RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK / SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Cerita ulang
Tema/ topik :Membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia
Jumlah Pertemuan :
4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
3.3. Menganalisis teks cerita ulang
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah menganalisis teks
cerita ulang
·
Menganalisis
isi teks
cerita ulang dengan cermat.
·
Menganalisis bahasa teks cerita ulang dengan cermat.
4.3. Menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah menyunting teks cerita ulang
·
Menyunting isi sesuai dengan struktur isi
teks cerita ulang
·
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia dengan materi pokok teks cerita ulang ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
menganalisis teks cerita ulang
2. Menganalisis isi teks cerita ulang
3. Menganalisis bahasa teks
cerita ulang
4. Memahami
langkah-langkah menyunting teks cerita ulang
5. Menyunting
isi sesuai dengan struktur teks cerita ulang
6. Menyunting
bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1. Contoh teks cerita ulang
2. Langkah-langkah
menganalisis teks cerita ulang
3. Langkah-langkah menyunting
teks cerita
ulang
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerita ulang (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerita
ulang yang beredar di masyarakat dipancing oleh
guru dengan memperlihatkan contoh teks cerita
ulang
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks cerita ulang pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi analisis teks cerita ulang
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar analisis teks cerita ulang
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait
materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks cerita ulang tersebut untuk menganalisis isi dan bahasa
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai analisis teks cerita ulang
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan analisis
teks cerita ulang, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai analisis teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam menganalisis teks cerita ulang
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks cerita ulang
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi
menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing
kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik
mendiskusikan teks cerita
ulang tersebut untuk
menyuntingnya.
7.
Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah menyunting
teks cerita ulang sebelum mempresentasikan hasil suntingan pada pertemuan
berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan
santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai menyunting teks dan langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan menyunting teks cerita ulang, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai menyunting teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai menyunting teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil suntingan
teks cerita ulang yang
telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil suntingan milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang suntingan teks cerita ulang kelompok
lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar menyunting teks cerita ulang yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai suntingan teks
cerita ulang kelompok
lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan santun
peserta didik wakil kelompok mempresentasikan suntingan teks kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan suntingan terbaik di kelas
tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai menyunting teks cerita ulang
10.
Guru memberikan dua soal yang
berkaitan dengan menyunting
teks
cerita ulang, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai menyunting teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai menyunting teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks cerita ulang
yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas
seputar analisis dan menyunting teks cerita ulang
3.
Peserta
didik mengikuti ulangan harian seputar analisis dan menyunting teks cerita ulang
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai analisis dan menyunting teks cerita ulang
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai menyunting teks cerita ulang
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
21
enit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Imajinatif
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah analisis teks cerita ulang
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam menganalisis teks cerita ulang!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah menyunting teks cerita ulang
|
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerita
ulang terlampir kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks cerita ulang
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks cerita
ulang
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks cerita ulang?
|
||
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks cerita ulang
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks cerita ulang tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks cerita
ulang sesuai kaidah dan EYD?
|