RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK...
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Gemar
meneroka Alam Semesta
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2
Pertemuan
|
A. Kompetesi Dasar
1.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
1.2
Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun
tulisan
1.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.4
Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Memahami teks
laporan hasil observasi
2.
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
3.
Membedah struktur
teks laporan hasil observasi
4.
Menentukan syarat
teks laporan hasil observasi yang ideal
5.
Memahami kalimat
definisi dalam teks laporan hasil observasi
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
memahami teks laporan
hasil observasi
2.
Peserta didik
dapat mengidentifikasi teks
laporan hasil observasi
3.
Peserta didik dapat membedah struktur teks laporan hasil
observasi
4.
Peserta didik dapat menentukan syarat teks laporan hasil
observasi yang ideal
5.
Peserta didik dapat memahami kalimat definisi dalam teks
laporan hasil observasi
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
2.
Identifikasi teks laporan hasil observasi
3.
Struktur
teks laporan hasil observasi
4.
Syarat
teks laporan hasil observasi yang ideal
5.
Kalimat
definisi dalam teks laporan hasil observasi
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu
pertemuan 4 X 45 menit
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis
Penemuan (Discovery)
3. Metode
Diskusi, Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A.
Kegiatan Pendahuluan :
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik menerima
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti :
C.
Kegiatan Penutup:
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
tentang syarat teks laporan
hasil observasi yang ideal
2.
Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
3.
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif,
dan santun peserta didik membaca
teks laporan hasil observasi hal. 17-18
4.
Dengan sikap tanggung jawab, peduli,
responsip, dan santun peserta didik secara berkelompok memahami dan menentukan kalimat definisi dalam
teks laporan hasil observasi
5.
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja di depan kelas
6.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
7.
Peserta didik menyempurnakan kembali kalimat definisi berdasarkan umpan
balik dari guru
8.
Kelompok terbaik mendapat penghargaan dari
guru dan peserta didik lain
C. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I.
Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media
: LCD, Tayangan Video, Contoh
laporan hasil observasi
J.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru
agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi teks laporan
hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1.
Identifikasilah teks laporan hasil observasi!
|
Membedah struktur teks
laporan hasil observasi
|
Test tertulis
|
Isian
|
2.
Bedahlah struktur teks laporan hasil observasi, kemudian terapkan pada
laporan hasil observasi pada halaman 4 buku bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan Akademik!
|
Menjelaskan syarat teks
laporan hasil observasi yang ideal
|
Teks tertulis
|
Isian Terurai
|
3.
Jelaskan syarat teks laporan hasil observasi yang ideal!
|
Menemukan kalimat definisi
pada teks laporan hasil observasi
|
Teks tertulis
|
Isian Terurai
|
4.
Bacalah teks laporan hasil observasi “Sistem Peredaran Darah Manusia”
kemudian carilah kalimat definisi yang ada!
|
Kunci Jawaban
1.
Identifikasi teks laporan hasil observasi:
Berisi pengamatan terhadap
suatu objek (baik berupa benda ataupun peristiwa)
Terdapat kalimat definisi
Bersifat objektif sesuai
dengan kenyataan
2.
Struktur teks laporan hasil observasi;
Pernyataan umum
(klasifikasi)
Anggota (aspek yang dilaporkan)
Anggota (aspek yang
dilaporkan)
Anggota (aspek yang
dilaporkan)
3.
Syarat teks laporan hasil observasi yang ideal:
Struktur teks laporan hasil
observasi disajikan secara urut dimulai dari
Pernyataan umum
(klasifikasi)
Anggota (aspek yang
dilaporkan)
Anggota (aspek yang
dilaporkan)
Anggota (aspek yang
dilaporkan)
Lengkap
Informatif
4.
Kalimat definisi dalam teks laporan hasil observasi “Sistem Peredaran
Darah Manusia”:
Darah adalah cairan merah
yang kental.
Pembuluh darah arteri adalah
pembuluh darah yang lebar.
Jantung adalah organ yang
berbentuk seperti kerucut.
Pedoman Penskoran
1. Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
25
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
20
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
2. Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
25
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
20
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
3. Soal nomor 3
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
25
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
20
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
4. Soal nomor 4
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
25
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
20
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran : ...............................................................
Waktu
pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, jujur, disiplin,
dan santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama
sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika
menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika
menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan
ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
No comments:
Post a Comment