RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/SMK KURIKULUM 2013 (BAB 3 PERTEMUAN 3,4)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan
:
SMA/SMK.....
Kelas / Semester
:
X/I
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Topik
:
Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan
:
2 Pertemuan
A.       Kompetesi Dasar
1.1         Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
1.2         Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun tulisan
1.3         Mengabstraksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.4         Menyunting teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
2.                           Menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi
3.             Mengeksplorasi isi teks eksposisi
4.             Mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi
D.       Tujuan Pembelajaran
1.    Peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
2.    Peserta didik  dapat menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi
3.    Peserta didik dapat mengeksplorasi isi teks eksposisi
4.    Peserta didik dapat mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi

E.       Materi Pembelajaran     
1.      Contoh teks eksposisi

F.        Alokasi Waktu
Alokasi waktu pertemuan 4 X 45 menit

G.       Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.            Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.            Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery)
3.            Metode Diskusi, Penugasan
H.      Kegiatan Pembelajaran
     
Pertemuan ke
Langkah-langkah
Alokasi waktu
Pertemuan 1

A.     Kegiatan Pendahuluan
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.      Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

B.     Kegiatan Inti     :
  1. Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berhubungan  dengan contoh teks eksposisi
  2. Peserta didik duduk sesuai kelompok  yang dipandu oleh guru
  3. Dengan bertanggung jawab, peduli, dan santun peserta didik mendiskusikan teks eksposisi  untuk menemukan unsur kebahasaan di dalam teks “Integrasi ASEAN dalam Plurilingualisme”
  4. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi
  5. Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
  6. Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru
  7. Sebagai pengayaan dan pendalaman materi, peserta didik mengeksplorasi teks eksposisi “Untung Rugi Perdagangan Bebas”
  8. Peserta didik mengumpulkan hasil kerja sebagai nilai tugas

C.     Kegiatan Penutup:
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.        Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.        Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4.        Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

10 menit











70 menit























10 menit
Pertemuan  2
A.     Kegiatan Pendahuluan
1.        Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.        Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.        Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

B.     Kegiatan Inti
1.        Peserta didik menjawab pertanyaan tentang urutan paragraph sesuai struktur teks eksposisi
2.        Peserta didik duduk berdasarkan kelompoknya
3.        Peserta didik membuka teks eksposisi “Pemimpin Sosial dan Politik Tidak Harus Mempunyai Pendidikan Formal yang Tinggi” untuk mengurutkan paragraf-paragraf di dalamnya.
4.        Peserta didik mempresentasikan hasil kerja di depan kelas
5.        Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru

C. Kegiatan Penutup
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.        Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.        Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4.        Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
10 menit










70 menit












10 menit

I.      Sumber/Media Pembelajaran
Sumber      : Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media        : LCD, Tayangan Video, Contoh laporan hasil observasi

J.      Penilaian
1.                                                                            Penilaian Proses
                           
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru agama & PKn
2.
Tanggung Jawab
3.
Jujur
4.
Responsif
5.
Santun
 
2.      Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Menemukan unsur kebahasaan dalam teks eksposisi
Tes tertulis

Isian
1.     Carilah unsur-unsur kebahasaan yang terdapat pada teks eksposisi “Integrasi ASEAN dalam Plurilingualisme”
Mengeksplorasi teks eksposisi
Test tertulis
Uraian
2.    Eksplorasilah  teks eksposisi “Untung Rugi Perdagangan Bebas”

Mengurutkan paragraf dalam teks eksposisi
Teks tertulis
Isian Terurai
3.    Susunlah secara urut paragraph di dalam teks eksposisi “Pemimpin Sosial dan Politik Tidak Harus Mempunyai Pendidikan Formal yang Tinggi”!
Kunci Jawaban

1.          Unsur kebahasaan yang ada dalam teks eksposisi “Integrasi ASEAN dalam Plurilingualisme”:
Pronomina: kita, saya
Verba: berintegrasi, merancang, dll.
Nomina: bangsa, rakyat, dll.
Adjektiva: multiguna, sulit, dll.
2.          Jawaban bebas sesuai
3.          Urutan yang tepat:
2-1-4-3

Pedoman Penskoran
1.      Soal nomor 1
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar sempurna
40
Peserta didik menjawab benar
30
Peserta didik menjawab salah
20

2.      Soal nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab baik dan sesuai
40
Peserta didik menjawab kurang baik/ kurang sesuai
30
Peserta didik menjawab tidak sesuai
20


3.      Soal nomor 3
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
20
Peserta didik menjawab tidak lengkap
10
Peserta didik menjawab salah
 0





                       

Mengetahui,                                                                                Kota, tanggal



Kepala Sekolah                                                                            Guru mapel



















Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Indikator perkembangan sikap religius tanggung jawab, peduli, responsip, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan ajeg atau konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung Jawab
Jujur
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















...






















Keterangan:
5          : Kurang
6          : Sedang
7          : Baik
8          : Sangat Baik




No comments:

Post a Comment