Tugas 1 Menangkap Makna Teks Eksemplum

Tugas 1 Menangkap Makna Teks Eksemplum
Desa Sukasari
Sebuah teks dapat ditangkap maknanya apabila kosakata yang ada di dalam teks itu diketahui maknanya. Selain itu, kalimat yang merupakan gabungan kata-kata atau frasa harus pula diketahui maknanya. Jika itu dapat kamu lakukan, isi dan pesan-pesan yang terkandung di dalam teks akan lebih mudah kamu pahami. Pada Tugas 1 ini kamu diminta secara mandiri untuk menangkap makna teks “Desa Sukasari” yang menjadi bahan pembelajaran. Dengarkanlah guru atau temanmu membaca teks berikut, kemudian jawablah pertanyaan yang terdapat di bawahnya.
Desa Sukasari sedang berduka. Karena hujan deras terus-menerus selama tiga hari, tanah longsor menimpa permukiman warga yang berada di lereng bukit. Tidak sedikit rumah penduduk yang dilanda longsor, bahkan longsor juga menelan korban warga yang terkenal damai itu. Kejadian berawal dari hari Senin pagi (tanggal 15 Januari 2013), tanah di lereng bukit sudah banyak yang terkikis karena air hujan. Sudah sejak Jumat malam hujan terus-menerus turun di Desa Sukasari. Warga masih bertahan di rumah karena merasa masih cukup aman, tidak akan terjadi apa-apa. Selasa siang keadaan masih dirasa cukup aman. Selasa sore hujan semakin deras. Sampai malam hujan belum juga reda. Karena derasnya hujan, sekitar pukul 20.00 WIB tanah mulai longsor. Tanah longsor yang berasal dari bukit dan tebing itu datang tiba-tiba. Banyak warga yang tidak mengetahui dan menyadari kedatangan longsor itu. Warga mulai panik menyelamatkan diri. Mereka membawa harta benda yang bisa diselamatkan. Namun, ada beberapa warga yang tidak sempat menyelamatkan diri. Mereka tertimbun bersama rumah dan harta bendanya. Perkiraan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Tanah longsor terjadi karena kelalaian warga sendiri. Hutan tempat menampung air hujan sudah gundul dan tidak berfungsi lagi. Reboisasi hampir tidak pernah terjadi. Penduduk menebang hutan tanpa diimbangi dengan penanaman kembali. Penduduk Desa Sukarsari tidak menyadari bahwa penebangan hutan yang mereka lakukan selama ini mengkibatkan banjir.  Warga Desa Sukasari tidak dapat berbuat banyak. Mereka hanya dapat menatap dan menyaksikan apa yang terjadi dan menimpa mereka. Mereka sadar betul bahwa mereka juga berperan sehingga longsor terjadi di desa mereka. Kejadian tanah longsor tersebut memberikan hikmah bahwa manusia boleh memanfaatkan alam, tetapi juga harus menjaga dan melestarikan alam. Jika itu dapat dilakukan, hubungan antara manusia dan alam  akan tetap baik dan damai.
Diolah dari sumber: www.tribunnews.com/tag/tanah-longsor

Setelah kamu mendengarkan guru atau temanmu membacakan teks “Desa Sukasari” di atas, baca dan cermati lagi kata-kata yang ada di dalam teks tersebut. Kemudian, deskripsikanlah makna kata yang ada di dalam kalimatnya. Kerjakanlah tugas tersebut dalam format seperti berikut!

No. Kata/istilah Makna Kata dalam Kalimat
1 panik 2 longsor 3 menelan 4 lereng 5 gundul 6 reboisasi
7 hikmah 8 seimbang 9 lestari
10 baik dan damai
Setelah kamu mengetahui makna kata-kata sulit di dalam teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1) Apa yang terjadi di Desa Sukasari? Kapan terjadinya peristiwa tersebut?
2) Mengapa peristiwa itu terjadi?
3) Apa akibat peristiwa itu?
4) Bolehkah kita menebang pohon setiap saat tanpa mematuhi peraturan yang ada?
5) Apa akibatnya jika pohon-pohon di hutan selalu ditebang?
6) Apa yang disampaikan penulis pada paragraf pertama?
7) Apa pula yang disampaikan penulis pada paragraf kedua dan ketiga?
8) Apa pesan yang ingin disampaikan penulis melalui teksnya itu?
66 Kelas IX SMP/MTs
9) Apa hikmah yang dapat kamu ambil setelah membaca teks tersebut?
10) Bagaimanakah seharusnya sikap kita terhadap alam dan lingkungan kita?
11) Perlukah kita melestarikan keberadaan ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa ini?
12) Mengapa kita harus melestarikan keberadaan alam ini?
Setelah teks “Desa Sukasari” di atas kamu pahami dan pertanyaan tentang teks itu kamu jawab, kamu tentu menyadari bahwa alam ini begitu penting bagi kelangsungan hidup manusia. Keseimbangan ekosistem tidak akan tercapai apabila alam rusak. Oleh karena itu, manusia harus menjaga alam ini agar tetap lestari. Kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan alam ini untuk kita. Sebagai rasa syukur kita, jaga dan rawatlah alam yang indah ini agar keseimbangan ekosistem tetap terjaga.
Pengetahuanmu tentang alam akan bertambah apabila kamu dapat memahami makna kata atau istilah yang berhubungan dengan alam. Untuk itu, berikut ini akan disajikan beberapa kata atau istilah tentang alam yang sering kamu jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Carilah makna kata atau istilah berikut di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau kamus (buku) lain yang dapat membantumu, kemudian buatlah kalimat dengan menggunakan kata-katamu sendiri. Pengerjaan tugas ini dapat kamu lakukan dalam format berikut ini!
No. Kata atau Istilah
1 vulkanik
Kalimat:
2 erosi
Kalimat:
3 cagar alam
Kalimat:
4 tektonik
Kalimat:
5 pembalakan Kalimat:
6 mutualisme
Kalimat:

sumber: buku pegangan siswa kelas IX bahasa Indonesia kurikulum 2013