Silabus bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 (kelas XI SMA/ SMK semester ganjil)

Satuan Pendidikan        : SMK/MAK
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester              : XI (Ganjil)
Kompetensi Inti              :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa





2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama





2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama















1.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)


2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas






3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan

·     Pengenalan struktur isi teks cerita pendek
·     Pengenalan ciri bahasa  teks cerita pendek
·     Pemahaman isi teks cerpen
·     Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek

Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh  teks cerita pendek mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerpen(abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan coda).
·      Peserta didik membaca contoh tekscerita pendek yang lain.


Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerpen yang dibaca.
·      Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita pendek dengan bahasa yang komunikatif.



Mengeksplorasi
·      Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita pendek.
·      Peserta didik menemukan ciri-ciri teks cerita pendek.
·      Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks cerita pendek.
·      Peserta didik mendiskusikanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik dalam teks cerita pendek.

Mengasosiasi:
·      Peserta didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
·      Peserta didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
·      Peserta didik menyimpulkanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendek dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengkomunikasikan:
·     Peserta didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
·     Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok.
·     Peserta didik mempresentasikanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendekdengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·          Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi  makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·  Internet
·  Media massa
·  Buku kumpulan cerpen
·  Buku yang berkaitan dengan genre teks



4.1 Menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan

3.2  Membandingkan teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
·     Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks cerita pendek
·     Langkah-langkah penulisan teks cerita pendek (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembang
kan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa), dll.
Mengamati
·    Peserta didik membaca dua teks cerita pendek.
·    Peserta didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa kedua teks cerita pendek.
·      Peserta didik mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.

Mengeksplorasi:
·      Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita pendekyang dibaca.
·    Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek yang dibaca.
·      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·    Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·    Peserta didik menentukan topik teks cerita pendek sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
·    Peserta didik membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi teks cerita pendek , ciri bahasa  (pertanyaan retoris, proses material, konjungsi temporal), dan unsur intrinsik serta unsur  ekstrinsik.

Mengasosiasi
·    Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan dua buah teks cerita pendek dalam diskusi kelas.
·    Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita pendek yang dibuat.

Mengomunikasikan
·    Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua cerita pendek.
·    Peserta didik membacakan hasil diskusi  teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·          Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.


4 Mg x 4 jp
·   Internet
·   Media massa
·   buku kumpulan cerpen
·   Buku yang berkaitan dengan genre teks












4.2  Memproduksi teks cerita pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

3.3  Menganalisis teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
·      Analisis isi teks cerita pendek
·      Analisis bahasa teks cerita pendek
·      Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks cerita pendek
·      Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·     Peserta didik membaca teks cerita pendek.
·     Peserta didik membaca teks cerita pendek yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita pendek.

Mengeksplrorasi
·     Peserta didik menganalisis isi  teks cerita pendek(struktur,  unsur intrintrinsik,  dan unsur ekstrinsik) dengan cermat.
·     Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita pendek (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat.
·     Peserta didik menyunting teks cerita pendek yang ditulis teman dari aspek struktur isidengan cermat


Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis terhadap cerita pendek.
·     Peserta didik memperbaiki teks cerita pendekberdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·     Peserta didik membacakan teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·     Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek yang dibacakan dengan santun.



Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     Media massa
·     buku kumpulan cerpen
·     Buku yang berkaitan dengan genre teks













