Tugas 2 Menyusun Teks Eksemplum

Tugas 2 Menyusun Teks Eksemplum

Pada Tugas 2 ini kamu diajak untuk menyusun teks eksemplum yang urut dan logis berdasarkan pada dua bagian. Bagian pertama  berkaitan dengan penyusunan teks eksemplum yang teksnya sudah disediakan, sedangkan bagian kedua berhubungan dengan penyusunan teks eksemplum yang teksnya belum disediakan. Agar dapat melakukan penyusunan teks eksemplum berdasarkan kedua hal tersebut, kamu harus memahami struktur dan ciri yang dimiliki oleh teks eksemplum.
Pada bagian ini tugas yang akan kamu lakukan berkaitan dengan penyusunan teks eksemplum berdasarkan teks cerita “Pak Lebai”. Teks itu sudah ada, tetapi kalimat dan bagian struktur teksnya belum urut. Sebagai sebuah cerita rakyat, cerita “Pak Lebai” sangat manarik dan bagus untuk dibaca. Pesan moral yang ingin disampaikan penulis tidak hanya berkaitan dengan perjuangan hidup seorang laki-laki, tetapi juga berkenaan dengan hubungan silaturahim antarmanusia yang harus tetap dijaga. Untuk menyusun teks eksemplum  “Pak Lebai” dan memahami ceritanya, lakukan tugas berikut dalam kelompok yang terdiri atas 2—4 orang sesuai dengan perintah!
1) Susun dan urutkanlah potongan-potongan teks “Pak Lebai” berikut ini sehingga menjadi teks eksemplum yang urut dan logis!
Pak Lebai

a) Karena Pak Lebai datang lebih awal ketika pesta belum mulai. Dia tidak mendapat apa-apa. Apalagi dia tidak begitu kenal dengan orang yang mengundangnya. b) Pak Lebai pun memutuskan untuk segera pergi menuju desa hilir sungai. Ia mengayuh perahunya dengan cepat karena tidak ingin terlambat. c) Ketika sampai di sana, pesta sudah selesai. Hati Pak Lebai sangat sedih karena Pak Lebai juga tidak mendapat kepala kerbau dan kue-kue. d) Hikmah yang dapat diambil adalah bahwa manusia tidak boleh serakah dalam menjalani hidup ini. e) Kalau ia pergi ke pesta di hilir sungai, ia akan mendapat hadiah satu kepala kerbau yang dimasak dengan enak. Ia juga kenal betul dengan tuan rumah tersebut.Tuan rumah juga akan memberi tamu-tamunya tambahan kue-kue. f) Kalau pergi ke desa hulu sungai, dia belum begitu kenal dengan tuan rumah yang mengundangnya itu.  Menurut informasi, masakan orang-orang di desa hulu sungai tidak seenak masakan orang-orang di desa hilir sungai. g) Pak Lebai berpikir keras untuk mendapatkan semuanya. Beberapa saat kemudian, Pak Lebai cepat-cepat mengayuh perahunya menuju desa hulu sungai. Ia datang lebih cepat dari tetangganya. h) Pesta tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan. Pak Lebai mempertimbangkan untung rugi kedua undangan tersebut. Ia berpikir bahwa kalau ia pergi ke pesta di desa hulu sungai, tuan rumah akan memberinya hadiah dua kepala kerbau. i) Pak Lebai duduk lemas dalam perahunya karena tidak mendapat apa pun. Dia tidak dapat berbuat apa-apa karena kedua pesta itu tidak dapat dihadirinya. j) Pak Lebai adalah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya yang tinggal di desa-desa tetangga.

Diolah dari sumber: Ny. S.D.B. Aman,”Lebai Malang,” Folk Tales From Indonesia dan http://wwwseasite.niu.edu/ Indonesian/budaya_bangsa/cerita_rakyat/default.htm
2) Untuk mengetahui pemahamanmu tentang isi teks eksemplum Pak Lebai di atas, jawablah pertanyaan dengan jelas dan singkat!
a) Siapakah tokoh utama dan tokoh pendamping dalam teks di atas? b) Apa pekerjaan Pak Lebai dan di mana dia tinggal? c) Berapa undangan yang diterima Pak Lebai pada hari itu? Siapa pengirim undangan tersebut? d) Apakah Pak Lebai mengenal kedua orang yang mengirim undangan itu? e) Apa yang dilakukan Pak Lebai agar dapat menghadiri kedua undangan tersebut? f) Apakah yang diperoleh Pak Lebai setelah memenuhi kedua undangan itu? g) Bagaimana perasaan Pak Lebai setelah mengahadiri undangan tersebut?
3) Cermati kembali hasil kerja kelompokmu itu! Apakah hasil kerjamu itu sudah sesuai dengan struktur dan ciri teks eksemplum? Kamu dapat mendiskusikan hasil kerjamu itu dengan guru atau anggota kelompok lain.
4) Untuk melatih bahasa lisanmu, kamu diminta menyebutkan ide pokok yang terdapat pada tiap paragraf teks cerita “Pak Lebai” yang telah kamu susun! Kemudian, tuliskan dalam format berikut ini! Diskusikan hasil jawabanmu dengan temanmu!

