Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : X/Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
·
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
|
|||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
|
·
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
|||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah
yang telah ditentukan.
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi
merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
|
|
|
|
|
|
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan
tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan
konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur
isi teks
prosedur kompleks
·
Pengenalan ciri bahasa
teks prosedur kompleks
·
Pemahaman isi teks
prosedur kompleks
·
Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
·
Pemahaman isi teks prosedur
kompleks
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik
menginterpretasi makna teks prosedur
kompleks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulis.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks prosedur kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.1
Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah
penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua buah teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks
prosedur kompleks yang dibaca.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks yang dibaca.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik memproduksi
teks prosedur kompleks
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks prosedur kompleks
yang dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam
memahami, menerapkan, dan memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.2 Memproduksi
teks prosedur kompleksyang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks prosedur kompleksbaik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks
prosedur kompleks
·
Analisis bahasa teks
prosedur kompleks
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks prosedur
kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menyunting teks prosedur komplekssesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan struktur dan kaidah
teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks
prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks
prosedur komplekssesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4.3 Menyunting
teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks prosedur kompleks
baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi
karakteristik teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks prosedur kompleks
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang karakteristik teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks prosedur kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik
mengabstraksi teks prosedur
kompleks secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku
referensi tentang genre teks
|
4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
·
Langkah- langkah konversi
teks prosedur kompleks menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi
teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mengonversi
teks prosedur kompleks ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
·
Secara
individual Peserta didik diminta mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
4. 5 Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur
isi teks negosiasi
·
Pengenalan ciri bahasa
teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks
negosiasi
·
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi
·
Pemahaman isi teks negosiasi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik
menginterpretasi makna teks negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan,
dan menginterpretasi
makna teks negosiasi,
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku
referensi tentang genre teks
|
4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan
teksnegosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
|
·
Persamaan/perbeda an
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks negosiasi
· Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan struktur isi (dan ciri
bahasa
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca dua buah teks negosiasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang teks negosiasi.
Mengasosiasikan:
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik memproduksi
teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik negosiasibaik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks negosiasi yang
dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam
memahami, menerapkan, dan memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
· Contoh teks negosiasi dari internet
|
3.3 Menganalisis
teks negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Analisis isi negosiasi
·
Analisis bahasa teks
negosiasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur bahasa teks
negosiasi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menyunting teks negosiasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks negosiasi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks
negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks
negosiasi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku
referensi tentang genre teks
|
4.3 Menyunting
teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
|
·
Identifikasi
karakteristik teks negosiasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks negosiasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal
yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari
dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks negosiasi.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik
mengabstraksi teks negosiasi
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks novel sesuai dengan
struktur dan kaidah teks negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku
referensi tentang genre teks
|
4.4 Mengabstraksi
teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisa
|
|||||
3.5
Mengevaluasi
teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks negosiasi
·
Langkah- langkah konversi
teks negosiasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama
pendek
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
·
Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
·
Peserta didik
menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mengonversi
teks negosiasi ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta
didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
·
Secara
individual Peserta didik diminta mengonversi teks i negosiasi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
· Buku
referensi tentang genre teks
|