RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Tema/ topik : Budaya Berpendapat dalam
Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks
untuk mempersatukan bangsa.
2.5. Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan
bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan
kebijakan publik.
3.2. Membandingkan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks eksposisi
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi
teks eksposisi
4.2.2.
Memproduksi teks eksposisi yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Budaya Berpendapat dalam Forum
Ekonomi dan Politik dengan materi pokok teks
eksposisi ini siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks
eksposisi
2.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks eksposisi
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks
eksposisi
4.
Memproduksi teks eksposisi yang
koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
MANFAAT JAMU TRADISIONAL
1 Seiring
dengan kemajuan zaman, banyak hal mengalami kemajuan. Yang paling mencolok
adalah kemajuan teknologi yang makin canggih dalam berbagai aspek kehidupan.
Selain itu, secara ekonomis, masyarakat juga dapat makin menjangkau teknologi
informasi dan teknologi kesehatan.
2 Walaupun
demikian, obat tradisional atau yang sering disebut jamu masih mendapat tempat
di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan
dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga
dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
3 Berikut
adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno, Balitro Tawangmangu, dan S.
Pramono, Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Tribun Yogya edisi 16 Oktober
2011).
(1)Obat
tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara
tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun
penyesuaian dengan indikasi tertentu (2) Ada efek komplementer dan/atau
sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).(3)
Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.(4) Obat
tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes,
kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan penyakit degeneratif,
seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
4 Keunggulan obat
tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis.
Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus-menerus, obat modern akan
mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
(Diadaptasi dari http://4loveandlife.blogspot.com/2012/06/manfaat-jamu-tradisional.html)
2. Langkah-langkah membandingkan
teks eksposisi
Membaca/
mengamati dua teks secara
saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3. Langkah-langkah memproduksi
teks eksposisi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
paparan informasi secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksposisi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang
perbandingan teks eksposisi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan
pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks anekdot
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan
guru serta membaca contoh teks eksposisi
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Manfaat
Jamu Tradisional” hal. 90. Untuk menyampaikan ide daftar masalah yang berkaitan.
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang
berkenaan dengan materi perbandingan dan produksi teks eksposisi
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh eksposisi lain sebagai
bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
perbandingan dan produksi teks eksposisi.
7.
Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian
mendiskusikannya.
8.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
10.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks eksposisi
dan pemecahannya.
11.
Peserta didik melanjutkan pembelajaran
aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah
eksposisi dengan tema tertentu.
12.
Peserta didik bersama guru membahas
hasil produksi teks eksposisi.
13.
Peserta didik melakukan pemeriksaan
secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta
didik dan melakukan evaluasi
1.
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai
perbandingan teks
eksposisi dan hasil produksi teks eksposisi.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran
berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan
berikutnya dan tugas pengayaan
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan
agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
5.
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam membandingkan teks eksposisi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks eksposisi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks eksposisi:
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
paparan informasi secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks eksposisi yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks eksposisi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks eksposisi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks eksposisi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks eksposisi?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks eksposisi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|