PEMBELAJARAN CERAMAH: PERTEMUAN KEDUA

PEMBELAJARAN CERAMAH: PERTEMUAN KEDUA 
CONTOH CERAMAH ADA PADA VIDEO PERTEMUAN PEKAN YANG LALU.

MATERI CERAMAH
KOMPETENSI DASAR : Ceramah 
3.23. Menganalisis informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.23. Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan 
3.24. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan 4.24. Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat 


PENDAHULUAN 
Ceramah adalah salah satu kegiatan berbicara yang sangat sering dilakukan di dalam masyarakat. Keterampilan berbahasa tentunya sangat berpengaruh pada penguasaan kemampuan ceramah oleh seseorang. Bila ceramah disandingkan dengan khotbah, tentunya dapat diambil benang merah antara dua kegiatan tersebut. Begitu pula jika disandingkan dengan pidato. Tentunya perlu dikaji lebih lanjut persamaan dan perbedaan antara beberapa kata tersebut. 

HAKIKAT TEKS CERAMAH 
Arti Teks Ceramah Menurut KBBI, teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang.Sedangkan ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. Jadi dapat disimpulkan bahwa teks ceramah adalah naskah yang berisi pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dsb. 

Ciri-ciri Teks ceramah: 1. Berisi materi mengenai sesuatu sesuai topik yang diangkat 2. Diawali dengan pendahuluan (salam pembuka, penghormatan, ucapan puji syukur, pengantar materi) 3. Diikuti isi atau materi pokok ceramah 4. Diakhiri dengan penutup (penutup materi, ucapan permohonan maaf, salam penutup) 5. Menggunakan bahasa baku 

Struktur Teks Ceramah 1. Pendahuluan 2. Isi 3. Penutup Syarat struktur teks ceramah yang ideal 1. Struktur teks lengkap dan urut 2. Sebab dan akibat diikat oleh hubungan yang logis 3. Bahasa ilmiah 

Ciri bahasa teks ceramah: 1. Bahasa ilmiah 2. Bahasa mudah dipahami pendengar Langkah-langkah menganalisis teks ceramah: 1. Baca teks ceramah 2. Lihatlah kesesuaian judul dengan isi 3. Lihatlah struktur teks ceramah dari segi kelengkapan dan urutan 4. Lihatlah bahasa yang digunakan 5. Simpulkan makna teks ceramah 


KD 3.23. Menganalisis informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan 
Langkah-langkah menganalisis informasi dalam ceramah:
1. Baca teks ceramah 2. Lihatlah kesesuaian judul dengan isi (informasi berupa permasalahan aktual dalam ceramah) 3. Lihatlah struktur teks ceramah dari segi kelengkapan dan urutan 4. Simpulkan makna teks ceramah 

KD 3.24. Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan 

Langkah-langkah menganalisis teks prosedur: 1. Baca teks ceramah 2. Lihatlah kesesuaian judul dengan isi 3. Lihatlah struktur teks ceramah dari segi kelengkapan dan urutan 4. Lihatlah bahasa yang digunakan 5. Simpulkan makna teks ceramah

Langkah-langkah menginterpretasi (menafsirkan) makna ceramah: 1. Bacalah teks ceramah dengan saksama 2. Pahami struktur teks ceramah kompleks 3. Pahami dan ambil makna yang terdapat pada teks 

Langkah-langkah membandingkan teks ceramah: 1. Tetapkan dua/ lebih teks ceramah 2. Pahami struktur teks ceramah, lihatlah urutan dan kelengkapannya 3. Pahami makna yang ada, dari segi isi dan kejelasan 4. Lihatlah bahasa yang digunakan 5. Simpulkan kekurangan dan kelebihan dua teks 6. Nilai dan bandingkan dua teks tersebut. 

Langkah-langkah memproduksi teks ceramah: 1. Tetapkan tema 2. Tetapkan tujuan teks ceramah 
3. Tulislah teks ceramah dalam bahasa yang sesuai 4. Teliti kembali teks ceramah yang telah anda buat, bila ada kesalahan/ kekurangan, perbaikilah 

Langkah-langkah menganalisis teks eksplanasi: 1. Baca teks ceramah 2. Lihatlah kesesuaian judul dengan isi 3. Lihatlah struktur teks ceramah dari segi kelengkapan dan urutan 4. Lihatlah bahasa yang digunakan 5. Simpulkan makna teks ceramah 

Langkah-langkah menyunting teks ceramah: 1. Baca teks ceramah 2. Pahami isi , bila ada ketidaksesuaian tandailah dan revisilah 3. Teliti bahasa teks ceramah, bila ada ketidaksesuaian tandailah dan revisilah 

Langkah-langkah mengidentifikasi teks eksplanasi: 1. Baca contoh teks ceramah 2. Cermati kekhasan bahasa dan isi teks ceramah secara umum 3. Simpulkan ciri-ciri kebahasaan dan isi teks ceramah 

Langkah-langkah mengabstraksi teks ceramah: 1. Baca contoh teks ceramah 2. Cermati isi pokok teks ceramah 3. Tulis kembali ceramah tersebut dalam bentuk yang lebih ringkas dengan bahasa yang kreatif 

Langkah-langkah mengevaluasi teks ceramah: 1. Baca teks ceramah 2. Teliti isi teks ceramah: a. Kesesuaian judul dengan isi teks b. Kejelasan isi c. Kesesuaian dengan kriteria teks ceramah yang ideal 3. Teliti bahasa teks ceramah a. Penggunaan kalimat efektif b. Kesesuaian dengan PUEBI c. Koherensi kalimat 4. Kesimpulan penilaian

Langkah-langkah mengonversi teks ceramah: 1. Baca teks ceramah 2. Pahami makna/ isi 3. Ubahlah teks ceramah ke dalam bentuk teks lain yang telah ditetapkan 

PEMODELAN TEKS CERAMAH 
TEKS CERAMAH 1
LINGKUNGAN HIDUP 
Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang saya cintai, Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, perkenankan saya menyampaikan pidato dalam rangka Hari Lingkungan Hidup, untuk dijadikan renungan bagi Saudara-saudaraku semua. Namun sebelumnya marilah kita memanjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas segala limpahan rahmatNya sehingga kita dikaruniai kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di tempat ini. Saudara-saudaraku, Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang adanya penebangan-penebangan liar yang membabi buta yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak punya kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti. Berapa ribu meter kubik kayu telah mereka jarah. Sementara setelah itu mereka tinggalkan lahan yang sudah sedemikian kritis yang sangat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat. Saudara-saudaraku, Sadarlah, bahwa lingkungan kita ini merupakan sebuah sistem yang saling terkait antara yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya kita rusak maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya. Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak hutan, penebangan liar dan pembabatan hutan yang hanya mementingkan aspek bisnis tanpa mau peduli terhadap kelestarian lingkungan. Lestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup segenap komponen alam. Terima kasih atas perhatian Saudara-Saudaraku. Sekian.

TEKS CERAMAH 2 

NARKOBA 
Assalamu’alaikum Wr Wb Yang terhormat kepala sekolah Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha Dan teman-teman yang saya cintai Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba. Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya. Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah. Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan. Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri. Wassalamu’alaikum Wr. Wb..

No comments:

Post a Comment