Kegiatan 3 Penyusunan Teks Eksplanasi secara Mandiri, Tugas 1


Pada Kegiatan 3 ini kamu diminta membuat teks eksplanasi secara mandiri seperti teks “Gempa Bumi”. Kamu boleh mencari jenis teks lain di media massa, kemudian mengubahnya menjadi teks eksplanasi.
Tugas 1 Menyusun Teks Eksplanasi
Kegiatan menyusun teks secara mandiri dilakukan dalam dua tahap, yaitu tulis dan lisan. Teks yang akan kamu tulis harus sesuai dengan struktur teks eksplanasi. Setelah teks eksplanasi yang kamu susun itu sempurna, kamu diminta menyampaikannya secara lisan dengan pengucapan dan intonasi yang benar.
1) Untuk tugas tulis, lakukanlah tugas berikut sesuai urutan!
a) Tentukanlah topik yang akan kamu tulis!
b) Tulislah ide-ide pokok sesuai struktur teks eksplanasi!
c) Buatlah kerangka teks eksplanasi!
d) Kembangkanlah kerangka teks eksplanasi berdasarkan ide pokok pada butir b)!
e) Gunakanlah kaidah bahasa Indonesia yang benar (kohesi, konjungsi, dan kalimat simpleks)!
f) Lakukanlah pengecekan ulang terhadap teks yang sudah disusun, termasuk mencermati unsur kebahasaan, seperti kosakata, tata bahasa, dan tanda baca!
2) Untuk tugas lisan, coba kamu kerjakan tugas berikut!
a) Lakukanlah latihan melafalkan kata, istilah, dan lagu kalimat yang kamu anggap sulit!
b) Presentasikan hasil kerjamu di dalam kelompok (boleh membawa catatan kecil yang berisi kata-kata kunci dan urut-urutan kejadian, bisa dengan penomoran)!
c) Mintalah gurumu memeriksa hasil kerjamu itu! Kemudian, perbaikilah sesuai dengan sarannya sebelum kamu terbitkan di majalah sekolahmu!
d) Presentasikan hasil kerjamu di depan kelas (boleh membawa catatan kecil yang berisi kata-kata kunci dan urut-urutan kejadian, bisa dengan penomoran)!


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment