RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 5 KD 3.2 DAN 4.2 KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
 
Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/2
Materi Pokok               : Teks Negosiasi
Tema/ topik                 : Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                      
Alokasi Waktu             : 1 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.            3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi , negosiasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.             4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
Indikator
2.4.1. Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3.2.   Membandingkan teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
          Indikator
3.2.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
3.2.2.Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.
4.2.  Memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
 Indikator
4.2.1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
4.2.2.   Memproduksi teks negosiasi yang koheren

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                           Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.                           Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
4.    Membandingkan struktur  isi dan bahasa teks negosiasi
5.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
6.                            Memproduksi teks negosiasi yang koheren

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks negosiasi
NEGOSIASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI
Dialog ini berlangsung di kawasan Pasar Seni Sukawati, Denpasar, Bali. Penjual barang-barang seni adalah seorang gadis Bali asli, sedangkan pembeli adalah seorang ibu muda dari Eropa yang bisa berbahasa Indonesia.
Di pasar itu dijual barang-barang seni khas Bali. Pembeli bisa membeli barang-barang tersebut dengan harga terjangkau, seperti perhiasan, tas, pakaian khas Bali, batik, lukisan, dan patung.
Salah satu patung yang dijual di pasar itu adalah Patung Garuda Wisnu Kencana. Seperti terlihat pada gambar di atas, itu adalah patung Dewa Wisnu yang sedang menaiki kendaraannya, burung garuda.
Dalam dunia pewayangan Jawa, Dewa Wisnu adalah dewa pemelihara perdamaian dan keadilan. Tahukah kalian bahwa Dewa Wisnu adalah anak Bathara Guru dan Dewi Uma?
1.
Penjual
:
Good morning, Mam. Selamat pagi.
2.
Pembeli
:
Selamat pagi.
3.
Penjual
:
Mari, mau beli apa?
4.
Pembeli
:
Ada patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu?
5.
Penjual
:
Ya, ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil?
(Penjual menunjukkan tempat patung yang ditanyakan pembeli)
6.
Pembeli
:
Yang sedang saja. Yang dibuat dari kuningan ada?
7.
Penjual
:
Ya, ini, tidak terlalu besar. Tapi, terbuat dari kayu. Yang dari kuningan habis.
8.
Pembeli
:
Ya, dari kayu tidak apa-apa.
(Patung itu sudah di tangan pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat)
9.
Penjual
:
Bagus itu, Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk suvenir.
10.
Pembeli
:
Saya pakai sendiri. Harganya berapa?
11.
Penjual
:
Tiga ratus ribu.
12.
Pembeli
:
Wah, mahal. Dua ratus ribu ya?
13.
Penjual
:
Belum boleh. Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di tempat lain lebih mahal.
14.
Pembeli
:
Tidak mau. Kalau boleh, dua ratus lima puluh ribu.
15.
Penjual
:
Belum boleh. Naik sedikit, Mam.
16.
Pembeli
:
Dua ratus tujuh puluh lima ribu.
17.
Penjual
:
Ya, sebenarnya ini belum boleh. Tapi, untuk Nyonya boleh. Mau beli apa lagi?
18.
Pembeli
:
Tidak. Itu saja. Ini uangnya.
(Penjual memasukkan patung itu ke dalam tas plastik yang bertuliskan nama kiosnya. Pembeli memberikan uang pas).
19.
Penjual
:
Ya, terima kasih.
20.
Pembeli
:
Terima kasih. Bye, bye.
21.
Penjual
:
Have a nice day.
(Pembeli pergi meninggalkan kios itu)
Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK
a.                   Lisan

 Video Negosiasi Bisnis Kelompok 9-Project Presentation.wmv

 (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=6zFqyLQBY-Q
2.       Langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa
3.       Langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
Menetapkan tema teks
Menetapkan tujuan teks
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks negosiasi (lisan maupun tulis)

G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü    Internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
 










































Kegiatan Penutup:

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
7.         Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks negosiasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
8.         Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks negosiasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 147 “Negosiasi antara penjual dan pembeli di pasar Sukowati  dan teks negosiasi lisan Video Negosiasi Bisnis Kelompok 9-Project Presentation.wmv yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
2.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
3.      Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks negosiasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks negosiasi yang disampaikan guru.
4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
5.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks negosiasi.
6.      Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
7.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks negosiasi dan pemecahannya.
9.      Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah negosiasi dengan tema tertentu.
10.  Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi  teks negosiasi.
11.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan  teks negosiasi dan hasil produksi teks negosiasi sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit












































45 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Disiplin
Kisi-kisi penilaian
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




2.
Disiplin
Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.  Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.    Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan
d.   Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
e.    Memakai seragam sesuai ketentuan





Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam membandingkan teks negosiasi!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
3.    Ungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
Jawaban
1.     Langkah-langkah membandingkan teks negosiasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa
    1. Langkah-langkah memproduksi teks negosiasi:
Menetapkan tema teks
Menetapkan tujuan teks
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
30
Peserta didik menjawab salah
  5
Peserta didik tidak menjawab
  0


2.2.                        Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah teks negosiasi yang koheren!
Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks negosiasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks negosiasi
Sudah tepatkah pemilihan tema (topik)  teks sesuai struktur  isi teks negosiasi?


2.
Ketepatan penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks negosiasi
Sudah tepatkah penulisan teks sesuai struktur  isi dan bahasa teks negosiasi?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menulis teks negosiasi sesuai kaidah dan EYD?











     
             Mengetahui,                                                                         Wonogiri, 14  Juli 2014
             Kepala sekolah                                   WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia






        Ir. Drs. Dikin, M.Pd.               Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
   NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 19820929 010012016














Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Disiplin
TP
TP
K
SR
SL
K
SR
SL
1.









2.









3.









4.









5.


























































Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, disiplin, peduli, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Peduli
Santun

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.



















































No comments:

Post a Comment