RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
Tema/ topik :
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi
, negosiasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia
2.
4. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan
kewirausahaan.
Indikator
2.4.1.
Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3.2.
Membandingkan teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks
negosiasi
3.2.2.Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks negosiasi
dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks negosiasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi
teks negosiasi
4.2.2.
Memproduksi teks negosiasi yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam
Kewirausahaan dengan materi pokok teks
negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks
negosiasi
4. Membandingkan struktur isi dan
bahasa teks negosiasi
5.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks
negosiasi
6.
Memproduksi teks negosiasi yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks negosiasi
NEGOSIASI
ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI
Dialog ini
berlangsung di kawasan Pasar Seni Sukawati, Denpasar, Bali. Penjual
barang-barang seni adalah seorang gadis Bali asli, sedangkan pembeli adalah
seorang ibu muda dari Eropa yang bisa berbahasa Indonesia.
Di pasar itu dijual
barang-barang seni khas Bali. Pembeli bisa membeli barang-barang tersebut
dengan harga terjangkau, seperti perhiasan, tas, pakaian khas Bali, batik,
lukisan, dan patung.
Salah satu patung yang
dijual di pasar itu adalah Patung Garuda Wisnu Kencana. Seperti terlihat pada
gambar di atas, itu adalah patung Dewa Wisnu yang sedang menaiki kendaraannya,
burung garuda.
Dalam dunia pewayangan Jawa,
Dewa Wisnu adalah dewa pemelihara perdamaian dan keadilan. Tahukah kalian bahwa
Dewa Wisnu adalah anak Bathara Guru dan Dewi Uma?
1.
|
Penjual
|
:
|
Good
morning, Mam. Selamat pagi.
|
2.
|
Pembeli
|
:
|
Selamat
pagi.
|
3.
|
Penjual
|
:
|
Mari,
mau beli apa?
|
4.
|
Pembeli
|
:
|
Ada
patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu?
|
5.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil?
|
(Penjual
menunjukkan tempat patung yang ditanyakan pembeli)
|
|||
6.
|
Pembeli
|
:
|
Yang
sedang saja. Yang dibuat dari kuningan ada?
|
7.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
ini, tidak terlalu besar. Tapi, terbuat dari kayu. Yang dari kuningan habis.
|
8.
|
Pembeli
|
:
|
Ya,
dari kayu tidak apa-apa.
|
(Patung
itu sudah di tangan pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat)
|
|||
9.
|
Penjual
|
:
|
Bagus
itu, Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk suvenir.
|
10.
|
Pembeli
|
:
|
Saya
pakai sendiri. Harganya berapa?
|
11.
|
Penjual
|
:
|
Tiga
ratus ribu.
|
12.
|
Pembeli
|
:
|
Wah,
mahal. Dua ratus ribu ya?
|
13.
|
Penjual
|
:
|
Belum
boleh. Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di
tempat lain lebih mahal.
|
14.
|
Pembeli
|
:
|
Tidak
mau. Kalau boleh, dua ratus lima puluh ribu.
|
15.
|
Penjual
|
:
|
Belum
boleh. Naik sedikit, Mam.
|
16.
|
Pembeli
|
:
|
Dua
ratus tujuh puluh lima ribu.
|
17.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
sebenarnya ini belum boleh. Tapi, untuk Nyonya boleh. Mau beli apa lagi?
|
18.
|
Pembeli
|
:
|
Tidak.
Itu saja. Ini uangnya.
|
(Penjual
memasukkan patung itu ke dalam tas plastik yang bertuliskan nama kiosnya.
Pembeli memberikan uang pas).
|
|||
19.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
terima kasih.
|
20.
|
Pembeli
|
:
|
Terima
kasih. Bye, bye.
|
21.
|
Penjual
|
:
|
Have
a nice day.
|
(Pembeli
pergi meninggalkan kios itu)
|
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
a.
Lisan
Video Negosiasi Bisnis Kelompok 9-Project Presentation.wmv
(you
tube) https://www.youtube.com/watch?v=6zFqyLQBY-Q
2.
Langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
7.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang
perbandingan teks negosiasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan
pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks negosiasi
8.
Peserta didik
diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks negosiasi
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X
SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 147 “Negosiasi
antara penjual dan pembeli di pasar Sukowati” dan teks negosiasi lisan Video Negosiasi Bisnis Kelompok 9-Project Presentation.wmv yang sesuai dengan fenomena di
masyarakat
2.
Peserta
didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
3.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks negosiasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan
topik perbandingan dan produksi teks negosiasi yang disampaikan guru.
4.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
5.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks negosiasi.
6.
Masing-masing
kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
7.
Masing-masing
kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks negosiasi dan
pemecahannya.
9. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah negosiasi dengan tema
tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks negosiasi.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks negosiasi dan hasil produksi teks negosiasi sesuai dengan hasil
presentasi dan pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Disiplin
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Disiplin
|
Menunjukkan perilaku disiplin
dalam pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.
Patuh pada tata
tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
d.
Mengikuti kaidah
berbahasa tulis yang baik dan benar
e.
Memakai
seragam sesuai ketentuan
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2.
Penilaian Hasil
2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam membandingkan teks negosiasi!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks
negosiasi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks negosiasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks negosiasi:
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor
2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks negosiasi yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks negosiasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks negosiasi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks negosiasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks negosiasi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks negosiasi?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks negosiasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli
2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir.
Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP
195503041981031011 NIP
196309131989031016 NIP 19820929
010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
jujur, disiplin, peduli, dan santun
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Peduli
|
Santun
|
|||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
No comments:
Post a Comment