Silabus bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 (kelas XI SMA/ SMK semester genap)

Satuan Pendidikan        : SMK/MAK
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester              : XI (Genap)

Kompetensi Inti              :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa






2.1Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama





2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama

























2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas





3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan

·   Pengenalan struktur isi teks eksplanasi kompleks
·    Pengenalan ciri bahasa  teks eksplanasi kompleks
·   Pemahaman isi teks eksplanasi kompleks


Mengamati
·     Peserta didik membaca contoh  teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi kompleks.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
·     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks eksplanasi kompleks.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi kompleksdengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks. eksplanasi kompleks
·         Secara individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulis.

Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh teks eksplanasi kompleks










4.1 Menginterpretasi makna teks, eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan

3.2  Membandingkan teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
·     Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks
·     Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks         (menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati:
·     Peserta didik membaca dua  teks eksplanasi kompleks.

Mempertanyakan:
·     Peserta didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan kedua teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·     Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·     Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·     Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·     Peserta didik menentukan topik teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik membuat teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleksdan ciri bahasa.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas.
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksplanasi kompleks yang dibuat.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik menjelaskan persamaan dan  perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks  yang dibaca.
·          Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks eksplanasi kompleks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh eksplanasi kompleks


·     Internet
·     contoh eksplanasi kompleks

4.2  Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

3.3     Menganalisis teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan

·     Analisis isi teks eksplanasi kompleks
·     Analisis bahasa teks eksplanasi kompleks
·     Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks
·     Penyuntingan bahasa sesuai dengan  ejaan dan tanda baca
Mengamati
·     Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks
yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik menganalisis isi  teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
·     Peserta didik menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
·     Peserta didik menyunting teks eksplanasi kompleksyang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks eksplanasi kompleks
dengan cermat.

Mengasoasiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik memperbaiki teks eksplanasi kompleks
berdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·     Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·     Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleksyang dibacakan dengan santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·          Secara individual peserta didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh teks eksplanasi kompleks




4.3  Menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4 Mengidentifikasi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
·     Karakteristik teks eksplanasi
·     Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks

Mengamati
·     Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik tekseksplanasi kompleks.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan ciri-ciri teks eksplanasi.
·     Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik menuliskan garis besar isi teks eksplanasi kompleks (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks eksplanasi kompleks yang ditulis.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan  abstraks teks eksplanasi kompleks yang ditulis.
·     Peserta didik mengomentari teks esplanasi kompleks yang dibacakan.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh eksplanasi kompleks

4.4  Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
3.Mengevaluasi teks eksplanasi kompleks, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·     Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks
·     Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog
·     Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog










Mengamati
·     Peserta didik membaca contok konversi teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan contoh evaluasi teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mempertanyakan isi konversi teks eksplanasi kompleks.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
·     Peserta didik mengonversi teks  eksplanasi kompleksdalam bentuk  dialog.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan  hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleks.
·     Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan konversi teks eksplanasi kompleks yang ditulis.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleksdengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·     Peserta didikmembacakan hasil konversi teks eksplanasi kompleks
·     Peserta didikmengomentari pembacaan teks eksplanasi kompleks
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks eksplanasi kompleks.
·          Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh eksplanasi kompleks



















4.5 Mengonversi teks eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan

·   Pengenalan struktur isi teks film/drama
·    Pengenalan ciri bahasa  teks film/drama
·   Pemahaman isi teks film/drama

Mengamati
·     Peserta didik membaca contoh  teks film/drama.
·     Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks film/drama.

Mempertanyakan
·     Peserta didik mempertanyakan  uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks film/drama yang dibaca.
·     Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks film/drama.

Mengeksplorasi
·     Peserta didik menemukan struktur isi teks film/drama.
·     Peserta didik menemukan ciri bahasa teks film/drama.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks film/drama.
·     Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks film/drama.
·     Peserta didikmendiskusikan dan menyimpulkan makna/maksud isi teks film/drama yang telah ditentukan.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi terkait struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama.
·     Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks film/drama dengan rasa percaya diri.
·     Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·         Secara individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks film/drama.

Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh teks film/drama



4.1 Menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan

3.2  Membandingkan teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
·         Persamaan/
perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks film/drama
·         Langkah-langkah penulisan teks film/drama ( menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati
·         Peserta didik membaca dua  teks film/drama.

Mempertanyakan
·         Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks film/drama yang dibaca.
·         Peserta didik mempertanyakan topik teks film/drama.

Mengeksplorasi
·         Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks film/drama yang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama yang dibaca.
·         Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks film/drama yang dibaca.
·         Peserta didik menentukan topik teks film/drama.
·         Peserta didik membuat teks film/drama sesuai dengan struktur isi teks film/drama dan ciri bahasa.

Mengasosiasi
·         Peserta didik mendiskusikan dan meyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks film/drama dalam diskusi kelas.
·         Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan teks film/drama yang dibuat.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik menjelaskan persamaan dan  perbedaan beberapa teks film/drama hasil  diskusi kelas.
·         Peserta didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.

Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
·          Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan.
Portofolio laporan:  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

4 Mg x 4 jp
·     Internet
contoh film/drama




















4.2  Memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

3.3  Menganalisis teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
·     Analisis isi teks film/drama
·     Analisis bahasa teks film/drama
·     Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks film/drama
·     Penyuntingan bahasa sesuai dengan  ejaan dan tanda baca
Mengamati:
·         Peserta didik membaca contoh analisis teks film/drama.
·         Peserta didik membaca teks film/drama yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·         Peserta didik mempertanyakan contoh analisis teks film/drama yang dibaca.
·         Peserta didik mempertanyakan teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks film/drama dengan cermat.

Mengekplorasi
·         Peserta didik menganalisis isi  teks film/drama dengan cermat.
·         Peserta didik menganalisis bahasa teks film/dramadengan cermat.
·         Peserta didik menyunting teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks film/drama dengan cermat.

Mengasosiasi
·         Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis dengan teman/kelompok lain.
·         Peserta didik mendiskusikan dan memperbaiki teks film/drama berdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·         Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·         Peserta didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·         Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibacakan dengan santun.



Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks film/drama
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
contoh film/drama











4.3  Menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4 Mengidentifikasi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
·     Karakteristik teks film/ drama
·     Langkah-langkah membuat abstraksi teks film/drama
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh teks film/drama.

Mempertanyakan:
·      Peserta didik mempertanyakan isi isi teks film/drama.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menuliskan garis besar isi teks film/drama (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks film/drama.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan  abstraks teks film/drama.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·          Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks film/drama  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks film/drama.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh teks film/drama

4.4  Mengabstraksi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
3.Mengevaluasi teks film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·     Evaluasi struktur isi dan bahasa teks film/drama
·     Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
·     Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama.
·      Peserta didik membaca contoh konversi teks film/drama.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca.
·      Peserta didik mempertanyakan contoh konversi teks film/drama.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik membaca contoh  teks film/drama.
·      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan  hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama.
·      Peserta didik menulis ulang (mengonversi) teks  film/drama dalam bentuk cerpen.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan tulisan ulang (konversi)film/drama.

Mengomunikasikan:
·      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·      Peserta didikmembacakan tulisan ulang (konversi) teks film/drama.
·      Peserta didikmengomentari pembacaantulisan ulang (konversi) teks film/drama.
Tugas:
·          Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks film/drama.
·          Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks film/drama.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks film/drama  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·     Internet
·     contoh film/drama