RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 4 KD 3.5 DAN 4.5 KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                       (RPP)

Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/2
Materi Pokok               : Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik                 : Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                        
Alokasi Waktu             : 1 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur kompleks, prosedur kompleks , prosedur kompleks, dan negosiasi.
      Indikator
1.3.1.                    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.             3. Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.5. Mengevaluasi teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.5.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks
3.5.2.                 Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
3.5.3.   Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.                           Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks
4.5.2.                           Menulis ulang (mengonversi) teks prosedur kompleks dalam bentuk lain

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks prosedur kompleks
3.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks prosedur kompleks
4.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks prosedur kompleks
5.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks
6.                            Menulis ulang teks prosedur kompleks dalam bentuk lain

B.        Materi Pembelajaran   
1.      Contoh teks prosedur kompleks
Bebas sesuai
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks
3.      Langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan

C.    Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

D.    Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks prosedur kompleks (lisan)

E.     Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet


F.        Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
 












































Kegiatan Penutup:

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.  Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi teks prosedur kompleks  yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks
2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks prosedur kompleks  secara bebas
3.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.      Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks prosedur kompleks  yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik evaluasi dan konversi teks prosedur kompleks  yang disampaikan guru.
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
6.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks prosedur kompleks .
7.      Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks prosedur kompleks  dan pemecahannya.
10.  Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah prosedur kompleks  ke dalam bentuk lain.
11.  Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi  teks prosedur kompleks .
12.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan  teks prosedur kompleks  dan hasil konversi teks prosedur kompleks  sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit













































45 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan  (sikap)
 
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan


Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Spiritual (Religius )
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;




Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

2.      Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah evaluasi  teks prosedur kompleks
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks prosedur kompleks!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks
Tes tertulis (kuis)
Isian
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks!
Jawaban
1.     Langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks
    1. Langkah-langkah mengonversi teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
30
Peserta didik menjawab salah
  5
Peserta didik tidak menjawab
  0

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami dua buah teks prosedur kompleks terlampir kemudian tulis ulanglah teks tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks prosedur kompleks
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa dua teks prosedur kompleks
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks prosedur kompleks?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks prosedur kompleks
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks prosedur kompleks tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi teks prosedur kompleks sesuai kaidah dan EYD?


    














     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri, 14  Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia




Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                  Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 19820929010012016










Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
TP
TP
K
SR
1.





2.





3.





4.





5.































































Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Disiplin

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.










































No comments:

Post a Comment