RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
Tema/ topik :
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 3.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi , laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi..
Indikator
1.3.1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
4. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan
kewirausahaan.
Indikator
2.4.1. Menunjukkan perilaku
jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.
Mengungkapkan kembali struktur teks
negosiasi
3.1.2.
Mengungkapkan kembali kaidah teks
negosiasi
4.1. Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.
Menginterpretasi makna teks negosiasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam
Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
- Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali struktur teks
negosiasi
4. Mengungkapkan
kembali kaidah teks negosiasi
5.
Mengintertretasi makna teks negosiasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks negosiasi
- Tulis
NEGOSIASI
ANTARA KARYAWAN DAN PENGUSAHA
Setelah para karyawan sebuah
perusahaan di bidang elektronika melakukan aksi mogok kerja dengan melakukan
demonstrasi di depan kantor perusahaan, akhirnya wakil perusahaan itu menerima
wakil para karyawan untuk berdialog. Dialog itu dijaga oleh sejumlah petugas
keamanan. Sementara itu, beratus-ratus karyawan masih berdemonstrasi di depan
kantor perusahaan.
1.
1.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Selamat sore, Pak.
|
|
2.
2.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Selamat sore. Mari,
silakan duduk.
|
|
3.
3.
|
Wakil
karyawan
|
:
|
Ya, terima kasih.
|
|
4.
4.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Saya, Hadi Winoto, wakil
dari perusahaan. Anda siapa?
|
|
5.
5.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Saya Suparmin, yang
dipercaya teman-teman untuk menemui pimpinan.
|
|
(Mereka
bersalaman)
|
||||
6.
6 .
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Sebenarnya, apa yang
terjadi? Semua karyawan di perusahaan ini melakukan demonstrasi. Kalau begini
caranya, perusahaan bisa bangkrut dan karyawan bisa di-PHK.
|
|
7.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Tidak ada apa-apa, Pak.
Kami hanya ingin memperbaiki nasib dan hidup layak.
|
|
8.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Maksudnya?
|
|
9.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Ya, pasti Bapak tahu.
Kami, karyawan, sudah bekerja keras demi perusahaan. Tetapi, kami merasa
kurang mendapatkan imbalan yang pantas. Kami tidak dapat memenuhi kebutuhan
sehari-hari hanya dengan uang Rp2.000.000,00 sebulan. Paling tidak, kami
menerima upah sebesar Rp3.000.000,00.
|
|
10.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Itu tidak mungkin.
Perusahaan sudah menanggung beban terlalu berat. Listrik naik, bahan bakar
naik, dan biaya operasional lain juga naik. Kenaikan UMP (upah minimum
provinsi) belum bisa naik sekarang.
|
|
11.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Kalau begitu, kami tetap
akan melakukan aksi mogok kerja sampai tuntutan kami dipenuhi.
|
|
12. Wakil perusahaan
|
:
|
Tidak boleh demikian. Kita harus
mencari jalan tengah.
|
||
13.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Lalu, bagaimana?
|
|
14.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Saya akan mengusulkan
kenaikan tersebut kepada direksi. Perusahaan hanya mampu menaikkan UMP sampai
Rp2.400.000,00. Tidak lebih dari itu. Anda sendiri tahu bahwa pada situasi
global ini perusahaan mana pun mengalami kesulitan.
|
|
15.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Tidak bisa, Pak. Ini kota
Jakarta, Pak. Semua harus dibeli dengan uang. Ya, tolong diusahakan bagaimana
caranya agar kami dapat hidup layak. Paling tidak kami menerima gaji sebesar
Rp2.800.000,00.
|
|
16.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Nanti saya akan
mengusulkan ke direksi sebesar Rp2.600.000,00.
|
|
17.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Tapi, usahakan lebih, Pak.
Kami akan bekerja lebih keras lagi.
|
|
18.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Baiklah, akan saya coba.
Tolong kendalikan teman-teman karyawan dan sampaikan kepada mereka mulai
besok semua karyawan harus masuk kerja kembali. Karyawan yang mogok kerja
akan kena sanksi.
|
|
19.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Baik, Pak. Terima kasih.
Boleh saya keluar?
|
|
20.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Ya, silakan.
|
|
21.
|
Wakil karyawan
|
:
|
Ya, terima kasih. Selamat
sore.
|
|
22.
|
Wakil perusahaan
|
:
|
Selamat sore.
|
|
(Mereka bersalaman)
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
b.
Lisan
Video Negosiasi Bisnis Kelompok 9-Project Presentation.wmv
(you
tube) https://www.youtube.com/watch?v=6zFqyLQBY-Q
|
||||
2.
Struktur dan kaidah kebahasaan teks negosiasi
Struktur
isi:
Orientasi
Permintaan
Pemenuhan
Penawaran
Persetujuan
Pembelian
penutup
Kaidah
bahasa:
Penggunaan
kalimat langsung yang dominan
Bahasa
sesuai kaidah dan EYD
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi
(lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.
Peserta
didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati
contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks negosiasi pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 137, “Negosiasi antara Karyawan dan Pengusaha”
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar negosiasi yang
dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks negosiasi serta interpretasi makna
teks negosiasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh negosiasi lain sebagai
bahan untuk dieksplorasi.
7.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
struktur dan kaidah teks negosiasi serta interpretasi makna teks negosiasi
8.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang
ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan
data processing (pengolahan data)
dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk
dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks negosiasi, serta interpretasi makna
teks negosiasi
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks negosiasi
serta hasil interpretasi makna teks negosiasi.
2.
Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
|
|
1.
|
Jujur
|
Menunjukkan perilaku jujur
dalam mengerjakan tugas pembelajaran
a.
Tidak menyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
b.
Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
c.
Mengungkapkan
perasaan apa adanya
d.
Menyerahkan kepada
yang berwenang barang yang ditemukan
e.
Mengakui kesalahan
atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
1.2.
Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali struktur isi bahasa teks negosiasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali struktur isi bahasa teks negosiasi!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali kaidah bahasa teks negosiasi!
|
Jawaban
1. Struktur
isi dan kaidah bahasa teks negosiasi:
Struktur
isi:
Orientasi
Permintaan
Pemenuhan
Penawaran
Persetujuan
Pembelian
penutup
- Kaidah bahasa teks negosiasi:
Penggunaan
kalimat langsung yang dominan
Bahasa
sesuai kaidah dan EYD
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
20
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
1.3.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks negosiasi terlampir
(tayangan guru)!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks negosiasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
negosiasi
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks negosiasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks negosiasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs.
Dikin, M.Pd. Drs. Bob Prabantoro Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 19820929010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Jujur
|
||||||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
jujur, disiplin, peduli,
dan santun
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Peduli
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment