RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK / SMA...
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok : Teks Cerita ulang
Tema/ topik : Membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan
impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
3.2. Membandingkan teks cerita
ulang baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
cerita ulang
·
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks cerita
ulang
dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
·
Memahami langkah-langkah memproduksi teks cerita ulang
·
Memproduksi teks cerita
ulang yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia dengan materi pokok teks cerita ulang
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
cerita ulang
2.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
3.
Memahami langkah-langkah memproduksi teks
cerita ulang
4.
Memproduksi teks cerita
ulang yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1. Contoh teks cerita ulang
2. Langkah-langkah membandingkan
teks cerita
ulang
3. Langkah-langkah memproduksi
teks cerita
ulang
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerita ulang (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerita ulang yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerita
ulang
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks cerita ulang
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan
teks cerita
ulang dari sumber belajar lain yang relevan
Peserta
didik
diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar membandingkan
teks cerita ulang
4.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
5.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
6.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
7.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
8.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks cerita ulang tersebut untuk membandingkan isi dan bahasa
9.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
10.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
11.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks cerita ulang
12.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan perbandingan
teks cerita ulang, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
13.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai perbandingan teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam membandingkan teks cerita ulang
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks cerita ulang
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks cerita ulang tersebut untuk kemudian memproduksi teks baru
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks cerita ulang sebelum mempresentasikan hasil produksi pada
pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks cerita ulang, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai produksi teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil produksi teks cerita ulang yang
telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
4.
Peserta
didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks cerita ulang kelompok
lain
5.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar memproduksi teks cerita ulang yang dibuat kelompok lain
6.
Peserta didik saling menilai hasil produksi teks
cerita ulang kelompok lain
7.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik
di kelas tersebut
10.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks cerita ulang
11.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks cerita ulang, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai memproduksi teks cerita
ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks cerita ulang yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas
seputar membandingkan dan memproduksi teks cerita ulang
5.
Peserta
didik mengikuti ulangan harian seputar membandingkan dan memproduksi teks cerita ulang
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks
cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
21
enit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah membandingkan teks cerita ulang
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks cerita ulang!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks cerita
ulang!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks cerita ulang:
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks cerita ulang
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks cerita ulang yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks cerita ulang
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks cerita
ulang
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks cerita ulang?
|
||
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks cerita ulang?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks cerita ulang sesuai kaidah dan EYD?
|