Tugas 2 Mewawancarai Seseorang


Setelah memahami teks eksplanasi “Gempa Bumi” dan menyusun teks eksplanasi lain, tentu kamu ingin menerapkan Pembelajaran V ini dalam kehidupan nyata. Untuk itu, lakukanlah tugas berikut!
1) Buatlah daftar pertanyaan tentang peristiwa alam!
2) Gunakan pertanyaan tersebut untuk mewawancarai tokoh masyarakat atau teman di sekitarmu mengenai peristiwa alam yang kamu ketahui! Kemudian, tulislah hasil wawancara itu dalam kaidah bahasa Indonesia yang benar!
3) Diskusikan dengan temanmu permasalahan tentang peristiwa alam yang kamu tulis! Kemudian, coba kamu buat juga simpulan hasil diskusi tersebut!
Setelah Bab V selesai dibahas, kamu diharapkan memiliki kompetensi tentang teks eksplanasi, baik tentang stuktur yang menjadi bangunan teks maupun unsur kebahasaan yang terdapat di dalamnya. Pada akhir pembelajaran ini kamu mampu menulis teks eksplanasi kira-kira 12—15 kalimat. Selain itu, dalam menyikapi peristiwa alam, kamu tentu memiliki sikap dan perilaku seperti peduli, membantu, cinta tanah air, gotong royong yang akan kamu terapkan dalam kehidupanmu sehari-hari.


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment