RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/2
Materi Pokok : Teks Ulasan
Tema/ topik : Mengulas secara Kritis Film dan Drama
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, ulasan, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama
Indikator
1.2.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan
sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.2. Membandingkan
teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1 Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks ulasan
3.2.2.Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks ulasan dengan cermat.
4.2. Memproduksi
teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks ulasan
4.2.2.
Memproduksi teks ulasan yang
koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran mengulas secara kritis ulasan dengan
materi pokok teks ulasan ini siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku peduli dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks ulasan
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks ulasan
5.
Mengungkapkan langkah-langkah memproduksi teks
ulasan
6.
Memproduksi teks ulasan yang
koheren
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks ulasan
- Tulis
5 cm yang Terlampau Jauh
Judul film :
5 cm
Produser :
Sunil Soraya, Ram Soraya
Sutradara :
Rizal Mantovani
Pemain :
Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Ralin
Syah
Durasi :
126 menit
Mana
yang lebih terjal: persahabatan, kecintaan pada negeri sendiri, atau jalur
pendakian Semeru? “5 cm” seperti kebingungan memilah ketiganya. Adaptasi novel
laris Donny Dhirgantoro ini terasa terpotong-potong, tanpa ada bangunan cerita
yang berkesinambungan. Alhasil “5 cm” baru sebatas baik sebagai tontonan ,
sebagai kumpulan gambar yang indah, mengharukan.
5
cm dibuka dengan perkenalan lima sekawan: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot
ali), Arial (Denny Sumargo), Riani (Ralin Shah), dan Ian (Saykoji). Kelimanya
merasa jenuh dengan satu sama lain. Genta menyarankan untuk tidak bertemu dulu
selama beberapa waktu dan semuanya setuju. Dst. ... .
b. Struktur
teks ulasan:
Judul ulasan
Identitas
Pendahuluan
Sinopsis
Penilaian
Simpulan
Kaidah teks ulasan:
Objek: yang dibahas adalah filmn/ seni pentas/
drama
Pendapat: teks berisi sejumlah pendapat
Bahasa: menggunakan kata atau istilah perfilman/
pementasan
2.
Langkah-langkah
membandingkan teks ulasan
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah
memproduksi teks ulasan
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks ulasan (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks ulasan yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks ulasan
2.
Peserta didik diberikan
basic
concept (konsep dasar) dengan cara mengamati
serta membaca referensi contoh teks ulasan lain yang
sesuai dengan fenomena di masyarakat
4.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks ulasan yang
telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks ulasan
yang disampaikan guru.
6. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan
produksi teks ulasan.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah ulasan
dengan tema tertentu.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil
produksi teks ulasan.
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
13. Peserta didik dipersilakan untuk
menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks ulasan dan hasil produksi
teks ulasan sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi
penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan sikap peduli
dalam mengerjakan tugas secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
e.
Menjenguk
teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah
membandingkan teks ulasan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah membandingkan ulasan yang pertama adalah…
2. Secara
umum, perbandingan ulasan dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Ulasan
yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum membandingkan ulasan hendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
|
2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks ulasan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi ulasan adalah… .
7.
Menetapkan tujuan ulasan adalah langkah
produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi ulasan
adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10. Apakah ulasan
harus bersifat fiktif?
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Terakhir
6.
Menetapkan tema teks
7.
Dua
8.
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi
teks dan kaidah bahasa
9.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
10.
Tidak selalu, cerpen dapat bersifat fiktif ataupun
kebalikannya.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
- 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks ulasan yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks ulasan
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks ulasan
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks ulasan?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks ulasan
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks ulasan?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks ulasan sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment