RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :SMA/ SMK... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks Anekdot
Tema/ topik :
Kritik dan Humor dalam Layann Publik
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.4. Mengidentifikasi teks anekdot baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkankembali langkah-langkah
mengidentifikasi teks anekdot
3.4.2.
Mengidentifikasi
karakteristik teks anekdot dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks anekdot
4.4.2. Mengabstraksi
teks anekdot
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan
Publik dengan materi pokok teks anekdot
ini siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks anekdot
2. Mengidentifikasi karakteristik teks anekdot
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
anekdot
4.
Mengabstraksi teks anekdot
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks anekdot
POLITISI BLUSUKAN BANJIR
1 Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan
politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan
bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling
parah. Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat
menyerahkan bingkisan.
2 Darman juga tidak mau menyia-nyiakan
sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian
media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial
baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha
sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
3 Untung regu penolong sangat sigap.
Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa diselamatkan. Dia dibawa ke
posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh
orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal,
para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa tertulis
di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
(Diadaptasi
dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/)
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi teks anekdot
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
3. Menentukan identifikasi
karakteristik teks
4. Langkah-langkah
mengabstraksi teks anekdot
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks anekdot (lisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks anekdot yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks anekdot pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Politisi
blusukan banjir” hal. 122.
3.
Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh anekdot yang
ditayangkan guru
4.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar anekdot
yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
6.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang
berkenaan dengan materi identifikasi dan abstraksi teks anekdot
7.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh anekdot lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
materi identifikasi dan abstraksi teks anekdot
9.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang
ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai dengan
topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada
kesimpulan mengenai materi identifikasi dan hasil abstraksi teks anekdot
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai identifikasi dan hasil abstraksi teks
anekdot
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi
karakteristik teks anekdot
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi karakteristik teks anekdot!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengidentifikasi karakteristik teks anekdot:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
- Langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot:
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks anekdot terlampir
kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks anekdot
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks anekdot
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks anekdot?
|
||
2.
|
Ketepatan abstraksi teks anekdot
|
Sudah tepatkah abstraksi teks anekdot tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks anekdot
sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|