RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XI/1
Materi Pokok : Teks Cerpen
Tema/ topik : Menemukan Solusi atas Masalah Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.2.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial,
lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.2. Membandingkan
teks teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1 Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks cerpen
3.2.2.Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks cerpen dengan cermat.
4.2. Memproduksi
teks teks cerita pendek, pantun,cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks cerpen
4.2.2.
Memproduksi teks cerpen yang
koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah
kewirausahaan dengan materi pokok teks cerpen ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku peduli dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks cerpen
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks cerpen
5.
Mengungkapkan langkah-langkah memproduksi teks
cerpen
6.
Memproduksi teks cerpen yang
koheren
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen
- Tulis
Juru
Masak
Damhuri Muhammad
Perhelatan bisa kacau tanpa
kehadiran lelaki itu. Gulai kambing akan terasa hambar lantaran racikan bumbu
tidak meresap ke dalam daging. Kuah gulai kentang dan gulai rebung bakal encer
karena keliru menakar jumlah kelapa parut hingga setiap menu masakan kekurangan
santan. Akibatnya, berseraklah fitnah dan cela yang mesti ditanggung tuan
rumah. Bukan karena kenduri kurang meriah, tidak pula karena pelaminan tempat
bersandingnya pasangan
pengantin tak sedap
dipandang mata, tetapi karena macam-macam hidangan yang tersuguh tak menggugah
selera. Nasi banyak gulai melimpah, tetapi helat tak bikin kenyang. Ini celakanya
bila Makaji, juru masak handal itu tidak dilibatkan.
Beberapa tahun lalu, pesta
perkawinan Gentasari dengan Rustamadji yang digelar dengan menyembelih tiga
belas ekor kambing dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan mulus,
bahkan hampir saja batal. Keluarga mempelai pria merasa dibohongi oleh keluarga
mempelai wanita yang semula sudah berjanji bahwa semua urusan masak-memasak
selama kenduri berlangsung… .
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/
MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan tahun 2013
b. Lisan
Video
“Nyontek” (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=O_jzDuYT7Bs
2.
Langkah-langkah
membandingkan teks cerpen
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah
memproduksi teks cerpen
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerpen (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks cerpen yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerpen
2.
Peserta didik diberikan basic concept (konsep
dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks cerpen pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal.
7 “Juru masak” dan teks cerpen lisan “Nyontek”
(you tube) https://www.youtube.com/watch?v=O_jzDuYT7Bs yang sesuai dengan
fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks cerpen yang
telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks
cerpen yang disampaikan guru.
4.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan
ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
5. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan
produksi teks cerpen.
6.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
7.
Perwakilan dari kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun
8.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik
pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan
perbandingan dan produksi teks cerpen dan pemecahannya.
9. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah
cerpen dengan tema tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil
produksi teks cerpen.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
12. Peserta didik diarahkan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks
cerpen dan hasil produksi teks cerpen
sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi
penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan sikap peduli
dalam mengerjakan tugas secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
e.
Menjenguk
teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
modus.
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks
cerpen
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah membandingkan cerpen yang pertama adalah… 2. Secara umum,
perbandingan cerpen dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Cerpen
yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum membandingkan cerpen hendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
|
2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks cerpen
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi cerpen adalah… .
7.
Menetapkan tujuan cerpen adalah langkah
produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi cerpen
adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10. Apakah
cerpen harus bersifat fiktif?
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Terakhir
6.
Menetapkan tema teks
7.
Dua
8.
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi
teks dan kaidah bahasa
9.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
10.
Tidak selalu, cerpen dapat bersifat fiktif ataupun
kebalikannya.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks cerpen yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks cerpen
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks cerpen?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks cerpen
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks cerpen?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks cerpen sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment