Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
|||||
2.1 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta
permasalahan remaja dan sosial
|
|||||
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama
|
|||||
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan,
ideologis, dan kebijakan publik
|
|||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama
|
|||||
1.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan
kriminal (terorisme)
|
|||||
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks cerita pendek
·
Pengenalan ciri bahasa teks cerita pendek
·
Pemahaman isi teks cerpen
·
Interpretasi isi (unsur
intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks cerita pendek mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen(abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi,
dan coda).
· Peserta
didik membaca contoh tekscerita pendek yang lain.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan uraian yang berkaitan
dengan struktur isi teks cerpen
yang dibaca.
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita pendek
dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks cerita pendek.
· Peserta
didik menemukan ciri-ciri teks cerita pendek.
· Peserta
didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur
isi dan ciri bahasa teks cerita
pendek.
· Peserta
didik mendiskusikanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik
dalam teks cerita pendek.
Mengasosiasi:
· Peserta
didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
· Peserta
didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita
pendek.
· Peserta
didik menyimpulkanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik
teks cerita pendek dalam diskusi kelas dengan
saling menghargai.
Mengkomunikasikan:
· Peserta
didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
· Peserta
didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan
teman/kelompok.
· Peserta
didik
mempresentasikanisi,
unsur intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendekdengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menginterpre-tasi makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks cerita pendek baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· Buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks cerita pendek, baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita pendek
· Langkah-langkah penulisan teks cerita
pendek (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembang
kan topik
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa), dll.
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca dua teks cerita pendek.
· Peserta
didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa kedua teks cerita pendek.
· Peserta
didik mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.
Mengeksplorasi:
· Peserta
didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita pendekyang dibaca.
· Peserta
didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek yang dibaca.
· Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
· Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
· Peserta
didik menentukan topik teks cerita pendek sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
· Peserta
didik membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi teks cerita
pendek , ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses
material, konjungsi temporal), dan unsur intrinsik serta unsur
ekstrinsik.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan
perbedaan dua buah teks cerita pendek dalam
diskusi kelas.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita pendek yang dibuat.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua cerita
pendek.
· Peserta
didik membacakan hasil diskusi teks cerita
pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
4.2 Memproduksi teks cerita pendek, yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
mupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks cerita pendek, baik
melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks cerita pendek
· Analisis bahasa teks cerita pendek
· Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks cerita pendek
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca teks cerita pendek.
· Peserta
didik membaca teks cerita pendek yang ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks cerita pendek.
Mengeksplrorasi
· Peserta
didik menganalisis isi
teks cerita
pendek(struktur, unsur intrintrinsik, dan unsur ekstrinsik)
dengan cermat.
· Peserta
didik
menganalisis bahasa teks cerita pendek (pilihan kata, gaya bahasa,
dan konjungsi ) dengan cermat.
· Peserta
didik menyunting teks cerita pendek yang ditulis teman dari aspek
struktur isidengan cermat
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis terhadap cerita pendek.
· Peserta
didik memperbaiki teks cerita pendekberdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didik membacakan teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Peserta
didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek yang dibacakan dengan santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
4.3 Menyunting teks cerita pendek, sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4.Mengidentifikasi teks cerpen baik
secara lisan maupun tertulis
|
· Karakteristik teks cerpen
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita pendek
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks cerita pendek.
· Peserta
didik membaca teks tentang karakteristik teks cerita pendek.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita pendek.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks cerita pendek yang dibaca.
· Peserta
didik mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menuliskan garis besar isi teks cerita
pendek (abstraksi)
dalam beberapa kalimat secara terpadu.
· Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks
cerpen.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita pendek yang telah
ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menuliskan karakteristik cerpen.
· Peserta
didik mempresentasikan
abstraksi teks cerita pendek.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
4.4 Mengabstraksi
teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks cerita pendek,
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks cerita pendek
· Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks
monolog
· Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek.
· Peserta
didik membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi
(kekurangan/kelebihan) struktur isi dan
bahasa teks cerita
pendekyang dibaca.
· Peserta
didik mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik membaca contoh
teks cerita
pendekyang lain.
· Peserta
didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek dengan cermat.
· Peserta
didik menulis ulang teks
cerita pendek dalam bentuk
drama.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil evaluasi terhadap cerita pendek dari aspek struktur isi
dan bahasa.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita
pendek yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap
teks cerita
pendek
dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan teks
cerita pendek.
·
Secara individual peserta didik diminta
mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
pendek.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
4.5 Mengonversi teks cerita pendek, ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks pantun
· Pengenalan ciri bahasa teks pantun
· Pemahaman isi teks pantun
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks pantun.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks pantun(sampiran,
isi, sajak).
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik membaca contoh tekspantun yang lain.
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks pantun(sampiran,
isi).
· Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks pantun.
· Peserta
didik menentukanmakna/ maksud isi teks pantun.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks pantun.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks pantun dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik membacakan hasil diskusi tentang temuan terkait dengan struktur isi dan
ciri bahasa teks pantun.
· Peserta
didik
mempresentasikan makna/ maksud teks pantun dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·
Secara individual peserta didik diminta
menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
4.1
Menginterpretasi makna teks, pantun, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks pantun baik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks pantun
· Langkah-langkah penulisan teks pantun ( menemukan
topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca beberapa teks pantun.
Mempertanyakan:
·
Peserta didik mempertanyakan isi teks panttun.
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi
beberapa
teks pantun yang
dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks pantun
yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan
struktur isi beberapa teks pantun yang
dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·
Peserta didik menentukan topik teks pantun.
·
Peserta didik membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak abab) dan ciri bahasa pantun.
Mengasosiasi
·
Peserta didik mendiskusikan dan
menyimpulkan persamaan dan
perbedaan beberapa teks pantun dalam
diskusi kelas.
·
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan
struktur isi teks pantun yang dibuat.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan persamaan dan
perbedaan beberapa teks pantun yang didiskusikan.
· Peserta didik membacakan teks
pantun dengan
intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
4.2 Memproduksi teks pantun, yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks pantun, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Analisis isi teks pantun
·
Analisis bahasa teks pantun
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks pantun
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks pantun.
· Peserta
didik teks pantun yang
ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menganalisis isi
teks pantun
dengan
cermat.
· Peserta
didik
menganalisis bahasa teks pantun dengan cermat.
· Peserta
didik menyunting teks pantun yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks pantun dengan
cermat.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis isi dan bahasa teks pantun.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap pantun
yang ditulis.
· Peserta
didik memperbaiki teks pantun berdasarkan hasil suntingan teman.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didik membacakan teks pantun dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Peserta
didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibacakan dengan santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks pantun sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan
kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
4.3 Menyunting teks pantun, sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi pantun, baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks pantun
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks pantun.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks pantun.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menuliskan karakteristik pantun.
· Peserta
didik menuliskan garis besar isi teks pantun (abstraksi)
dalam satu
kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi yang dibuat.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menyampaikan ciri-ciri (karakteristik) pantun.
· Peserta
didik mempresentasikan
abstraksi
teks pantun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting pantun
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
4.4 Mengabstraksi teks pantun, baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks pantun, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks pantun
· Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
· Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks pantun.
· Peserta
didik membaca contoh pantun yang ditulis ulang.
Mempertanyakan:
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks pantun.
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks pantun yang ditulis ulang.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun.
· Peserta
didik membaca contoh
teks pantun.
· Peserta
didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
· Peserta
didik menulis ulang teks
pantun dalam bentuk uraian
dialog.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil evaluasi terhadap teks pantun.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita teks
pantun yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap
teks pantun dengan
rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didikmembacakan hasil konversi teks pantun.
· Peserta
didikmengomentari pembacaan teks pantun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan teks pantun.
·
Secara individual Peserta didik diminta
mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
4.5 Mengonversi
teks pantun, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks cerita ulang
· Pengenalan ciri bahasa teks cerita ulang
· Pemahaman isi teks cerita ulang
Pemahaman isi teks cerita ulang
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks cerita ulang.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita ulang.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks cerita ulang yang dibaca.
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita ulang.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks cerita ulang.
· Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks cerita ulang.
· Peserta
didik menentukanmakna/maksud isi teks cerita ulang.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita ulang.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks cerita ulang dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mempresentasikan temuan terkait struktur isi teks cerita ulang.
· Peserta
didik
mempresentasikan makna/ maksud teks cerita ulang dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menginterpre-tasi makna teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks
cerita ulang
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks cerita ulang, baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang
· Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang (menemukan topik, mengembang kan
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati:
·
Peserta didik membaca dua teks cerita ulang.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks
cerita ulang.
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi
beberapa
teks cerita ulangyang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan
struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·
Peserta didik menentukan topik teks cerita ulang.
·
Peserta didik membuat teks cerita
ulang sesuai dengan struktur isi teks cerita ulangdan ciri bahasanya.
Mengasosiasi
·
Peserta didik mendiskusikan dan
menyimpulkan persamaan dan
perbedaan beberapa teks cerita ulang dalam
diskusi kelas.
·
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan
teks cerita ulang yang ditulis.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan persamaan dan
perbedaan beberapa teks cerita ulangdalam diskusi
kelas.
·
Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks cerita ulang yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh
cerita ulang
|
4.2 Memproduksi teks cerita ulang, yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks cerita ulang, baik
melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks cerita ulang
·
Analisis bahasa teks cerita ulang
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan ejaan dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca contoh
analisis teks cerita ulang.
·
Peserta didik membaca teks cerita ulang yang ditulis teman.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan contoh analisis
teks cerita ulang.
·
Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita
ulang yang ditulis teman.
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik menganalisis isi teks cerita ulang
dengan cermat.
·
Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita ulangdengan
cermat.
·
Peserta didik menyunting teks cerita ulangyang ditulis teman dari
aspek struktur isi dan bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
Mengasosiasi
·
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks
cerita ulang.
·
Peserta didik memperbaiki teks cerita ulang berdasarkan
hasil suntingan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
·
Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
·
Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi
dan bahasa teks cerita ulang yang dibacakan
dengan santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita
ulang.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks cerita ulang sesuai
dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh
cerita ulang
|
4.3 Menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks cerita
ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
· Karakteristik teks cerita ulang
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita ulang
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks cerita ulang.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteris-tik teks cerita ulang.
Mempertanyakan:
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menuliskan garis besar isi teks cerita ulang (abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita ulang yang telah
ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan abstraks teks cerita ulang.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh
cerita ulang
|
4.4 Mengabstraksi teks cerita ulang, baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks cerita ulang,
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
·
Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog
|
Mengamati:
· Peserta
didik membaca contoh teks cerita ulang.
· Peserta
didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan cerita ulang teks cerita ulang yang dibaca.
· Peserta
didik mempertanyakan contoh evaluasi teks cerita ulang yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
· Peserta
didik menulis ulang teks
cerita ulang dalam bentuk uraian dialog.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil evaluasi teks cerita ulang.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita ulang yang
ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap
teks cerita ulangdengan
rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didikmembacakan hasil tulisan cerita ulang teks cerita ulang yang ditulis.
· Peserta
didikmengomentari pembacaan teks cerita ulang.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan teks
cerita ulang.
·
Secara individual Peserta didik diminta mengonversi
teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
ulang
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh
cerita ulang
· Internet
· contoh
cerita ulang
|
4.5 Mengonversi teks cerita ulang, ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|