Tugas 3 Menyusun Teks Eksplanasi yang Urut dan Logis


Pada Tugas 3 ini kamu mempelajari teks eksplanasi lain yang sejenis dengan teks “Gempa Bumi”. Pada butir 1) kamu diminta menyusun teks yang diacak letak kalimatnya, kemudian pada butir 2) kamu diminta menjawab pertanyaan tentang bacaan tersebut. Jika jawaban butir 1) dan 2) dihubungkan, susunannya menjadi teks eksplanasi yang urut dan logis. Pada butir 3) kamu diminta untuk mencari ide pokok atau gagasan sesuai dengan struktur teks. Pada butir 4) kamu diminta menemukan unsur kebahasaan. Sementara itu, pada butir 5) kamu diminta menyusun teks eksplanasi yang urut dan logis dengan menggunakan kata-katamu.
1) Susunlah potongan-potongan teks berikut ini sesuai dengan urutan sehingga menjadi teks eksplanasi tentang pelangi yang urut dan logis! Untuk itu, berilah nomor urutan pada kolom yang sudah disediakan pada tabel berikut! Kerjakan dalam kelompok yang terdiri atas 2—3 orang anggota!
No.
Teks
Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat, dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya.
Setelah itu, warna-warna yang terpisah ini memantul di belakang tetes hujan dan memisah lebih banyak lagi saat meninggalkannya. Akibatnya, cahaya tampak melengkung menjadi kurva warna yang disebut pelangi.
Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.
Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari.
Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat.
Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudian dibelokkan atau dibiaskan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi sebuah warna spektrum.
Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar.
Pelangi tidak akan tampak pada malam hari atau ketika cuaca mendung. Hal itu terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya.
Diolah dari sumber Ilmu Pengatahuan Populer untuk Anak (2007), karya Hotimah dan M. Hariwijaya
2) Setelah tugas butir 1) kamu kerjakan, silakan jawab pertanyaan berikut!
a) Apakah pelangi itu?
b) Termasuk peristiwa atau bencana apakah pelangi itu?
c) Apakah sebab terjadinya pelangi?
d) Bagaimanakah pelangi terjadi?.
e) Dapatkah pelangi dilihat dengan mata biasa?
Kemudian, hubungkan jawaban tersebut dengan jawaban tugas butir 1) sehingga susunannya menjadi teks eksplanasi yang urut dan logis!
3) Diskusikan dengan temanmu ide pokok atau gagasan yang ada di dalam teks yang sudah kamu kerjakan itu. Apakah strukturnya sama dengan struktur teks eksplanasi yang sudah kamu pelajari sebelumnya? Kemudian, isilah bagan berikut sesuai hasil diskusi dengan temanmu!
No.
Struktur
Isi/Gagasan
1.
Pernyataan umum
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
2.
Deretan penjelasan
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
3.
Penutup/interpretasi
(jika ada)
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
.......................................................................................
4) Cermati hasil jawabanmu pada butir 3)! Sebutkan unsur kebahasaan, seperti konjungsi yang ada di dalamnya! Kemudian, diskusikan jawaban tersebut dengan temanmu! Setelah itu, kamu tulis lima contoh kalimat yang di dalamnya terdapat unsur kebahasaan seperti konjungsi yang ada di dalam teks tersebut!
5) Sekarang bacalah kembali teks tentang pelangi yang sudah kamu susun itu! Kemudian, susun kembali teks tersebut ke dalam bentuk teks eksplanasi yang singkat dan sederhana dengan menggunakan kata-kata dan kalimat kamu sendiri! Bandingkan hasil kerjamu dengan hasil kerja kelompok lain!


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment