PEMBELAJARAN EDITORIAL: PERTEMUAN 2

Editorial: Pertemuan kedua

A. Contoh Editorial: 



B. Materi Editorial:

3.6.

Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks editorial.

Isi: permasalahan aktual yang dibungkus dengan opini penulisnya.

Struktur:

1.      Pernyataan pendapat

2.      Argumentasi

3.      Pernyataan ulang pendapat

Unsur kebahasaan:

1.      Adverbial frekuentatif

2.      Verba mental dan verba relasional

3.      Konjungsi

4.      Istilah

Menganalisis: menguraikan suatu pokok ke bagian-bagiannya, menelaah hubungan antar bagian, untuk mendapatkan pemahaman yang utuh

Isi: inti/ bagian pokok

Struktur: pengaturan unsur

Kebahasaan: perihal bahasa

: menguraikan suatu teks editorial ke bagian-bagiannya untuk mendapatkan pemahaman yang utuh

Langkah-langkah:

1.      Membaca secara saksama teks editorial

2.      Menguraikan isi, struktur, bahasa sesuai bagian-bagiannya

3.      Mencari isi/ makna teks editorial (untuk mendapatkan pemahaman yang utuh)

4.6.

Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

Merancang: mengatur segala sesuatu, merencanakan

Teks: wacana tertulis, kata-kata asli dari pengarang

Editorial: artikel dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan pendirian editor atau pimpinan surat kabar mengenai beberapa pokok masalah; tajuk rencana

Struktur: pengaturan unsur

Kebahasaan: perihal bahasa

: merencanakan teks editorial dengan memerhatikan pengaturan unsur dan kebahasaan

Langkah-langkah:

1.      Menentukan topik yang akan diangkat

2.      Mengumpulkan dan menyeleksi berita

3.      Menganalisis berita

4.      Menentukan opini yang sesuai untuk membungkus berita agar menjadi editorial yang tepat

5.      Menyunting editorial

 

3.5.

Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial.

Mengidentifikasi: menentukan identitas

Informasi: pemberitahuan

Pendapat: buah pemikiran

Alternatif: pilihan di antara dua kemungkinan

Solusi: penyelesaian, pemecahan masalah

Isu: masalah yang dikedepankan, desas-desus

: menentukan identitas informasi (berupa pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam sebuah teks editorial.

Langkah-langkah:

1.     Membaca secara saksama teks editorial

2.     Menentukan identitas informasi sesuai isi

 

 

 

 

 

 

 

4.5.

Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis

Menyeleksi: pemilihan, penyaringan

Ragam: macam, jenis

Informasi: pemberitahuan

: memilih jenis informasi yang sesuai sebagai bahan teks editorial.

Jenis informasi sebagai bahan editorial:

Berita teraktual dan terpopuler hari itu

Berita yang paling banyak dibicarakan

Langkah-langkah:

1.      Mencari dan mengumpulkan berita

2.      Pilihlah berita yang teraktual dan terpopuler pada hari itu

3.      Pahami isi berita

4.      Gunakan sebagai bahan penulisan editorial dengan menganalisis dan membungkusnya dengan opini

 

 

 

 

 

 

 

 

 


No comments:

Post a Comment