RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMA/SMK...
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/I
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Topik
|
:
|
Proses
Menjadi Warga yang Baik
|
Jumlah Pertemuan
|
:
|
2
Pertemuan
|
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kemanusiaan, kebangsaan, kenegaran, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan mintanya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetesi Dasar
1.1
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
1.2
Menganalisis teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks,
eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.3
Memproduksi teks
anekdot, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.
Mencari contoh cerpen yang mengandung teks prosedur
kompleks
3.
Menemukan teks prosedur
kompleks dalam cerpen
4.
Membuat teks prosedur kompleks dari cerpen
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.
Peserta didik dapat
mencari contoh cerpen yang mengandung teks prosedur kompleks
3.
Peserta didik dapat menemukan teks prosedur kompleks
dalam cerpen
4.
Peserta didik dapat
membuat teks prosedur kompleks dari cerpen
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh cerpen yang mengandung teks prosedur kompleks
F.
Alokasi Waktu
Alokasi waktu pertemuan 4 X 45
menit
G.
Strategi/Metode/Pendekatan
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Proyek
(Project)
3. Metode
Diskusi, Penugasan
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan 1
|
A.
Kegiatan Pendahuluan :
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3. Peserta didik menerima
informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti :
C.
Kegiatan Penutup:
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
Pertemuan 2
|
A.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
B.
Kegiatan Inti
1.
Peserta
didik membaca contoh cerpen yang mengandung teks prosedur kompleks pada hal.
72 “RT 03 RW 22, JALAN BELIMBING ATAU JALAN “ASMARADANA”..
2.
Dengan sikap tanggung jawab peserta didik
secara individual membuat
teks prosedur kompleks dari isi cerpen pada hal. 72 “RT 03 RW 22, JALAN
BELIMBING ATAU JALAN “ASMARADANA”.
3.
Dengan sikap tanggung jawab, peduli,
responsif, dan santun peserta didik mempresentasikan
hasil kerja secara individual.
4.
Peserta
didik lain menanggapi dengan santun dan responsif
5.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru
C. Kegiatan Penutup
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru
4.
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran
|
10 menit
70 menit
10 menit
|
I.
Sumber/Media
Pembelajaran
Sumber :
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media
: LCD, Tayangan Video, Contoh teks prosedur kompleks
J.
Penilaian
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Proses
|
Lembar Pengamatan
|
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru
agama & PKn
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mencari cerpen yang
mengandung teks prosedur kompleks
|
Unjuk kerja
|
1.
Carilah contoh cerpen yang mengandung teks prosedur kompleks!
|
|
Mencari teks prosedur kompleks dari contoh cerpen
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
2.
Carilah teks prosedur kompleks dari cerpen tersebut!
|
Membuat teks prosedur kompleks dari cerpen
|
Unjuk kerja
|
Keterampilan menulis
|
3.
Buatlah teks prosedur kompleks dari cerpen “RT 03 RW 22, JALAN BELIMBING ATAU JALAN
“ASMARADANA”..
|
Kunci Jawaban
1.
Bebas sesuai
2.
Bebas sesuai
3.
Bebas sesuai
Pedoman Penskoran
1. Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik mencari contoh cerpen yang mengandung teks prosedur kompleks secara benar
dan sesuai
|
30
|
Peserta didik mencari contoh cerpen yang sesuai namun hanya sedikit mengandung teks
prosedur kompleks
|
20
|
Peserta didik mencari contoh cerpen namun tidak mengandung teks prosedur kompleks
|
10
|
2. Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik mencari teks prosedur kompleks secara lengkap dari cerpen
|
30
|
Peserta didik mencari teks prosedur kompleks secara kurang lengkap
|
20
|
Peserta didik mencari teks prosedur kompleks secara tidak lengkap
|
10
|
3. Soal nomor 3
No.
|
Kunci/Kriteria Jawaban/Aspek
yang Dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Isi
Isi amat sesuai tema
Isi kurang sesui
dengan tema
Isi tidak sesuai dengan
tema
|
Amat baik
Baik
Kurang
|
8-10
5-7
2-4
|
2.
|
Organisasi
·
Amat teratur dan rapi, amat
jelas, kaya akan gagasan, urutan amat logis, kohesi amat tinggi
·
Teratur dan rapi, jelas,
banyak gagasan, urutan logis,kohesi tinggi
·
Kurang teratur dan rapi, kurang
jelas, kurang gagasa, urutan kurang logis, kohesi kurang tinggi
|
Amat baik
Baik
kurang
|
8-10
5-7
2-4
|
3.
|
Bahasa (Tata Bahasa
dan Struktur)
·
Amat menguasai tata bahasa,
amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata
·
Penggunaan dan penyusunan
kalimat sederhana, sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna
·
Kesulitan dalam penggunaan
dan penyusunan kalimat sederhana, kesalahan tata bahasa yang mengaburkan
makna
|
Amat baik
Baik
Kurang
|
8-10
5-7
2-4
|
4.
|
Kerapian
·
Sangat rapi
·
Rapi
·
Kurang rapi
|
Amat baik
Baik
Kurang
|
8-10
5-7
2-4
|
Mengetahui, Kota, tanggal
Kepala Sekolah Guru Mapel
Lampiran
1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata
Pelajaran : ...............................................................
Kelas/
Semester : ...............................................................
Tahun
Ajaran : ...............................................................
Waktu
pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama
sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika
menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi
masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika
menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan
adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan
ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Santun
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1.
|
|||||||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||||||||
5.
|
|||||||||||||||||||||
...
|
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
No comments:
Post a Comment