4.3  Menyunting teks cerita pendek, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4.Mengidentifikasi teks cerpen baik secara lisan maupun tertulis
·     Karakteristik teks cerpen
·     Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita pendek
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek.
·      Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks cerita pendek.
·      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks cerita pendek.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita pendek yang dibaca.
·      Peserta didik mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita pendek (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.
·      Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks cerpen.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita pendek yang telah ditulis.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik menuliskan karakteristik cerpen.
·      Peserta didik mempresentasikan  abstraksi teks cerita pendek.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     Media massa
·     buku kumpulan cerpen
·     Buku yang berkaitan dengan genre teks
4.4 Mengabstraksi teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan
3.5  Mengevaluasi teks cerita pendek, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·     Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek
·     Langkah- langkah konversi teks cerita pendek  menjadi teks monolog
·     Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek
Mengamati
·     Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.
·     Peserta didik membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendekyang dibaca.
·     Peserta didik mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek yang dibaca.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik membaca contoh  teks cerita pendekyang lain.
·     Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek dengan cermat.
·     Peserta didik menulis ulang teks  cerita pendek dalam bentuk drama.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap cerita pendek dari aspek struktur isi dan bahasa.
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek yang ditulis ulang.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks cerita pendek.
·          Secara individual peserta didik diminta mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp

·   Internet
·   Media massa
·   buku kumpulan cerpen
·   Buku yang berkaitan dengan genre teks

4.5  Mengonversi teks cerita pendek, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan

·   Pengenalan struktur isi teks pantun
·   Pengenalan ciri bahasa  teks pantun
·   Pemahaman isi teks pantun






Mengamati
·     Peserta didik membaca contoh  teks pantun.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks pantun(sampiran, isi, sajak).
·     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik membaca contoh tekspantun yang lain.
·     Peserta didik menemukan struktur isi teks pantun(sampiran, isi).
·     Peserta didik menemukan ciri bahasa teks pantun.
·     Peserta didik menentukanmakna/ maksud isi teks pantun.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks pantun.
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks pantun dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik membacakan hasil diskusi tentang temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks pantun.
·     Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks pantun dengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·          Secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan pantun

4.1 Menginterpretasi makna teks, pantun, baik secara lisan maupun tulisan

3.2  Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
·      Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks pantun
·      Langkah-langkah penulisan teks pantun  ( menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati
·         Peserta didik membaca beberapa  teks pantun.

Mempertanyakan:
·         Peserta didik mempertanyakan isi teks panttun.

Mengeksplorasi:
·         Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks pantun yang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks pantun yang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·         Peserta didik menentukan topik teks pantun.
·         Peserta didik membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak abab) dan ciri bahasa  pantun.

Mengasosiasi
·         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks pantun dalam diskusi kelas.
·         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan struktur isi teks pantun yang dibuat.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan persamaan dan  perbedaan beberapa teks pantun yang didiskusikan.
·        Peserta didik membacakan teks
 pantun dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
·          Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan pantun










4.2  Memproduksi teks pantun, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

3.3  Menganalisis teks  pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
·      Analisis isi teks pantun
·      Analisis bahasa teks pantun
·      Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks pantun
·      Penyuntingan bahasa sesuai dengan:  ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh teks pantun.
·      Peserta didik teks pantun yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
·      Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menganalisis isi  teks pantun dengan cermat.
·      Peserta didik menganalisis bahasa teks pantun dengan cermat.
·      Peserta didik menyunting teks pantun yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks pantun dengan cermat.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi dan bahasa teks pantun.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap pantun yang ditulis.
·      Peserta didik memperbaiki teks pantun berdasarkan hasil suntingan teman.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·      Peserta didik membacakan teks pantun dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks pantun  yang dibacakan dengan santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan pantun



·     Internet
·     buku kumpulan pantun











4.3  Menyunting teks pantun, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4 Mengidentifikasi  pantun, baik secara lisan maupun tulisan
·         Karakteristik teks pantun
·         Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh teks pantun.
·      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks pantun.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menuliskan karakteristik pantun.
·      Peserta didik menuliskan garis besar isi teks pantun (abstraksi)  dalam satu kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi yang dibuat.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik menyampaikan ciri-ciri (karakteristik) pantun.
·      Peserta didik mempresentasikan  abstraksi teks pantun.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting pantun berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan pantun

4.4  Mengabstraksi teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks pantun, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·     Evaluasi struktur isi dan bahasa teks pantun
·     Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
·     Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh teks pantun.
·      Peserta didik membaca contoh pantun yang ditulis ulang.

