RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
lk
lk
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA/SMK.....
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Budaya
Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2
Pertemuan
|
A. Kompetesi Dasar
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks,dan negosiasi
1.2
Menganalisis teks
anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan
negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun tulisan
1.3
Mengabstraksi teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.4
Menyunting teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
2.
Menemukan unsur
kebahasaan dalam teks eksposisi
3.
Mengeksplorasi isi teks eksposisi
4.
Mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
2. Peserta didik
dapat menemukan
unsur kebahasaan dalam teks eksposisi
3. Peserta didik
dapat mengeksplorasi isi teks
eksposisi
4.
Peserta didik dapat mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu
pertemuan 4 X 45 menit
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Penemuan
(Discovery)
3.
Metode Diskusi, Penugasan
H.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A.
Kegiatan Pendahuluan :
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik menerima
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti :
C.
Kegiatan Penutup:
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang urutan paragraph sesuai struktur teks
eksposisi
2.
Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
3.
Peserta didik
membuka teks eksposisi “Pemimpin Sosial dan Politik Tidak Harus Mempunyai
Pendidikan Formal yang Tinggi” untuk mengurutkan paragraf-paragraf di
dalamnya.
4.
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja di depan kelas
5.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru
C.
Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I.
Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media
: LCD, Tayangan Video, Contoh
laporan hasil observasi
J. Penilaian
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru
agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1.
Carilah unsur-unsur kebahasaan yang terdapat pada teks eksposisi
“Integrasi ASEAN dalam Plurilingualisme”
|
Mengeksplorasi teks eksposisi
|
Test tertulis
|
Uraian
|
2.
Eksplorasilah teks eksposisi “Untung Rugi Perdagangan Bebas”
|
Mengurutkan paragraf dalam
teks eksposisi
|
Teks tertulis
|
Isian Terurai
|
3.
Susunlah secara
urut paragraph di dalam teks eksposisi “Pemimpin Sosial dan Politik Tidak
Harus Mempunyai Pendidikan Formal yang Tinggi”!
|
Kunci Jawaban
1.
Unsur kebahasaan yang ada dalam teks eksposisi “Integrasi ASEAN dalam
Plurilingualisme”:
Pronomina: kita, saya
Verba: berintegrasi,
merancang, dll.
Nomina: bangsa, rakyat, dll.
Adjektiva: multiguna, sulit,
dll.
2.
Jawaban bebas sesuai
3.
Urutan yang tepat:
2-1-4-3
Pedoman Penskoran
1. Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar sempurna
|
40
|
Peserta didik menjawab benar
|
30
|
Peserta didik menjawab salah
|
20
|
2. Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab baik dan sesuai
|
40
|
Peserta didik menjawab kurang baik/ kurang sesuai
|
30
|
Peserta didik menjawab tidak sesuai
|
20
|
3. Soal nomor 3
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
20
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
10
|
Peserta didik menjawab salah
|
0
|
Mengetahui, Kota, tanggal
Kepala Sekolah Guru mapel
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran : ...............................................................
Waktu
pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama
sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika
menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika
menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan
ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Responsif
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
No comments:
Post a Comment