RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok :
Teks Ulasan
Tema/ topik :
Mengulas secara Kritis Film dan Drama
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
Indikator
1.1.1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
Indikator
2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
|
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks
cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1. Mengungkapkan
kembali struktur teks ulasan
3.1.2. Mengungkapkan kembali kaidah teks
ulasan
4.1. Menginterpretasi makna teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.
Menginterpretasi makna teks ulasan
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan
pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Mengulas
secara kritis ulasan dengan materi pokok teks ulasan ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali struktur teks ulasan
4.
Mengungkapkan kembali kaidah teks
ulasan
5.
Menginterpretasi makna teks ulasan
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks ulasan
a. Tulis
5 cm yang Terlampau Jauh
Judul film :
5 cm
Produser :
Sunil Soraya, Ram Soraya
Sutradara :
Rizal Mantovani
Pemain :
Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Ralin
Syah
Durasi :
126 menit
Mana
yang lebih terjal: persahabatan, kecintaan pada negeri sendiri, atau jalur
pendakian Semeru? “5 cm” seperti kebingungan memilah ketiganya. Adaptasi novel
laris Donny Dhirgantoro ini terasa terpotong-potong, tanpa ada bangunan cerita
yang berkesinambungan. Alhasil “5 cm” baru sebatas baik sebagai tontonan ,
sebagai kumpulan gambar yang indah, mengharukan.
5
cm dibuka dengan perkenalan lima sekawan: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot
ali), Arial (Denny Sumargo), Riani (Ralin Shah), dan Ian (Saykoji). Kelimanya
merasa jenuh dengan satu sama lain. Genta menyarankan untuk tidak bertemu dulu
selama beberapa waktu dan semuanya setuju. Dst. ... .
b. Struktur
teks ulasan:
Judul ulasan
Identitas
Pendahuluan
Sinopsis
Penilaian
Simpulan
Kaidah teks ulasan:
Objek: yang dibahas adalah filmn/ seni pentas/
drama
Pendapat: teks berisi sejumlah pendapat
Bahasa: menggunakan kata atau istilah perfilman/
pementasan
c.
Interpretasi makna
Berusaha menafsirkan makna teks ulasan.
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery
Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks ulasan (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap
tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali struktur isi teks ulasan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Struktur teks ulasan yang
berfungsi memberikan informasi mengenai film
yang diulas disebut… .
2. Salah
satu fungsi judul dalam sebuah teks ulasan adalah… .
3. Struktur teks ulasan yang terakhir yaitu … .
4. Simpulan teks ulasan berisi… ..
5. Ringkasan cerita film dalam sebuah teks ulasan
terdapat pada struktur yang bernama …
|
2. Mengungkapkan kembali kaidah bahasa teks ulasan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.
Kaidah ulasan diarahkan pada dua hal yaitu
kaidah…. dan… .
7.
Kaidah kebahasaan ulasan adalah adanya bahasa
... .
8.
Bahasa yang mudah dicerna adalah bahasa yang
dianjurkan dalam ulasan karena… .
9.
Kaidah isi
teks ulasan misalnya dalam hal objek berisi… .
10. Apakah ulasan
boleh bersifat fiktif?
|
1.Identitas
2.Memberi
informasi mengenai isi teks ulasan secara tersirat
3.Simpulan
4.Singkat, padat, memandu, dan
inspiratif
5.Sinopsis
6.Isi, bahasa
7.Yang
mengandung kata ataupun istilah perfilman/ pementasan
8.Bahasa tersebut lebih mudah dicerna
semua kalangan
9.Film/
pentas
10.
Tidak. Teks ulasan harus bersifat
nonfiktif/ ilmiah.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 – 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2. Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks ulasan terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks ulasan
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
ulasan
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks ulasan?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks ulasan sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment