RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok
: Teks Eksplanasi
Tema/ topik :
Menjelaskan Sebab dan Akibat Peristiwa Alam
dan Sosial
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, eksplanasi , eksplanasi , eksplanasi kompleks, dan
film/drama
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.4.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan
kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.
Menunjukkan sikap dan bahasa
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3.4. Mengevaluasi teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun
tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkankembali langkah-langkah mengevaluasi teks eksplanasi
3.4.2.
Mengevaluasi
kelebihan teks eksplanasi dengan
cermat.
3.4.3.
Mengevaluasi
kekurangan teks eksplanasi dengan
cermat.
4.4. Mengabstraksi teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks eksplanasi
4.4.2. Mengabstraksi
teks eksplanasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Menjelaskan Sebab dan Akibat Peristiwa Alam dan Sosial dengan materi pokok teks eksplanasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan sikap dan bahasa
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks eksplanasi
4. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks eksplanasi
5. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks eksplanasi
6.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
eksplanasi
7.
Mengabstraksi teks eksplanasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksplanasi
a. Tulis
Gempa Bumi
1 Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena
pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi.
Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung
berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.
2 Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan
letusan gunung yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan
dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar
biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga
dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
3 Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan
menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi
karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami
pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini
terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini
akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini
bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan
yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa
bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat.
Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa
tektonik.
4 Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun
demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja,
seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena
banyaknya gunung berapi.
Diolah dari sumber Ilmu Pengetahuan Populer Untuk Anak (2007),
karya Hotimah dan M. Hariwijaya
Buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas VII SMP/
b. Lisan
Eksplanasi https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
Buku pegangan
siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi
dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/eksplanasi -politisi-blusukan-banjir/)
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks eksplanasi
Membaca/
mengamati eksplanasi secara saksama
Memahami
struktur dan isi eksplanasi
Mengenali
bahasa yang digunakan dalam eksplanasi
Menentukan
kelebihan dan kekurangan eksplanasi
3.
Langkah-langkah
mengabstraksi teks eksplanasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksplanasi (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksplanasi yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksplanasi
2.
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru Eksplanasi https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
serta membaca contoh teks eksplanasi “ Gempa bumi”pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI
SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013.
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar eksplanasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam
kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan
materi evaluasi teks eksplanasi serta abstraksi teks eksplanasi
untuk kemudian membuat rumusan
hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh eksplanasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi evaluasi teks eksplanasi serta abstraksi makna teks eksplanasi .
7.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks eksplanasi yang ditayangkan
guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data)
dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan dengan teman
satu kelompok untuk merangkum dan menyajikan dalampresentasi.
8.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama
melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara
cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi
teks eksplanasi , serta abstraksi
teks eksplanasi
10. Peserta
didik dipersilakan untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai evaluasi teks eksplanasi
serta hasil abstraksi teks eksplanasi .
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual/
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Santun
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Santun
|
Menunjukkan sikap dan
bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
a.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
c.
Meminta izin ketika akan
memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.
Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.
Menghormati orang
yang lebih tua.
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks eksplanasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah evaluasi eksplanasi yang pertama adalah…
2. Secara umum, evaluasi eksplanasi dapat
diarahkan pada evaluasi…dan… .
3.
Eksplanasi yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik
karena… .
4.
Sebelum mengevaluasi eksplanasi hendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Langkah terakhir dalam evaluasi teks eksplanasi adalah… .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
mengabstraksi eksplanasi adalah…
7.
Langkah ketiga dan paling penting dalam
abstraksi teks eksplanasi adalah… .
8.
Langkah terpenting dalam mengabstraksi eksplanasi
adalah… .
9. Mengabstraksi
teks eksplanasi hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter eksplanasi
yang merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat
mengabstraksi teks eksplanasi adalah unsur yang terdapat pada struktur yang
bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Menentukan kelebihan dan kekurangan eksplanasi
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Memahami inti
8.
Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks
eksplanasi
9.
Ilmiah
10.
Pernyataan umum
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks eksplanasi
terlampir kemudian abstraksilah
teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks eksplanasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks eksplanasi ?
|
|
|
2.
|
Ketepatan abstraksi teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah abstraksi teks eksplanasi tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks eksplanasi
sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Santun
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment