RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 2 KD 3.1. DAN 4.1.KELAS X)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                  (RPP)


Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/1
Materi Pokok               : Teks Eksposisi
Tema/ topik                   : Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan    Politik
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                       
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit
A.       Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.5. Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.1.1.                 Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks eksposisi
4.1. Menginterpretasi makna  teks eksposisi baik secara lisan mupun  tulisan
4.1.1.                 Memahami makna teks eksposisi

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan Politik dengan materi pokok teks eksposisi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                            Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah  teks eksposisi
2.                            Memahami makna teks eksposisi

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks eksposisi
    1. Tulis
EKONOMI INDONESIA AKAN MELAMPAUI JERMAN DAN INGGRIS
1 Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14 Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
2 Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.
3 Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.
4 Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa 83 Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.
5 Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (financial deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan investasi bagi para investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
6 Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3.600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapai 170 juta orang.
7 Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini.
8 Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.
(Diadaptasi dari Junanto Herdiawan, “Ekonomi Indonesia Lampaui Jerman”, http://ekonomi.kom­pasiana.com/bisnis/2012/10/15/ekonomi-indonesia-lampaui-jerman-501268.html)
b.Lisan
Orasi Politik Serikat Mahasiswa Indonesia

2.      Struktur dan kaidah teks eksposisi
     Struktur isi dan kaidah bahasa  teks eksposisi
Struktur isi:
Pernyataan pendapat (tesis)
Argumentasi
Penegasan ulang pendapat
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD

E.       Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks eksposisi (lisan maupun tulis)



G.    Sumber Belajar

      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  





































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksposisi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris” hal. 82.
3.       Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh eksposisi yang ditayangkan guru 
4.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar eksposisi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
6.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks eksposisi serta interpretasi makna teks eksposisi
7.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh eksposisi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks eksposisi serta interpretasi makna teks eksposisi.
9.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks eksposisi yang ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai dengan topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur dan kaidah teks eksposisi, serta interpretasi makna teks eksposisi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai struktur dan kaidah teks eksposisi dan hasil interpretasi makna teks eksposisi.
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit





































45 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Jujur
3.
Peduli
4.
Santun
1.       
Tanggung jawab






2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks eksposisi
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks eksposisi!
Jawaban
1.    Struktur isi dan kaidah bahasa  teks eksposisi
Struktur isi:
Pernyataan pendapat (tesis)
Argumentasi
Penegasan ulang pendapat
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
100
Siswa menjawab tidak lengkap
  60
Siswa menjawab salah
  20

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah makna teks eksposisi terlampir!
Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks eksposisi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks eksposisi
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks eksposisi?


2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks eksposisi sesuai kaidah dan EYD?





     
     Mengetahui,                                                                                        Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia















Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Peduli
Santun
Tanggung jawab
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.