RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA/SMK....
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Budaya
Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2
Pertemuan
|
A. Kompetesi Dasar
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks,dan negosiasi
1.2
Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan
negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun tulisan
1.3
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, eksposisi
dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.4
Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
2.
Memahami teks eksposisi
3.
Mengidentifikasi teks eksposisi
4.
Membedah struktur
teks eksposisi
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks,dan negosiasi
2.
Peserta didik
dapat memahami teks eksposisi
3.
Peserta didik
dapat mengidentifikasi teks
eksposisi
4.
Peserta didik dapat membedah struktur teks eksposisi
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
2.
Identifikasi teks eksposisi
3.
Struktur
teks eksposisi
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu
pertemuan 4 X 45 menit
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Penemuan
(Discovery)
3.
Metode Diskusi, Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A.
Kegiatan Pendahuluan :
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik menerima
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti :
C.
Kegiatan Penutup:
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
tentang struktur teks
eksposisi
2.
Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
3.
Dengan sikap tanggung jawab peserta didik membaca teks eksposisi “Ekonomi
Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris”
4.
Peserta
didik secara berkelompok membedah
struktur teks eksposisi tersebut.
5.
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja di depan kelas
6.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
7.
Peserta didik menyempurnakan kembali hasil kerja berdasarkan umpan
balik dari guru
8.
Kelompok terbaik mendapat penghargaan dari
guru dan peserta didik lain
C. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I.
Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media
: LCD, Tayangan Video, Contoh
laporan hasil observasi
J.
Penilaian
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru
agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1.
Identifikasilah ciri-ciri teks eksposisi!
|
Membedah struktur teks eksposisi
|
Test tertulis
|
Uraian
|
2.
Bedahlah struktur teks eksposisi, kemudian terapkan pada teks eksposisi
“Ekonomi
Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris”!
|
Kunci Jawaban
1.
Identifikasi teks eksposisi:
Berisi paparan informasi
Cenderung bersifat abstrak
Terdapat tesis, argumentasi,
dan penegasan ulang pendapat
2.
Struktur teks eksposisi “Ekonomi
Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris”:
Pernyataan pendapat (tesis): Indonesia menjadi buah bibir
pada saat pelaksanaan Sidang tahunan Internasional…….. pada tahun 2030.
Argumentasi: keyakinan itu
tentu beralasan. Indonesia diperkirakan…..dalam beberapa side meeting
Penegasan ulang pendapat:
Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF…..pilihan ada di tangan kita.
Pedoman Penskoran
1.
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
50
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
2.
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
50
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta didik menjawab salah
|
10
|
Mengetahui, Kota, tanggal
Kepala Sekolah.... Guru mapel
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran : ...............................................................
Waktu
pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsif, dan
santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama
sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika
menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika
menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan
ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
No comments:
Post a Comment