Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : XI (Genap)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
|
|
|
|
|
|
2.1Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta
permasalahan remaja dan sosial
|
|||||
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama
|
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan,
ideologis, dan kebijakan publik
|
|||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan
kriminal (terorisme)
|
|||||
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks eksplanasi
kompleks
· Pengenalan ciri bahasa teks eksplanasi
kompleks
· Pemahaman isi teks eksplanasi
kompleks
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks eksplanasi
kompleks.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksplanasi
kompleks.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi
kompleks.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik menentukanmakna/maksud isi teks eksplanasi kompleks.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi
kompleksdalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi terkait
dengan struktur isi dan ciri bahasa
teks eksplanasi
kompleks.
· Peserta
didik
mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi kompleksdengan rasa percaya diri.
· Peserta didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks. eksplanasi kompleks
·
Secara individual Peserta didik diminta
menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulis.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks eksplanasi
kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks eksplanasi
kompleks
|
4.1
Menginterpretasi makna teks, eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks eksplanasi kompleks,
baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi
kompleks
· Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks
(menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri
bahasa)
|
Mengamati:
· Peserta
didik membaca dua
teks eksplanasi
kompleks.
Mempertanyakan:
· Peserta
didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan kedua teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks eksplanasi
kompleksyang dibaca.
· Peserta
didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
· Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks eksplanasi
kompleksyang dibaca.
· Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
· Peserta
didik menentukan topik teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik membuat teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi
kompleksdan
ciri bahasa.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan
perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksplanasi kompleks yang dibuat.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik menjelaskan
persamaan dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks eksplanasi kompleks
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi eksplanasi
kompleks
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks eksplanasi kompleks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh eksplanasi
kompleks
· Internet
· contoh eksplanasi
kompleks
|
4.2 Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
mupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks
eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisis isi teks eksplanasi
kompleks
· Analisis bahasa teks eksplanasi
kompleks
· Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks eksplanasi kompleks
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan ejaan dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik membaca teks eksplanasi kompleks
yang ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menganalisis isi
teks eksplanasi
kompleksdengan
cermat.
· Peserta
didik menganalisis
bahasa teks eksplanasi
kompleksdengan
cermat.
· Peserta
didik menyunting teks eksplanasi kompleksyang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
kompleks
dengan cermat.
Mengasoasiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan
menyimpulkan hasil analisis teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik memperbaiki teks eksplanasi kompleks
berdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Peserta
didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleksyang dibacakan dengan santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks.
·
Secara individual peserta didik diminta
menyunting teks eksplanasi
kompleks, sesuai
dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai
dengan struktur serta kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks eksplanasi
kompleks
|
4.3 Menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks eksplanasi
kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks
eksplanasi
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik tekseksplanasi
kompleks.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan ciri-ciri teks eksplanasi.
· Peserta
didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menuliskan garis besar isi teks eksplanasi kompleks (abstraksi)
dalam beberapa
kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks eksplanasi
kompleks yang ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mempresentasikan
abstraks teks eksplanasi kompleks yang ditulis.
· Peserta
didik mengomentari teks esplanasi kompleks
yang dibacakan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks eksplanasi kompleks
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi
kompleks
sesuai dengan struktur serta kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh eksplanasi
kompleks
|
4.4 Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
eksplanasi kompleks, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks eksplanasi kompleks
· Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog
· Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contok konversi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
kompleks.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan contoh evaluasi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik mempertanyakan isi konversi teks eksplanasi kompleks.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
· Peserta
didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
kompleksdengan cermat.
· Peserta
didik mengonversi
teks eksplanasi kompleksdalam bentuk dialog.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi
kompleks.
· Peserta
didik mendiskusikandan menyimpulkan konversi teks
eksplanasi kompleks yang ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan)
terhadap
teks eksplanasi
kompleksdengan
rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
· Peserta
didikmembacakan hasil konversi teks eksplanasi
kompleks
· Peserta
didikmengomentari pembacaan teks eksplanasi kompleks
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan teks eksplanasi
kompleks.
·
Secara individual Peserta didik diminta
mengonversi teks eksplanasi kompleks
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks eksplanasi
kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks eksplanasi kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh eksplanasi
kompleks
|
4.5 Mengonversi
teks eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks film/drama
· Pengenalan ciri bahasa teks film/drama
· Pemahaman isi teks film/drama
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh
teks film/drama.
· Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama yang dibaca.
· Peserta
didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks film/drama.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menemukan struktur isi teks film/drama.
· Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks film/drama.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama.
· Peserta
didik menentukanmakna/maksud isi teks film/drama.
· Peserta
didikmendiskusikan dan menyimpulkan makna/maksud isi teks film/drama yang telah ditentukan.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi terkait struktur isi dan ciri bahasa
teks film/drama.
· Peserta
didik mempresentasikan makna/ maksud teks film/drama dengan
rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks film/drama, baik
secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks film/drama
|
4.1
Menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan teks film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/
perbedaan
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks film/drama
·
Langkah-langkah penulisan teks film/drama ( menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur
isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua teks film/drama.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks
film/drama yang dibaca.
·
Peserta didik mempertanyakan topik teks
film/drama.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi
beberapa
teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta didik mengidentifikasi perbedaan
struktur isi beberapa teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta didik menentukan topik teks film/drama.
·
Peserta didik membuat teks film/drama sesuai dengan struktur isi teks film/drama dan ciri bahasa.
Mengasosiasi
·
Peserta didik mendiskusikan dan
meyimpulkan persamaan dan
perbedaan beberapa teks film/drama dalam diskusi
kelas.
·
Peserta didik mendiskusikandan
menyimpulkan teks film/drama yang dibuat.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menjelaskan persamaan dan
perbedaan beberapa teks film/drama hasil diskusi kelas.
·
Peserta didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang
dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks film/drama yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan.
Portofolio
laporan: menilai laporan Peserta didik
tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang
dibaca.
Tes tertulis
:menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks film/drama yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
contoh film/drama
|
4.2 Memproduksi teks film/drama yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis teks film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks film/drama
· Analisis bahasa teks film/drama
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks film/drama
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan ejaan dan tanda baca
|
Mengamati:
·
Peserta didik membaca contoh
analisis teks film/drama.
·
Peserta didik membaca teks film/drama yang ditulis teman.
Mempertanyakan
·
Peserta didik mempertanyakan contoh analisis
teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta didik mempertanyakan teks film/drama yang ditulis
teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat.
Mengekplorasi
·
Peserta didik menganalisis isi teks film/drama dengan
cermat.
·
Peserta didik menganalisis bahasa teks film/dramadengan
cermat.
·
Peserta didik menyunting teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat.
Mengasosiasi
·
Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis
dengan teman/kelompok lain.
·
Peserta didik mendiskusikan dan memperbaiki teks film/drama berdasarkan
hasil suntingan.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
·
Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·
Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi
dan bahasa teks film/drama yang dibacakan
dengan santun.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks film/drama sesuai
dengan struktur dan kaidah teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama sesuai
dengan struktur serta kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
contoh film/drama
|
4.3 Menyunting teks film/drama sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks film/drama
baik secara lisan maupun tulisan
|
· Karakteristik teks film/ drama
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks film/drama
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh teks film/drama.
Mempertanyakan:
· Peserta
didik mempertanyakan isi isi teks film/drama.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik menuliskan garis besar isi teks film/drama (abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta
didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks film/drama.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik
mempresentasikan abstraks teks film/drama.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks film/drama
|
4.4 Mengabstraksi teks film/drama baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks film/drama
· Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
· Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
|
Mengamati
· Peserta
didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama.
· Peserta
didik membaca contoh konversi teks film/drama.
Mempertanyakan
· Peserta
didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca.
· Peserta
didik mempertanyakan contoh konversi teks film/drama.
Mengeksplorasi
· Peserta
didik membaca contoh
teks film/drama.
· Peserta
didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat.
Mengasosiasi
·
Peserta didik mendiskusikandan
menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama.
· Peserta
didik menulis ulang (mengonversi) teks film/drama dalam bentuk cerpen.
· Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan tulisan ulang
(konversi)film/drama.
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri.
· Peserta
didik
menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didikmembacakan tulisan ulang (konversi) teks film/drama.
· Peserta
didikmengomentari pembacaantulisan ulang (konversi) teks film/drama.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah penulisan teks film/drama.
·
Secara individual Peserta didik diminta
mengonversi teks film/drama ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks film/drama.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh film/drama
|