RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 5 KD 3.1 DAN 4.1 KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                      (RPP)
 
Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/2
Materi Pokok               : Teks Negosiasi
Tema/ topik                 : Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                        
Alokasi Waktu             : 1 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi , laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi..
                 Indikator
          1.3.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.             4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
Indikator
2.4.1. Menunjukkan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.1.1.              Mengungkapkan kembali struktur teks negosiasi
3.1.2.              Mengungkapkan kembali kaidah teks negosiasi
4.1.   Menginterpretasi makna  teks negosiasi baik secara lisan mupun  tulisan
Indikator
4.1.1.              Menginterpretasi makna teks negosiasi
C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.      Menunjukkan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.      Mengungkapkan kembali struktur teks negosiasi
4.      Mengungkapkan kembali kaidah  teks negosiasi
5.      Mengintertretasi makna teks negosiasi

D.  Materi Pembelajaran      
1.      Contoh teks negosiasi
    1. Tulis
NEGOSIASI ANTARA KARYAWAN DAN PENGUSAHA
Setelah para karyawan sebuah perusahaan di bidang elektronika melakukan aksi mogok kerja dengan melakukan demonstrasi di depan kantor perusahaan, akhirnya wakil perusahaan itu menerima wakil para karyawan untuk berdialog. Dialog itu dijaga oleh sejumlah petugas keamanan. Sementara itu, beratus-ratus karyawan masih berdemonstrasi di depan kantor perusahaan.
1.   1.
Wakil karyawan
:
Selamat sore, Pak.
2.   2.
Wakil perusahaan
:
Selamat sore. Mari, silakan duduk.
3.   3.
Wakil
karyawan
:
Ya, terima kasih.
4.   4.
Wakil perusahaan
:
Saya, Hadi Winoto, wakil dari perusahaan. Anda siapa?
5.   5.
Wakil karyawan
:
Saya Suparmin, yang dipercaya teman-teman untuk menemui pimpinan.
(Mereka bersalaman)
6.  6 .
Wakil perusahaan
:
Sebenarnya, apa yang terjadi? Semua karyawan di perusahaan ini melakukan demonstrasi. Kalau begini caranya, perusahaan bisa bangkrut dan karyawan bisa di-PHK.
7.
Wakil karyawan
:
Tidak ada apa-apa, Pak. Kami hanya ingin memperbaiki nasib dan hidup layak.
8.
Wakil perusahaan
:
Maksudnya?
9.
Wakil karyawan
:
Ya, pasti Bapak tahu. Kami, karyawan, sudah bekerja keras demi perusahaan. Tetapi, kami merasa kurang mendapatkan imbalan yang pantas. Kami tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya dengan uang Rp2.000.000,00 sebulan. Paling tidak, kami menerima upah sebesar Rp3.000.000,00.
10.
Wakil perusahaan
:
Itu tidak mungkin. Perusahaan sudah menanggung beban terlalu berat. Listrik naik, bahan bakar naik, dan biaya operasional lain juga naik. Kenaikan UMP (upah minimum provinsi) belum bisa naik sekarang.
11.
Wakil karyawan
:
Kalau begitu, kami tetap akan melakukan aksi mogok kerja sampai tuntutan kami dipenuhi.
12.                     Wakil perusahaan
:
             Tidak boleh demikian. Kita harus mencari jalan tengah.
13.
Wakil karyawan
:
Lalu, bagaimana?
14.
Wakil perusahaan
:
Saya akan mengusulkan kenaikan tersebut kepada direksi. Perusahaan hanya mampu menaikkan UMP sampai Rp2.400.000,00. Tidak lebih dari itu. Anda sendiri tahu bahwa pada situasi global ini perusahaan mana pun mengalami kesulitan.
15.
Wakil karyawan
:
Tidak bisa, Pak. Ini kota Jakarta, Pak. Semua harus dibeli dengan uang. Ya, tolong diusahakan bagaimana caranya agar kami dapat hidup layak. Paling tidak kami menerima gaji sebesar Rp2.800.000,00.
16.
Wakil perusahaan
:
Nanti saya akan mengusulkan ke direksi sebesar Rp2.600.000,00.
17.
Wakil karyawan
:
Tapi, usahakan lebih, Pak. Kami akan bekerja lebih keras lagi.
18.
Wakil perusahaan
:
Baiklah, akan saya coba. Tolong kendalikan teman-teman karyawan dan sampaikan kepada mereka mulai besok semua karyawan harus masuk kerja kembali. Karyawan yang mogok kerja akan kena sanksi.
19.
Wakil karyawan
:
Baik, Pak. Terima kasih. Boleh saya keluar?
20.
Wakil perusahaan
:
Ya, silakan.
21.
Wakil karyawan
:
Ya, terima kasih. Selamat sore.
22.
Wakil perusahaan
:
Selamat sore.
(Mereka bersalaman)
Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK
b.                     Lisan

 Video Negosiasi Bisnis Kelompok 9-Project Presentation.wmv

 (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=6zFqyLQBY-Q





2.          Struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi
Struktur isi:
Orientasi
Permintaan
Pemenuhan
Penawaran
Persetujuan
Pembelian
penutup
Kaidah bahasa:
Penggunaan kalimat langsung  yang dominan
Bahasa sesuai kaidah dan EYD

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks negosiasi (lisan maupun tulis)

G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  
















































Kegiatan Penutup:

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks negosiasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 137,   “Negosiasi antara Karyawan dan Pengusaha”
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar negosiasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
5.       Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks negosiasi serta interpretasi makna teks negosiasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh negosiasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks negosiasi serta interpretasi makna teks negosiasi
8.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks negosiasi, serta interpretasi makna teks negosiasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks negosiasi serta hasil interpretasi makna teks negosiasi.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit

















































45 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.                                                                           Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Jujur
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




1.
Jujur
Menunjukkan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
a.    Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
b.   Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
c.    Mengungkapkan perasaan apa adanya
d.   Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
e.    Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki





Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.      Penilaian Hasil
1.2.   Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali struktur isi bahasa teks negosiasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali struktur isi bahasa teks negosiasi!
  1. Mengungkapkan kembali kaidah bahasa teks negosiasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
3.    Ungkapkan kembali kaidah bahasa teks negosiasi!
Jawaban
1.    Struktur isi dan kaidah bahasa  teks negosiasi:
Struktur isi:
Orientasi
Permintaan
Pemenuhan
Penawaran
Persetujuan
Pembelian
penutup
    1. Kaidah bahasa teks negosiasi:
Penggunaan kalimat langsung  yang dominan
Bahasa sesuai kaidah dan EYD
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
  30
Peserta didik menjawab salah
  20
Peserta didik tidak menjawab
    0
1.3.                                                               Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah makna teks negosiasi terlampir (tayangan guru)!
Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks negosiasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks negosiasi
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks negosiasi?


2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks negosiasi sesuai kaidah dan EYD?


   
             Mengetahui,                                                                   Wonogiri, 14 Juli 2014
           Kepala sekolah                        WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia



   Ir. Drs. Dikin, M.Pd.               Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 19820929010012016



Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Jujur
TP
TP
K
SR
SL
K
SR
SL
1.









2.









3.









4.









5.














































Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, disiplin, peduli, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Peduli
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.


















































No comments:

Post a Comment