RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK....
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Gemar
meneroka Alam Semesta
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2
Pertemuan
|
A. Kompetesi Dasar
1.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
1.2
Menginterpretasi teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun
tulisan
1.3
Mengabstraksi teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.4
Menyunting teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menanggapi isi teks
laporan hasil observasi
2.
Menata struktur teks laporan hasil observasi
3.
Meringkas isi teks laporan hasil observasi
4.
Menyunting teks laporan hasil observasi
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
dapat menanggapi isi teks
laporan hasil observasi
2.
Peserta didik
dapat menata struktur teks
laporan hasil observasi
3. Peserta didik dapat meringkas isi teks laporan hasil observasi
4.
Peserta didik dapat menyunting teks laporan hasil observasi yang
ideal
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu
pertemuan 4 X 45 menit
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek
(Project)
3. Metode
Diskusi, Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A.
Kegiatan Pendahuluan :
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik menerima
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti :
C.
Kegiatan Penutup:
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang langkah-langkah meringkas teks
laporan hasil observasi
2.
Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
3.
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif,
dan santun peserta didik membaca
teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru
4.
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun peserta didik secara
berkelompok meringkas teks
laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
5.
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja di depan kelas
6.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
7.
Peserta didik secara individu menyunting teks laporan
hasil observasi
8.
Hasil
pekerjaan siswa dikumpulkan untuk dinilai oleh guru
C. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I.
Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media
: LCD, Tayangan Video, Contoh
laporan hasil observasi
J.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru
agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menanggapi isi teks laporan hasil observasi “Makhluk
di Bumi Ini”
|
Tes tertulis
|
Uraian bebas
|
1.
Bacalah dan tanggapi isi teks laporan hasil observasi!
|
Menata struktur teks laporan hasil observasi
|
Test tertulis
|
Isian
|
2.
Tatalah struktur teks laporan hasil observasi yang ditayangkan pada
pembelajaran!
|
Meringkas teks laporan hasil
observasi
|
Teks tertulis
|
Isian Terurai
|
3.
Ringkaslah teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini!
|
Menyunting teks laporan
hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
|
Teks tertulis
|
Isian
|
4.
Suntinglah teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
|
Kunci Jawaban
1.
Tanggapan terhadap isi teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi
Ini”:
Struktur teks laporan hasil
observasi tersebut sudah urut dari pernyataan umum atau klasifikasi, diikuti
anggota/aspek yang dilaporkan.
Isi sudah lengkap dan sesuai
dengan judul teks.
2.
Jawaban bebas sesuai
3.
Ringkasan:
Benda di dunia ini dapat
diklasifikasikan berdasarkan persamaan dan perbedaannya. Secara umum ada dua
benda di dunia ini, yaitu benda hidup dan benda mati. Benda hidup dikelompokkan
menjadi dua, yaitu binatang dan tumbuh-tumbuhan. Binatang dapat dibagi menjadi
vertebrata dan avertebrata.
4.
Bebas sesuai.
Pedoman Penskoran
1. Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab baik dan sesuai
|
25
|
Peserta didik menjawab secara kurang baik/ kurang sesuai
|
20
|
Peserta didik menjawab tidak sesuai
|
10
|
2. Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab baik dan sesuai
|
25
|
Peserta didik menjawab kurang baik/ kurang sesuai
|
20
|
Peserta didik menjawab tidak sesuai
|
10
|
3. Soal nomor 3
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
25
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
20
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
4. Soal nomor 4
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab baik dan sesuai
|
25
|
Peserta didik menjawab kurang baik/kurang sesuai
|
20
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran : ...............................................................
Waktu
pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama
sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika
menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika
menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan
ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
No comments:
Post a Comment