RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 1 KD 3.4 DAN 4.4 KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                          (RPP)

Satuan Pendidikan       :SMA/ SMK... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok              : Teks Anekdot
Tema/ topik                 : Kritik dan Humor dalam Layann Publik
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                       
Alokasi Waktu            : 4 X 45 menit
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.4. Mengidentifikasi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
       Indikator
3.4.1.                 Mengungkapkankembali langkah-langkah mengidentifikasi teks anekdot
3.4.2.                 Mengidentifikasi karakteristik teks anekdot dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
  Indikator
4.4.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot
4.4.2.  Mengabstraksi teks anekdot

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan Publik dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks anekdot
2.    Mengidentifikasi karakteristik teks anekdot
3.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot
4.                            Mengabstraksi teks anekdot

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks anekdot
POLITISI BLUSUKAN BANJIR
1 Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah. Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.
2 Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
3 Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
(Diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)
2.      Langkah-langkah mengidentifikasi teks anekdot
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
3.      Menentukan identifikasi karakteristik teks


4.      Langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks anekdot  (lisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  




































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks anekdot pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Politisi blusukan banjir” hal. 122.
3.       Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh anekdot yang ditayangkan guru 
4.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar anekdot yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
6.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang berkenaan dengan materi identifikasi dan abstraksi teks anekdot
7.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh anekdot lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi materi identifikasi dan abstraksi teks anekdot
9.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai dengan topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai materi identifikasi dan hasil abstraksi teks anekdot
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai identifikasi dan hasil abstraksi teks anekdot
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit




































45 menit

I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun




2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi karakteristik teks anekdot
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi karakteristik teks anekdot!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot
Tes tertulis
Isian
3.    Ungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot!
Jawaban
1.    Langkah-langkah mengidentifikasi karakteristik teks anekdot:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
    1. Langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks anekdot terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks anekdot
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks anekdot
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks anekdot?


2.
Ketepatan abstraksi teks anekdot
Sudah tepatkah abstraksi teks anekdot tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi teks anekdot sesuai kaidah dan EYD?







     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri,   Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia









Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester           : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan        : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK

1.






















2.






















3.






















4.






















5.