RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMA/ SMK...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok
: Teks Eksposisi
Tema/ topik :
Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan
Politik
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks
untuk mempersatukan bangsa.
2.5. Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan
bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan
kebijakan publik.
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.
Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks
eksposisi
4.1. Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan mupun tulisan
4.1.1.
Memahami makna teks eksposisi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Budaya Berpendapat dalam Forum
Ekonomi dan Politik dengan materi pokok teks
eksposisi ini siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks
eksposisi
2.
Memahami makna teks eksposisi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
- Tulis
EKONOMI INDONESIA AKAN
MELAMPAUI JERMAN DAN INGGRIS
1 Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan
International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14 Oktober 2012
lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang
mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil
riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi
Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
2 Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki
sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka ini
adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu
pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia
dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor
pertanian, konsumsi, dan energi.
3 Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat
menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16
dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun
2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai
tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil,
dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.
4 Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor
yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan
konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.
Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa 83 Bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan Akademik
side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti,
para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.
5 Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan
tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (financial
deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan investasi bagi
para investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu
terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi
Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
6 Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran5
persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah
masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita
lebih dari 3.600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7
persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapai 170 juta
orang.
7 Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu
kembali mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya
momentum yang sedang kita lalui saat ini.
8 Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang
baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi
para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di
tangan kita semua saat ini.
(Diadaptasi
dari Junanto Herdiawan, “Ekonomi Indonesia Lampaui Jerman”, http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/15/ekonomi-indonesia-lampaui-jerman-501268.html)
b.Lisan
Orasi
Politik Serikat Mahasiswa Indonesia
2.
Struktur dan kaidah teks
eksposisi
Struktur isi dan kaidah bahasa teks eksposisi
Struktur isi:
Pernyataan pendapat (tesis)
Argumentasi
Penegasan ulang pendapat
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksposisi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksposisi yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks eksposisi pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Ekonomi
Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris” hal. 82.
3.
Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh eksposisi yang
ditayangkan guru
4.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar eksposisi
yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
6.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang
berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks
eksposisi serta interpretasi makna teks eksposisi
7.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh eksposisi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
struktur dan kaidah teks eksposisi serta interpretasi makna teks eksposisi.
9.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks eksposisi yang
ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai
dengan topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada
kesimpulan mengenai struktur dan kaidah teks eksposisi, serta interpretasi makna teks eksposisi
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai struktur dan kaidah teks
eksposisi dan hasil interpretasi makna teks eksposisi.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
1.
|
Tanggung
jawab
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali struktur isi dan kaidah
bahasa teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks eksposisi!
|
Jawaban
1. Struktur
isi dan kaidah bahasa teks eksposisi
Struktur
isi:
Pernyataan
pendapat (tesis)
Argumentasi
Penegasan
ulang pendapat
Kaidah
bahasa:
Bahasa
sesuai kaidah dan EYD
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
100
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
60
|
Siswa menjawab salah
|
20
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks eksposisi terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks eksposisi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
eksposisi
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks eksposisi?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks eksposisi sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||