengamati bahwa teks cerita ulang disusun dengan struktur teks orientasi, diikuti oleh
urutan peristiwa kehidupan tokoh, dan boleh ditutup dengan reorientasi.
Struktur Teks Kalimat dalam Teks
Orientasi
Rolihlahla Mandela lahir pada 18 Juli 1918 di Umtata, Afrika Selatan.
Dia anak dari seorang kepala suku. Nama Rolihlala kadang diartikan
sebagai ‘pembuat onar’, sementara nama Nelson baru kemudian
ditambahkan oleh guru sekolah dasarnya yang membayangkan suatu
kemegahan kerajaan pada nama itu. Masa kecil Mandela cukup damai,
dia banyak menghabiskan waktu menggembala atau melakukan
kesibukan pedesaan yang lain. Ketika ayahnya meninggal, dia diurus
oleh seorang sanak keluarganya yang menjadi bupati. Wanita yang
pernah mendampingi hidupnya ada beberapa orang, yaitu Evelyn Mase
(cerai 1957), Nkosikazi Nomzamo Madikizela atau Winnie Mandela
(cerai 1996), dan Graca Machel-Mandela (menikah 1998).
Urutan peristiwa
kehidupan tokoh
Tahap 1
Nelson Mandela pernah mengenyam pendidikan di College of Fort
Hare, University of South Africa, dan University of Witwaterrand,
Johannesburg. Keterlibatannya dalam politik dimulai saat dia keluar
dari sekolah College of Fort Hare. Dia mulai melibatkan diri dalam
aksi protes mahasiswa menentang tatanan politik yang menempatkan
orang kulit putih lebih tinggi dari orang kulit hitam. Keterlibatan inilah
yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus ditempuhnya
dalam memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit
hitam di Afrika Selatan.
Urutan peristiwa
kehidupan tokoh
Tahap 2
Mandela kemudian magang pada sebuah biro hukum. Kariernya dalam
bidang hukum berlanjut hingga dia bisa menjadi pengacara yang cukup sukses. Namun, selama bertahun-tahun kemudian dia menyaksikan
bagaimana politik apartheid (politik diskriminasi warna kulit) sangat
tidak manusiawi. Hanya karena berkulit hitam orang bisa kehilangan
status sebagai manusia. Mandela meneguhkan hatinya untuk melawan
semua ini. Dia rela meninggalkan kehidupan desa yang damai, bahkan
kariernya sebagai pengacara, untuk memasuki masa depan yang penuh
pengorbanan dan penderitaan.
Urutan peristiwa
kehidupan tokoh
Tahap 3
Harapan Mandela untuk berhasil sangatlah kecil karena selama
berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua
kekuasaan politik dan militer, akses pendidikan, dan sebagian besar
kekayaan di tangan minoritas kulit putih. Kondisi yang mendukung
keberhasilan revolusi hampir tidak ada sama sekali. Rakyat banyak
telah dijinakkan dalam kepatuhan, wilayah geografis yang luas
merintangi komunikasi dan mobilitas, sementara perang antar-ras
bukan suatu pilihan yang realistis, bahkan bisa menghebohkan. Urutan peristiwa
kehidupan tokoh
Tahap 4
Dalam situasi semacam itu, Mandela memilih jalan tanpa kekerasan
sebagai strategi. Dia bergabung dengan Liga Kaum Muda, organisasi
pemuda Kongres Nasional Afrika (ANC) pada 1944. Dia mengambil
bagian dalam program perlawanan pasif untuk menentang aturan
agar orang kulit hitam membawa pas jalan dan membuat mereka tetap
dalam posisi budak terus-menerus.
Urutan peristiwa
kehidupan tokoh
Tahap 5
Pemerintah kemudian menggelar peradilan besar-besaran terhadap
para “pengkhianat”, Mandela termasuk di antaranya. Namun, pada
1961 semua itu berakhir dengan pembebasan ke-156 tertuduh.
Kemudian, Afrika Selatan “bergolak” karena pembantaian para
demonstran kulit hitam di Sharpeville pada Maret 1960. Akan tetapi,
Pemerintah tetap konsisten menghantam oposisi: sebagian besar
gerakan pembebasan, termasuk ANC, dilarang. Mandela yang telah
meraih reputasi sebagai pemimpin orang kulit hitam, berjuang di
bawah tanah selama lebih dari setahun dan bepergian ke luar negeri
untuk mencari dukungan bagi ANC.
Urutan peristiwa
kehidupan tokoh
Tahap 6
Ketika Mandela kembali, dia ditahan dan dikirim ke penjara Robben
Island selama lima tahun. Namun, dia tetap kukuh, “Sepanjang hidup
saya, saya mendedikasikan diri pada perjuangan rakyat Afrika. Saya
telah berjuang menentang dominasi kulit putih, dan telah berjuang
melawan dominasi kulit hitam. Saya mengharapkan demokrasi dan
masyarakat bebas yang ideal, memperlihatkan bahwa setiap orang
hidup bersama dalam harmoni dan mendapat kesempatan yang sama.
Hal itulah yang ingin saya hidupkan dan saya capai. Jika perlu, untuk
itu saya siap mati.”
Pada tahap orientasi diceritakan tentang tempat lahir Nelson Mandela, kisah di
balik namanya, dan kehidupan masa kecilnya. Tugas kalian selanjutnya adalah membuat pembagian itu sampai sekecil-kecilnya. Misalnya, menceritakan secara lengkap tentang
pendidikan yang pernah ditempuh tokoh tersebut. Cermati secara saksama setiap
informasi yang disuguhkan dalam teks itu.
Setelah kalian mengetahui struktur teks cerita ulang, carilah berbagai informasi
yang terdapat dalam tiap paragraf! Galilah informasi sebanyak-banyaknya yang terdapat
di dalam teks tersebut.
a) Informasi dalam tahap orientasi:
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
b) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 1):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
c) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 2):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
d) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 3):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
e) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 4):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
f) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 5):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
g) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 6):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
h) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 7):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
i) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 8):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
j) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 9):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
k) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 10):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
l) Informasi dalam urutan peristiwa kehidupan tokoh (Tahap 11):
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________
m) Informasi dalam tahap reorientasi:
________________________________________________________________
________________________________________________________________
________________________________________________________________
_________________________________________________________________



BUKU PEGANGAN SISWA BAHASA INDONESIA EKSPRESI DIRI DAN AKADEMIK KELAS XI

No comments:

Post a Comment