Tugas 2 Menyusun Teks Eksemplum

Tugas 2 Menyusun Teks Eksemplum

Teks eksemplum dapat disusun dengan menggunakan kata-kata sendiri. Untuk itu, kamu harus betul-betul memahami apa yang disampaikan di dalam bagian orientasi, insiden, dan interpretasi. Pada tugas 2 ini kamu diminta untuk menyusun teks eksemplum  dengan kata-kata sendiri, kemudian melaporkannya kepada teman dan gurumu.
1) Kembangkan kalimat utama “Rhandawa mengalami peristiwa yang menjengkelkan pagi ini,” menjadi uraian yang berisi pengenalan tokoh Rhandawa yang menjadi pelaku utama dalam cerita yang akan kamu buat. Kamu harus ingat bahwa dalam mengembangkan kalimat tersebut kamu tidak boleh keluar dari ide pokok yang ada dalam kalimat tersebut. Gunakanlah konjungsi yang tepat agar kalimat-kalimat dalam uraian yang kamu buat lebih padu! Hasil pengembangan kalimat utama yang kamu buat akan menjadi bagian orientasi dalam teks eksemplum. Kerjakan pengembangan kalimat tersebut dalam tabel berikut ini!
Orientasi Rhandawa mengalami peristiwa yang menjengkelkan pagi ini. .......................................................................... .......................................................................... .......................................................................... .......................................................................... ..........................................................................
2) Kembangkan kalimat yang terdapat pada tabel berikut menjadi uraian yang memperlihatkan insiden yang dialami oleh tokoh Rhandawa yang sudah kamu kerjakan pada (Tugas Butir 1). Kamu harus ingat bahwa dalam mengembangkan kalimat tersebut kamu tidak boleh keluar dari ide yang ada dalam bagian insiden. Gunakanlah konjungsi yang tepat agar kalimat-kalimat dalam uraian yang kamu buat lebih padu!
Insiden Rhandawa baru pindah ke perumahan itu seminggu yang lalu. Pada hari Selasa kemarin, tetangga dekat rumahnya mengadakan pesta. Mereka mendatangi Rhandawa dan memberi tahu bahwa mereka akan mengadakan pesta. .......................................................................... .......................................................................... .......................................................................... ..........................................................................
3) Kembangkan kalimat  dalam tabel berikut menjadi uraian yang berisi interpretasi pengarang terhadap persoalan yang dihadapi tokoh utama berdasarkan apa yang sudah kamu kerjakan pada Tugas Butir 1) dan 2). Kamu harus ingat bahwa dalam mengembangkan kalimat tersebut kamu tidak boleh keluar dari ide pokok yang ada dalam bagian intrepretasi. Gunakanlah konjungsi yang tepat agar kalimat-kalimat dalam uraian yang kamu buat lebih padu.
Interpretasi Ini benar-benar menjengkelkan. Bagaimana mungkin seseorang memarkir mobilnya tepat di depan pintu  rumah yang menutupi jalan ke luar. Yang menjengkelkan adalah Rhandawa tidak dapat berbuat apa-apa. Dia harus menunggu pemiliknya datang dan memindahkan mobil itu. .......................................................................... .......................................................................... .......................................................................... ..........................................................................
4) Setelah Tugas 2 butir 1), 2), dan 3) kamu kerjakan, gabungkan kalimat- kalimat dalam uraian bagian orientasi, insiden, dan interpretasi itu menjadi sebuah cerita eksemplum yang utuh dan padu. Agar itu dapat terwujud, kamu harus mahir menggunakan konjungsi-konjungsi yang dapat menghubungkan antarbagian-bagian itu. Lakukan tugas tersebut dalam tabel berikut!

Judul:------------------ (Tentukan judul cerita sesuai dengan keinginanmu)
  Rhandawa mengalami peristiwa yang menjengkelkan pagi ini. ................. ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... Rhandawa baru pindah ke perumahan itu seminggu yang lalu. Pada hari Selasa kemarin, tetangga dekat rumahnya mengadakan pesta. Mereka mendatangi Rhandawa dan memberi tahu bahwa mereka akan mengadakan pesta. ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... Ini benar-benar menjengkelkan. Bagaimana mungkin seseorang memarkir mobilnya tepat di depan pintu  rumah yang menutupi jalan ke luar. Yang menjengkelkan adalah Rhandawa tidak dapat berbuat apa-apa. Dia harus menunggu pemiliknya datang dan memindahkan mobil itu. ........................ ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ...................................................................................................................... ......................................................................................................................

Sebagai tugas akhir dalam kerja mandiri menyusun teks eksemplum, kamu diminta menyusun teks eksemplum tentang peristiwa yang pernah kamu atau orang lain alami. Data yang dapat membantu dalam penyusunan teks tersebut dapat kamu cari di media massa atau karya-karya yang sudah diterbitkan. Untuk itu, lakukan tugas berikut sesuai dengan perintah!
1) Tentukan tema teks eksemplum yang akan kamu susun! Tema tersebut dapat berhubungan dengan diri sendiri, orang lain, atau tokoh-tokoh
2) Kembangkan tema tersebut menjadi kalimat-kalimat dengan menggunakan kata-kata sendiri dalam bahasa Indonesia yang benar!
3) Susun dan gabunglah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi teks eksemplum yang urut dan logis. Kalimat-kalimat yang kamu gabung itu sesuai dengan bagian struktur teks eksemplum. Agar keterkaitan di antara kalimat-kalimat dalam setiap bagian itu tampak, kamu harus menggunakan konjungsi antarkalimat yang tepat.
4) Agar penggunaan bahasa teks yang kamu susun itu sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karyamu itu. Kamu dapat menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan.
5) Setelah teks eksemplum hasil kerja mandirimu selesai, minta guru atau temanmu untuk membacanya! Kemudian, mintalah saran perbaikan dari mereka!
6) Perbaiki teks hasil kerjamu itu sesuai dengan saran dan masukan guru! Kemudian, masukkan pada format penulisan berikut ini!
Bahasa Indonesia 71
Tugas Mandiri   : PenyusunanTeks Eksemplum Nama                 :................................................... Kelas                 :...................................................
Hasil Kerja:
------------------------------------------ (Judul teks silakan kamu tentukan)     …………………………………………………………………………..………         ……………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………. ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………...…………………………………………………………… ……………………....................................................... (Orientasi)
……………………………………………………………………………….…..… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………...…………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………...................................(Insiden)
……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………............................................... ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ………………………...…………………………………………………………… …………………….................................................... (Interpretasi)
Untuk melatih bahasa lisanmu, mintalah waktu kepada guru untuk menceritakan atau memaparkan hasil kerjamu itu di depan kelas. Kamu boleh menggunakan catatan kecil atau kata-kata kunci yang akan memandumu ketika tampil di depan kelas.
Jika hasil penyusunan teksmu bagus, masukkanlah ke majalah dinding sekolah sehingga dapat diterbitkan. Kamu juga dapat menggabungkan hasil kerja semua siswa, kemudian jilid dan letakkan di perpustakaan sekolah. Hasil karyamu tentu akan dibaca dan dinikmati orang lain.



sumber: buku pegangan siswa kelas IX bahasa Indonesia kurikulum 2013

No comments:

Post a Comment