RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/
SMK ...
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks
Eksposisi
Tema/ topik :
Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan : 1 X
pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.5. Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan
bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan
kebijakan publik.
3.3. Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menganalisis teks eksposisi
3.3.2.
Menganalisis
isi teks
eksposisi dengan cermat.
3.3.4.
Menganalisis bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4.3. Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting
teks eksposisi
4.3.2.
Menyunting isi sesuai dengan struktur isi
teks eksposisi
4.3.3.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Budaya Berpendapat dalam Forum
Ekonomi dan Politik dengan materi pokok teks eksposisi ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks
eksposisi
2. Menganalisis isi teks eksposisi
3. Menganalisis bahasa teks
eksposisi
4.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks
eksposisi
5.
Menyunting isi sesuai dengan struktur teks
eksposisi
6.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1. Contoh teks eksposisi
UNTUNG RUGI PERDAGANGAN BEBAS
1 Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara
dipastikan dapat menguntungkan atau merugikan negara yang bersangkutan. Dampak
negatif kebijakan politik negara di sektor ekonomi ini mudah kita temukan di
Indonesia.
2
Perdagangan luar negeri memang berperan penting untuk menciptakan penggunaan
sumber daya secara efisien. Setiap negara akan memproduksi barang
spesialisasinya dan produksi itu memberikan keunggulan mutlak untuk
meningkatkan pendapatan nasionalnya. Kenaikan pendapatan semacam itu tidak akan
diperoleh jika perdagangan antarnegara dibatasi.
3
Penjelasan mengenai perdagangan bebas tidak hanya berkisar keunggulan mutlak,
tetapi juga keunggulan komparatif. Sebagai ilustrasi, Inggris dapat memproduksi
satu unit pakaian dalam satu tahun dengan tenaga 100 orang buruh dan satu unit
anggur dengan tenaga 120 buruh. Sementara itu, Portugal hanya memerlukan 90
orang buruh untuk satu unit pakaian dan 80 orang buruh untuk satu unit anggur.
4 Dalam
ilustrasi itu, Portugal memiliki keunggulan mutlak dalam dua barang tersebut.
Namun, Inggris dan Portugal masih akan mendapatkan untung apabila mereka
memiliki hubungan perdagangan. Portugal lebih beruntung jika memproduksi anggur
dan Inggris tidak terlalu merugi jika memproduksi pakaian. Dengan memproduksi
barang yang unggul secara komparatif, dua negara itu dapat meraih untung.
Dengan menekankan keuntungan spesialisasi dan pertukaran, perdagangan
internasional meningkatkan efisiensi, perolehan laba dan standar hidup, serta
jumlah komoditas yang tersedia.
5 Di sisi lain, gerakan
proteksionisme tetap menentang teori pasar bebas. Pendukung perdagangan bebas
sering dicap sebagai kelompok neoliberalis, kapitalis, dan pro-barang impor
atau pro-asing. Pemerintah diminta tidak terlalu liberal agar kesejahteraan
nasional meningkat. Dalam hal ini, pemerintah Indonesia terbukti membuat neraca
perdagangan makin tidak berimbang. Pertumbuhan ekspor lebih rendah daripada
impor. Indikatornya terlihat dari rendahnya rata-rata bea masuk barang impor ke
Indonesia.
6 “Saat ini bea masuk barang
impor yang diterapkan pemerintah rata-rata 6,8 persen,” kata seorang peneliti
ekonomi Indonesia. Ekonom itu membandingkan Indonesia dengan negara lain,
seperti Cina yang telah mematok tarif bea masuknya rata-rata 10 persen. Politik
antidumping Indonesia sangat lemah sehingga kinerja impor meningkat dan
kinerja ekspor menurun.
7 Penerapan perdagangan
bebas masih perlu kita pertimbangkan lebih berhati-hati di Indonesia. Selama
dampak negatif belum dapat terukur, Indonesia tidak dapat diharapkan memperoleh
untung dari perdagangan bebas. Kerugian negara akan sangat besar ketika kita
salah langkah menerapkan perdagangan bebas.
(Diambil dari berbagai sumber, terutama Sinar
Harapan, 17 Oktober 2012)
2. Langkah-langkah
menganalisis teks eksposisi
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3. Langkah-langkah menyunting
teks eksposisi
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksposisi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis dan penyuntingan teks eksposisi
yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks eksposisi pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Untung rugi
perdagangan bebas” hal. 98. Untuk menyampaikan ide daftar masalah yang
berkaitan utamanya dengan tugas hal. 99 – 100.
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang berkenaan
dengan materi analisis dan penyuntingan teks eksposisi
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh eksposisi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
analisis dan penyuntingan teks eksposisi.
7.
Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian
mendiskusikannya.
8.
Perwakilan dari kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi
sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
10.
Dengan
tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/
masalah yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks eksposisi dan
pemecahannya.
11.
Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah eksposisi.
12.
Peserta didik bersama guru membahas hasil
penyuntingan teks eksposisi.
13.
Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis dan penyuntingan teks eksposisi
dan hasil produksi teks eksposisi.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
5.
|
Tanggung
jawab
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam menganalisis teks eksposisi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks
eksposisi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
menganalisis teks eksposisi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
- Langkah-langkah menyuntingi teks eksposisi:
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks eksposisi terlampir
kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks eksposisi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks eksposisi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks eksposisi
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks eksposisi tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks eksposisi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran : ...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur,
peduli, santun, dan tanggung jawab
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|