RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK....
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Gemar
meneroka Alam Semesta
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2
Pertemuan
|
A. Kompetesi Dasar
1.1
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
1.2
Menginterpretasi teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun
tulisan
1.3
Memproduksi teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mencari contoh teks
laporan hasil observasi
2.
Memproduksi teks laporan hasil observasi
3.
Mempublikasikan teks laporan hasil observasi
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik
dapat mencari contoh teks
laporan hasil observasi
2.
Peserta didik
dapat memproduksi teks
laporan hasil observasi
3.
Peserta didik dapat mempublikasikan teks laporan hasil
observasi
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi siswa
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu
pertemuan 4 X 45 menit
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek
(Project)
3. Metode
Diskusi, Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A.
Kegiatan Pendahuluan :
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik menerima
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti :
C.
Kegiatan Penutup:
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
2.
Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif,
dan santun peserta didik mempresentasikan
teks laporan hasil observasi yang telah
diproduksi secara individu
3.
Peserta
didik lain menanggapi teks laporan hasil observasi siswa
4.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
C. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I.
Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media
: LCD, Tayangan Video, Contoh
laporan hasil observasi
J.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru
agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mencari contoh teks laporan hasil observasi
|
Unjuk kerja
|
Uraian bebas
|
1.
Carilah contoh teks laporan hasil observasi!
|
Memproduksi teks laporan hasil observasi
|
Unjuk kerja
|
Uraian bebas
|
2.
Buatlah teks laporan hasil observasi yang ditayangkan pada
pembelajaran!
|
Mempublikasikan teks laporan
hasil observasi
|
Unjuk kerja
|
3.
Presentasikan teks laporan hasil observasi yang telah anda buat!
|
Kunci Jawaban
1)
Bebas sesuai
2)
Bebas sesuai
3)
Bebas sesuai
Pedoman Penskoran
1. Soal no. 1:
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik mencari contoh teks hasil observasi sesuai kriteria
|
30
|
Peserta didik mencari contoh teks hasil observasi yang kurang sesuai kriteria
|
20
|
Peserta didik mencari contoh teks, namun bukan teks hasil observasi
|
10
|
2. Soal no. 2 dan 3
PROFIL
PENILAIAN KEGIATAN SISWA
DALAM PELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI
Nama:
Judul:
Tanggal:
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
ISI
|
100
|
SANGAT BAIK: Menguasai topic, pengembangan
tesis-argumentasi-penegasan ulang pendapat secara lengkap, relevan dengan
topik yang dibahas
|
||
80-99
|
BAIK:
cukup
menguasai permasalahan, pengembangan tesis terbatas, pengembangan topik
memadai
|
|||
60-79
|
SEDANG: penguasaan permasalahan terbatas, kurang lengkap,
pengembangan topik memadai
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kurang lancar, kurang lengkap, topik sesuai
|
|||
0-39
|
KURANG:
Tidak lancar, tidak terorganisasi, tidak layak
dinilai
|
|||
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
STRUKTUR
TEKS
|
100
|
SANGAT BAIK: Menguasai topic tulisan, lengkap,
padat, jelas
|
||
80-99
|
BAIK:
cukup
menguasai permasalahan, pengembangan tesis terbatas, pengembangan topic
memadai
|
|||
60-79
|
SEDANG: penguasaan permasalahan terbatas, kurang lengkap,
pengembangan topic memadai
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kurang lancar, kurang lengkap, topic sesuai
|
|||
0-39
|
KURANG:
Tidak lancar, tidak terorganisasi, tidak layak
dinilai
|
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
KOSAKATA
|
100
|
SANGAT BAIK:
Penguasaan kosakata lengkap, tidak membingungkan,
bervariasi
|
||
80-99
|
BAIK:
Penguasaan kosakata lengkap, bervariasi kurang
begitu jelas
|
|||
60-79
|
SEDANG:
Penguasaan kosakata lengkap, kurang bervariasi,
kurang jelas
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kosakata kurang lengkap, kurang bervariasi, kurang
jelas
|
|||
0-39
|
KURANG:
Kosakata tidak lengkap, tidak layak dinilai
|
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
KALIMAT
|
100
|
SANGAT BAIK:
Kalimat efektif, tidak ambigu, hanya ada sedikit
kesalahan
|
||
80-99
|
BAIK:
Kalimat efektif, ada sedikit keambiguan, sedikit
kesalahan
|
|||
60-79
|
SEDANG:
Kalimat kurang begitu efektif, ada keambiguan, ada
kesalahan
|
|||
40-59
|
CUKUP:
Kalimat kurang efektif, ambigu, ada kesalahan
|
|||
0-39
|
KURANG:
Kalimat
tidak efektif, kurang layak dinilai
|
ASPEK
|
SKOR
|
KRITERIA
|
KOMENTAR
|
KETERANGAN
|
|
PENAMPILAN
|
100
|
SANGAT BAIK:
Menguasai teks, lancar, menguasai audiens
|
|||
80-99
|
BAIK:
cukup
menguasai teks, lancar, menguasai audiens,
|
||||
60-79
|
SEDANG: penguasaan teks terbatas, lancar, kurang menguasai
audiens
|
||||
40-59
|
CUKUP:
Kurang menguasai teks, lancar, kurang menguasai
audiens
|
||||
0-39
|
KURANG:
Tidak menguasai teks, tidak lancar.
|
||||
KOMENTAR
|
JUMLAH:
|
||||
PENILAI:
|
|||||
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran : ...............................................................
Waktu
pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama
sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika
menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika
menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan
ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
No comments:
Post a Comment