No. Paragraf Ide Pokok
1
Paragraf 1
………………………………………………..
2
Paragraf 2
………………………………………………..
3
Paragraf 3
………………………………………………..
4
Paragraf 4
………………………………………………..
5
Paragraf 5
            ………………………………………………
5) Ceritakan hasil kerjamu itu kepada temanmu! Setelah itu, mintalah waktu kepada gurumu untuk mempresentasikan hasil kerjamu di depan kelas! Kamu boleh membawa catatan kecil yang berisi kata- kata penting agar kamu tidak lupa.
Setelah menyusun teks eksemplum berdasarkan teks yang sudah ada, sekarang kamu diminta menyusun teks eksemplum yang data atau teksnya belum ada. Kamu harus mencari data tentang teks eksemplum di media massa cetak atau elektronik, kemudian olah data itu menjadi kalimat-kalimat verbal yang mudah dipahami. Kalimat-kalimat itu kamu gabung dengan menggunakan konjungsi yang tepat sehingga menjadi paragraf.   Apabila paragraf digabung dan diletakkan sesuai dengan bagian struktur teks eksemplum, teks yang kamu susun akan menjadi sebuah teks eksemplum yang mudah untuk dipahami. Untuk mengerjakan kegiatan ini, penugasan yang dilakukan berbasis pada proyek. Penugasan berbasis proyek membutuhkan waktu tertentu (agak lama) untuk menyelesaikannya. Berikut ini disajikan contoh desain kegiatan penyusunan teks berbasis proyek. Silakan baca dan cermati!

Desain Penyusunan Teks Eksemplum Berbasis Proyek
No. Jenis Informasi Keterangan
1 Nama Kelompok Rudy Hartono
2 Kelas IX-3
3 Ketua dan Anggota Ketua:      Tazkia Prifa Maharani Anggota:  1. Rhandawa Syuhada                 2. Aufa 'DX¿QD
4 Judul/Topik proyek Penyusunan teks eksemplum
5 Jenis tugas Tugas kelompok
6 Sumber bahan Media massa, majalah, koran, internet, wawancara 7 Cara pengumpulan bahan Studi kepustakaan dan studi lapangan
8 Cara analisis bahan Pengolahan data/fakta/informasi menjadi pernyataan verbal berupa: a. penyusunan kalimat topik pada setiap struktur bagian teks, b. pengembangan kalimat topik dengan kalimat pengembang, c. penyusunan paragraf yang sesuai dengan struktur teks eksemplum, d. penyuntingan kalimat yang disesuaikan dengan unsur kebahasan teks eksemplum, e. penggabungan paragraf menjadi teks eksemplum yang padu.
9 Wujud hasil analisis Teks eksemplum dengan urutan struktur (orientasi, insiden, interpretasi) dan penggunaan unsur bahasa yang tepat
Bahasa Indonesia 43
10 Cara pelaporan Tulis dan publikasi
11 Jadwal pelaksanaan Tiga minggu a. Minggu I   : pengumpulan data b. Minggu II  : pengolahan data c. Minggu III : pelaporan, penyusunan teks, dan   publikasi
Sekarang coba kamu rancang kegiatan penyusunan teks eksemplum berbasis proyek dengan mengisi format berikut ini. Agar penyusunan teks eksemplummu tertata dengan baik, lakukanlah tugas berikut secara berkelompok dengan anggota terdiri atas  3—4 orang!
Desain Penyusunan Teks Eksemplum Berbasis Proyek
No. Jenis Informasi Keterangan
1 Nama Kelompok
…………………………………………… 2
Kelas …………………………………………… 3
Ketua dan Anggota …………………………………………… …………………………………………… 4
Judul/Topik proyek …………………………………………… …………………………………………… 5
Jenis tugas …………………………………………… …………………………………………… 6 Sumber bahan …………………………………………… ……………………………………… 7 Cara pengumpulan bahan …………………………………………… …………………………………………… 8
 Cara analisis bahan …………………………………………… …………………………………………… …………………………………………… 9
Wujud hasil analisis …………………………………………… …………………………………………… 10
Cara pelaporan …………………………………………… …………………………………………11 Jadwal pelaksanaan
…………………………………………… …………………………………………… …………………………………………… ……………………………………………
Untuk menindaklanjuti desain kegiatan penyusunan teks eksemplum yang sudah kamu rancang itu, jawab dan kembangkanlah pertanyaan-pertanyaan berikut! 1) Carilah data berupa informasi tentang tema/judul proyek yang kamu rancang di atas dari media cetak atau elektronik seperti koran, majalah, atau internet! 2) Olah (ubah) data dalam teks itu menjadi kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dipahami. Kamu harus menggunakan konjungsi intrakalimat (seperti dan, tetapi, karena) yang tepat untuk menghubungan data menjadi kalimat yang benar. 3) Kelompokkan kalimat-kalimat yang telah kamu susun itu ke dalam bagian struktur teks eksemplum, yaitu orientasi, insiden, dan interpretasi. Untuk memudahkanmu, lakukan tugas butir 1, 2, dan 3 di atas dalam format berikut ini!
Butir No.1 dapat kamu jadikan sebagai contoh pengisian.
No. Data Pengolahan data
Struktur
Teks
1
2
3
4
dst.

