RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik :
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur
kompleks, prosedur kompleks , prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia
2.
3. Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.5.
Mengevaluasi teks prosedur kompleks
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.5.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengevaluasi teks prosedur kompleks
3.5.2.
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan
cermat.
3.5.3.
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
Indikator
4.5.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi teks prosedur kompleks
4.5.2.
Menulis
ulang (mengonversi) teks prosedur kompleks dalam
bentuk lain
C.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks prosedur kompleks
3. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks prosedur kompleks
4. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks prosedur kompleks
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks
6.
Menulis ulang teks prosedur kompleks dalam bentuk lain
B.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks prosedur kompleks
Bebas sesuai
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
kelebihan dan kekurangan teks
3. Langkah-langkah
mengonversi teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
C.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
D.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks prosedur kompleks (lisan)
E.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan
dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi teks prosedur
kompleks yang beredar di masyarakat
dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks
2. Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks
prosedur kompleks secara bebas
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks prosedur kompleks yang telah diamati yang disesuaikan dengan
topik evaluasi dan konversi teks prosedur kompleks yang disampaikan guru.
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
6.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks prosedur
kompleks .
7.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
8.
Masing-masing kelompok secara bergiliran
mempresentasikan
hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok
lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks prosedur kompleks dan pemecahannya.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah prosedur kompleks ke dalam bentuk lain.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks prosedur kompleks .
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai
perbandingan teks
prosedur kompleks dan hasil konversi teks prosedur kompleks sesuai dengan hasil presentasi dan
pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius )
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah evaluasi teks
prosedur kompleks
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks prosedur kompleks!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengevaluasi teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks
- Langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks:
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor
2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks prosedur kompleks terlampir kemudian tulis ulanglah
teks tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks prosedur kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks prosedur
kompleks?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks prosedur
kompleks
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks prosedur
kompleks tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
teks prosedur
kompleks sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, 14
Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru
Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 19820929010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
|||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||
No comments:
Post a Comment