RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI BAB 5 KD 3.1. 4.1. TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMK ... .

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : XI/2

Materi Pokok               : Teks Ulasan

Tema/ topik                  : Mengulas secara Kritis Film dan Drama

Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                      

Alokasi Waktu             : 1 X 45 menit 

A.       Kompetensi Inti

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
Indikator
1.1.1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
     Indikator
     2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran

3.1. Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan

 Indikator

3.1.1.      Mengungkapkan kembali struktur teks ulasan

3.1.2.   Mengungkapkan kembali kaidah teks ulasan

4.1. Menginterpretasi makna  teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan mupun  tulisan

Indikator

4.1.1.   Menginterpretasi makna teks ulasan

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Mengulas secara kritis ulasan dengan materi pokok teks ulasan ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:

1.                            Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.                            Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran

3.                            Mengungkapkan kembali struktur teks ulasan

4.                            Mengungkapkan kembali kaidah  teks ulasan

5.                            Menginterpretasi makna teks ulasan

 

D.       Materi Pembelajaran    

1.       Contoh teks ulasan

 

a. Tulis

5 cm yang Terlampau Jauh

Judul film          : 5 cm

Produser            : Sunil Soraya, Ram Soraya

Sutradara          : Rizal Mantovani

Pemain              : Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Ralin Syah

Durasi                : 126 menit

 

            Mana yang lebih terjal: persahabatan, kecintaan pada negeri sendiri, atau jalur pendakian Semeru? “5 cm” seperti kebingungan memilah ketiganya. Adaptasi novel laris Donny Dhirgantoro ini terasa terpotong-potong, tanpa ada bangunan cerita yang berkesinambungan. Alhasil “5 cm” baru sebatas baik sebagai tontonan , sebagai kumpulan gambar yang indah, mengharukan.

            5 cm dibuka dengan perkenalan lima sekawan: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot ali), Arial (Denny Sumargo), Riani (Ralin Shah), dan Ian (Saykoji). Kelimanya merasa jenuh dengan satu sama lain. Genta menyarankan untuk tidak bertemu dulu selama beberapa waktu dan semuanya setuju. Dst. ... .

b. Struktur teks ulasan:

Judul ulasan

Identitas

Pendahuluan

Sinopsis

Penilaian

Simpulan

Kaidah teks ulasan:

Objek: yang dibahas adalah filmn/ seni pentas/ drama

Pendapat: teks berisi sejumlah pendapat

Bahasa: menggunakan kata atau istilah perfilman/ pementasan

c. Interpretasi makna

Berusaha menafsirkan makna teks ulasan.

E.       Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific

2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)

3.    Metode Diskusi, Penugasan

 

F.        Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD

2.                                                                              Tayangan teks ulasan  (lisan maupun tulis)

 

G.    Sumber Belajar

ü Buku Bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

ü KBBI

ü Internet

 

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

     
Kegiatan
 
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Inti  :
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Penutup:
 
1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
 
1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks ulasan yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks ulasan
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks ulasan   dari sumber lain.
3.      Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar ulasan  yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks ulasan  serta interpretasi makna teks ulasan  untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh ulasan lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks ulasan  serta interpretasi makna teks ulasan .
7.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks ulasan yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks ulasan , serta interpretasi makna teks ulasan
10.  Peserta didik dipersilakan menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks ulasan  serta hasil interpretasi makna teks ulasan .
1.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
130 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
30 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis

2.                     Prosedur penilaian:

1.                                                                            Penilaian Proses

1.1.Pengamatan (sikap)

No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan
 
2.
Tanggung jawab

          Kisi-kisi penilaian

No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)
 
3
Skor
(SELALU)
 
4
1.
Spiritual
(Religius)
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
 
 
 
 
2.
Tanggung jawab
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b.      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
c.       tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.       Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri
 
 
 
 

Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan modus.

2.      Penilaian Hasil

2.1.  Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali  struktur isi teks ulasan
Tes tertulis (kuis)
Isian
1. Struktur teks ulasan yang berfungsi memberikan informasi mengenai film yang diulas disebut… .
2. Salah satu fungsi judul dalam sebuah teks ulasan adalah… .
3. Struktur teks ulasan yang terakhir yaitu  … .
4. Simpulan teks ulasan berisi… ..
5. Ringkasan cerita film dalam sebuah teks ulasan terdapat pada struktur yang bernama
2. Mengungkapkan kembali kaidah bahasa teks ulasan
Tes tertulis (kuis)
Isian
6.                  Kaidah ulasan diarahkan pada dua hal yaitu kaidah…. dan… .
7.      Kaidah kebahasaan ulasan adalah adanya bahasa ... .
8.      Bahasa yang mudah dicerna adalah bahasa yang dianjurkan dalam ulasan karena… .
9.      Kaidah isi teks ulasan misalnya dalam hal objek berisi… .
10.  Apakah ulasan boleh bersifat fiktif?

 

1.Identitas

2.Memberi informasi mengenai isi teks ulasan secara tersirat

3.Simpulan

4.Singkat, padat, memandu, dan inspiratif

5.Sinopsis

6.Isi, bahasa

7.Yang mengandung kata ataupun istilah perfilman/ pementasan

8.Bahasa tersebut lebih mudah dicerna semua kalangan

9.Film/ pentas

10.              Tidak. Teks ulasan harus bersifat nonfiktif/ ilmiah.

  Pedoman Penskoran

 

Soal nomor 1 – 10

Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
7
Peserta didik menjawab salah
3
Peserta didik tidak menjawab
0

 

2.2.      Tes praktik-proyek ( keterampilan )

Interpretasilah makna teks ulasan terlampir!

Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks ulasan

No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks ulasan
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks ulasan?
 
 
2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks ulasan sesuai kaidah dan EYD?
 
 

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

 

Mata Pelajaran             : ...............................................................

Kelas/ Semester                       : ...............................................................

Tahun Ajaran               : ...............................................................

Waktu pengamatan                  : ...............................................................

 

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

 

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Tanggung jawab
TP
K
SR
SL
TP
K
SR
SL
1.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5.