RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMK / SMA...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok
: Teks Cerita ulang
Tema/ topik :Membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia
Jumlah Pertemuan
: 4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
3.4. Mengidentifikasi teks cerita ulang baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengidentifikasi teks
cerita ulang
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks cerita ulang dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang
·
Mengabstraksi teks
cerita ulang
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia dengan materi pokok teks cerita ulang ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengidentifikasi teks cerita
ulang
2. Mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang
3.
Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks
cerita ulang
4.
Mengabstraksi teks cerita ulang
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerita ulang
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi teks cerita ulang
3. Langkah-langkah
mengabstraksi teks cerita
ulang
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Discovery learning
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerita ulang (lisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang
beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks cerita ulang
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks cerita ulang pada buku pegangan siswa bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi
identifikasi teks cerita ulang dari sumber belajar lain yang
relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang jelas
seputar teks cerita ulang
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks cerita ulang tersebut untuk
mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai identifikasi teks cerita ulang
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan identifikasi
teks cerita ulang,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai identifikasi teks cerita ulang.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai identifikasi teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengidentifikasi teks cerita ulang
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerita ulang yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerita ulang
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
cerita ulang yang ditayangkan guru serta membaca
contoh lain pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi abstraksi
teks cerita ulang dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks cerita ulang
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks cerita ulang tersebut untuk
mengabstraksi.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang sebelum
mempresentasikan hasil abstraksi pada pertemuan berikutnya kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi
dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan abstraksi teks cerita ulang, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai abstraksi teks cerita ulang.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks cerita ulang.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil abstraksi
teks cerita ulang yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil abstraksi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang abstraksi teks cerita ulang kelompok lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar abstraksi teks cerita ulang yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil abstraksi teks
cerita ulang kelompok
lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
abstraksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain merespon/menanggapi
dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil abstraksi terbaik di
kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi teks cerita ulang
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan abstraksi teks cerita ulang, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai abstraksi teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks cerita ulang yang
ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar identifikasi dan abstraksi teks cerita ulang
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar teks cerita
ulang
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai identifikasi dan abstraksi teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4. Guru mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Imajinatif
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah identifikasi teks cerita ulang
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks cerita ulang!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang!
|
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerita
ulang terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks cerita ulang
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks cerita
ulang
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks cerita ulang?
|
||
2.
|
Ketepatan abstraksi teks cerita ulang
|
Sudah tepatkah abstraksi teks cerita ulang tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks cerita
ulang sesuai kaidah dan EYD?
|