RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 1 KD 3.5. DAN 4.5. KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                         (RPP)

Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok               : Teks anekdot
Tema/ topik                 : Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan 
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit    
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.    1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.5. Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.5.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot
3.5.2.                 Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
3.5.3.                 Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.                           Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi anekdot
4.5.2.                           Menulis ulang (mengonversi) teks  anekdot dalam bentuk uraian monolog




C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan Publik dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks anekdot
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks anekdot
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks anekdot
4.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks anekdot
5.    Menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian monolog

D.        Materi Pembelajaran   
1.      Contoh teks anekdot:
a.    Bebas sesuai
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks anekdot
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Memahami struktur dan isi anekdot
Mengenali bahasa yang digunakan dalam anekdot
Menentukan kelebihan dan kekurangan anekdot

3.      Langkah-langkah mengonversi teks anekdot
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Memahami bentuk dan isi anekdot
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan Video anekdot (lisan), anekdot (tulisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
 








































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi dan konversi teks anekdot yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks anekdot lain yang dicari secara bebas oleh peserta didik, untuk menyampaikan ide atau daftar masalah yang berkaitan.
3.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.       Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang berkenaan dengan materi evaluasi dan konversi teks anekdot
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh anekdot lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi evaluasi dan konversi teks anekdot.
7.      Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian mendiskusikannya.
8.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
9.                                          
10.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks anekdot dan pemecahannya.
11.     Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah anekdot ke bentuk lain.
12.  Peserta didik bersama guru membahas hasil konversi teks anekdot ke bentuk lain.
13.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks anekdot dan hasil konversi teks anekdot.
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit









































45 menit

I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
1.       
Santun
  2. Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
a.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah evaluasi  anekdot
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks anekdot!
b.             Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi anekdot
Tes tertulis
Isian
2.    Ungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks anekdot!
Jawaban
a.                                                                                           Langkah-langkah mengevaluasi anekdot:
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Memahami struktur dan isi anekdot
Mengenali bahasa yang digunakan dalam anekdot
Menentukan kelebihan dan kekurangan anekdot
b.                                                                                          Langkah-langkah mengonversi anekdot:
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Memahami bentuk dan isi anekdot
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5


2.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks anekdot terlampir kemudian tulis ulanglah anekdot tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks anekdot
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa anekdot
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa anekdot?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks anekdot
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks anekdot tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi anekdot sesuai kaidah dan EYD?



     Mengetahui,                                                                                     ,  Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia









Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester           : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan        : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Peduli
Responsif
Santun

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.