Pak Lebai, guru agama, hidup, tepi sungai, desa, Sumatra Barat………… ……………... ……………… ……………… ……………… ……………... ………………
1.Pak Lebai adalah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatera Barat. ………………………………………….. ………………………………………….. …………………………………………. …………………………………………. ………………………………………….. ………………………………………….. …………………………………………. ………………………………………….
orientasi

1
2
3
4
dst.
Pesta, diadakan, hari, waktu, sama ……………… ……………... ……………… ……………… ……………… ……………... ………………
1. Pesta tersebut diadakan pada waktu yang bersamaan. ………………………………………….. …………………………………………. ………………………………………….. …………………………………………. ………………………………………….. ………………………………………….. …………………………………………. ………………………………………….
deskripsi teks
1
2
dst.
Pak Lebai, duduk, perahu, tidak mendapat apa pun. ……………… ……………… ……………... ………………
1. Pak Lebai duduk lemas dalam perahunya karena tidak mendapat apa pun.
…………………………………………. ………………………………………….. ………………………………………….. ………………………………………….
interpretasi
Untuk menindaklanjuti format yang kamu isi itu, lakukan tugas berikut!
1) Susun dan gabunglah kalimat-kalimat dalam kolom pengolahan data yang telah dikelompokkan itu menjadi sebuah paragraf yang baik dan mudah dipahami. Agar keterkaitan di antara kalimat- kalimat dalam setiap bagian itu tampak, kamu harus menggunakan konjungsi antarkalimat, seperti akan tetapi, sementara itu, walaupun demikian.
2) Susun dan gabungkanlah paragraf-paragraf tersebut sesuai dengan urutan bagian struktur teks eksemplum yang diawali dengan bagian orientasi, kemudian insiden, lalu ditutup dengan bagian interpretasi.

3) Agar penggunaan bahasa teks yang kamu susun itu sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, cermati dan teliti kembali hasil karyamu itu! Kamu dapat menggunakan buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai acuan.
4) Agar hasil kerja kelompokmu itu tertata dengan baik, masukkan teks hasil penyusunan ke dalam format berikut ini!
Tugas Kelompok    : Penyusunan Teks Eksemplum Nama Kelompok     :.................... Ketua                       :.................... Anggota                  :....................
Hasil Kerja:
------------------------------------------ (Judul teks silakan kamu tentukan)       ………………………………………………………………………………… …………. …………………………………………………………………….…… ……………………..………………………………………………………….…… ………………...............................………………………………………….…… …………………………………………………………………………………...… …………………………………………………………………...………………… …………………………………………………………… (Orientasi)
       ………………………………………………………………………………… ………….………………………………………………………………………….. ……………………..………………………………………………………………. ….……………...............................……………………………………………… ...…………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………...………………… ……………………………………………………………  (Insiden)
     ……..…………………………………………………………………………… …………...………………………………………………………………………… …………….………..……………………………………………………………… …………….…...............................……………………………………………… ……………...……………………………………………………………………… …………………………………………………………………...………………… ………………………………………………..……….......(Interpretasi)

Kamu tentu senang karena sudah dapat menghasilkan teks eksemplum secara berkelompok sesuai dengan ciri teks eksemplum. Kamu juga sudah menerapkan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang berlaku. Akan tetapi,  jangan lupa bahwa bahasa lisanmu juga harus dilatih. Untuk itu, lakukanlah tugas-tugas berikut!
1) Lakukanlah latihan melafalkan (pronunciation) kata, istilah, dan lagu kalimat yang ada di dalam teks yang telah kamu susun! 2) Ceritakan teks eksemplum yang kamu hasilkan tersebut kepada anggota kelompok lain. Kamu boleh membawa catatan kecil yang berisi kata- kata kunci dan urutan kejadian tentang teks yang kamu susun! 3) Ceritakan hasil penyusunan teks kerja kelompok yang kamu tulis itu di depan kelas. Kamu boleh membawa catatan kecil yang berisi kata-kata kunci dan urut-urutan kejadian!
Agar hasil kerja kelompokmu dapat dibaca orang lain, gabunglah dengan hasil kerja kelompok lain. Kemudian, berikan ke perpustakaan sekolah agar dibaca oleh banyak orang!


sumber: buku pegangan siswa kelas IX bahasa Indonesia kurikulum 2013

No comments:

Post a Comment