Mempertanyakan:
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun.
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang ditulis ulang.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun.
·      Peserta didik membaca contoh  teks pantun.
·      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
·      Peserta didik menulis ulang teks  pantun dalam bentuk uraian dialog.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap teks pantun.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita teks pantun yang ditulis ulang.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks pantun dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·      Peserta didikmembacakan hasil konversi teks pantun.
·      Peserta didikmengomentari pembacaan teks pantun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks pantun.
·          Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     buku kumpulan pantun

4.5 Mengonversi teks pantun, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan

·   Pengenalan struktur isi teks cerita ulang
·    Pengenalan ciri bahasa  teks cerita ulang
·   Pemahaman isi teks cerita ulang










Pemahaman isi teks cerita ulang
Mengamati
·     Peserta didik membaca contoh  teks cerita ulang.
·     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerita ulang.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks cerita ulang yang dibaca.
·     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita ulang.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita ulang.
·     Peserta didik menemukan ciri bahasa teks cerita ulang.
·     Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks cerita ulang.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks cerita ulang.
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks cerita ulang dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan temuan terkait struktur isi teks cerita ulang.
·     Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks cerita ulang dengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·         Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh teks cerita ulang




4.1 Menginterpretasi makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan

3.2  Membandingkan teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
·     Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks cerita ulang
·     Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang      (menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati:
·         Peserta didik membaca dua  teks cerita ulang.

Mempertanyakan
·         Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks cerita ulang.

Mengeksplorasi:
·         Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·         Peserta didik menentukan topik teks cerita ulang.
·         Peserta didik membuat teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi teks cerita ulangdan ciri bahasanya.


Mengasosiasi
·         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks cerita ulang dalam diskusi kelas.
·         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita ulang yang ditulis.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan persamaan dan  perbedaan beberapa teks cerita ulangdalam diskusi kelas.
·         Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
·          Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks cerita ulang  yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.


4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh cerita ulang







4.2  Memproduksi teks cerita ulang, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

3.3  Menganalisis teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
·         Analisis isi teks cerita ulang
·         Analisis bahasa teks cerita ulang
·         Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang
·         Penyuntingan bahasa sesuai dengan ejaan dan tanda baca
Mengamati
·         Peserta didik membaca contoh analisis teks cerita ulang.
·         Peserta didik membaca teks cerita ulang yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·         Peserta didik mempertanyakan contoh analisis teks cerita ulang.
·         Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang ditulis teman.

Mengeksplorasi:
·         Peserta didik menganalisis isi  teks cerita ulang dengan cermat.
·         Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
·         Peserta didik menyunting teks cerita ulangyang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks cerita ulangdengan cermat.

Mengasosiasi
·         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks cerita ulang.
·         Peserta didik memperbaiki teks cerita ulang berdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·         Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·         Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang yang dibacakan dengan santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh cerita ulang





















4.3  Menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4 Mengidentifikasi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
·     Karakteristik teks cerita ulang
·     Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita ulang
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
·       Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteris-tik teks cerita ulang.

Mempertanyakan:
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita ulang (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita ulang yang telah ditulis.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan  abstraks teks cerita ulang.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh cerita ulang

4.4  Mengabstraksi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
3.5  Mengevaluasi teks cerita ulang, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·         Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
·         Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog

Mengamati:
·      Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
·      Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan cerita ulang teks cerita ulang yang dibaca.
·      Peserta didik mempertanyakan contoh evaluasi teks cerita ulang yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
·      Peserta didik menulis ulang teks  cerita ulang dalam bentuk uraian dialog.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi teks cerita ulang.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita ulang yang ditulis.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita ulangdengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·      Peserta didikmembacakan hasil tulisan cerita ulang teks cerita ulang yang ditulis.
·      Peserta didikmengomentari pembacaan teks cerita ulang.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks cerita ulang.
·          Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita ulang
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks cerita ulang  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh cerita ulang
·     Internet
·     contoh cerita ulang

4.5  Mengonversi teks cerita ulang, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan