RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Cerpen
Tema/ topik :
Menemukan Solusi atas Masalah Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1. Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.3. Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas,
narkoba, dan kriminal (terorisme)
Indikator
2.3.1.
Menunjukkan sikap disiplin dalam
melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia
3.3.
Menganalisis teks cerita pendek, pantun,cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/ reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks cerpen
3.3.2. Menganalisis
isi teks
cerpen dengan cermat.
3.3.3. Menganalisis bahasa teks cerpen dengan cermat.
4.3. Menyunting teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks cerpen
4.3.2. Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks cerpen
4.3.3. Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah kewirausahaan
dengan materi pokok teks cerpen ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan santun
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan perilaku disiplin
dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks cerpen
4. Menganalisis isi teks cerpen
5. Menganalisis bahasa teks
cerpen
6. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks cerpen
7. Menyunting
isi sesuai dengan struktur teks cerpen
8. Menyunting
bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen
Sulaiman Pergi ke
Tanjung Cina
Hanna Fransisca
Kemilau emas memancar saat
Zhu membentangkan benang emas di sudut kain pelepai.
Sinar perak jarum di tangannya menyulam satu kehidupan tajam yang menusuk. Udara Danau Menjukut berbau bunga kopi, bertiup perlahan memasuki rongga hati, dan menghempas dada Zhu pada barisan awan di
langit menuju ke arah laut, ke arah pantai, ke arah teluk
Tanjung Cina. Di sanalah Sulaiman, lelaki yang telah menebas
separuh umurnya, telah terkubur dan pergi. “Sulaiman.
Sulaiman. Itulah Zhu, dan aku bicara padamu!” Bukit
Barisan Selatan yang memanjang bergelombang seperti hidup, karangkarang
yang menjorok runcing dan
tegak menuju ke arah perih laut Hindia, dari Krui hingga Pulau
Betuah. Dan bunga-bunga kopi, dan pucuk-pucuk damar, dan awan awan biru—semua jelmaan tanah Tuhan ini, semata tercipta untuk kesetiaan cinta pada Sulaiman. Kegembiraan
separuh umur, dan kesedihan pada ujung hidupnya, menciptakan runcing jari-jari Zhu pandai menari. Menari dan bernyanyi di atas
hamparan kain sulaman. Menyerut seluruh jiwa yang sedih, yang
gembira, yang mabuk, dan putus asa. Lautan asmara, nyanyian cinta,
kerinduan perih, dan pujian kepada tanah tempat lelakinya
terkubur. Ia menyeru di atas sehelai kain pelepai, menggambar pola-pola yang rumit, dan membayangkan seluruh dirinya masuk. Menjadi
naga yang menggerakkan seluruh gelombang tanah, bukit,
gunung-gunung, menjadi liukan benang-benang emas dan
rajutan benang-benang perak yang berkelit dan berkelindan dalam gulungan warna
aroma ombak, hijau daun, putih awan… .
2.
Langkah-langkah
menganalisis teks cerpen
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.
Langkah-langkah
menyunting teks cerpen
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerpen (tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks cerpen yang beredar di masyarakat
dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks cerpen
2. Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks
cerpen pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 28 “Sulaiman pergi ke Tanjung Cina” yang sesuai dengan
fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik
yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks cerpen
yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan penyuntingan
teks cerpen yang disampaikan guru dikaitkan dengan materi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan tahun 2013
4.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
5. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan
teks cerpen.
6.
Empat kelompok (yang ditunjuk secara acak) melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks cerpen dan pemecahannya.
9.
Peserta didik
melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan
untuk menyunting sebuah cerpen dengan tema tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan
teks cerpen.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara
cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
12. Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis teks cerpen dan
hasil penyuntingan teks cerpen sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan
bersama.
1.
Guru
memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.
Guru
memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Disiplin
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Disiplin
|
Menunjukkan
perilaku disiplin dalam
pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.
Patuh pada tata
tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
d.
Mengikuti kaidah
berbahasa tulis yang baik dan benar
e.
Memakai
seragam sesuai ketentuan
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (Kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks cerpen
|
Tes
tertulis (Kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah menganalisis cerpen yang pertama adalah…
2. Secara umum, analisis cerpen dapat
diarahkan pada analisis…dan… .
3. Cerpen
yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum menganalisis cerpen hendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Menganalisis isi hendaknya mengacu pada teori mengenai… .
|
2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting
teks cerpen
|
Tes
tertulis (Kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat menyunting
cerpen adalah… .
7.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa
dan isi adalah langkah ke…dalam menyunting teks cerpen
8.
Langkah terpenting dalam menyunting cerpen
adalah… .
9. Menyunting
teks cerpen hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter cerpen yang
merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu kebebasan mutlak yang tidak boleh
diganggu gugat oleh penyunting adalah unsur intrinsik yang bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Struktur isi cerpen
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Empat
8.
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi
teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi untuk memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi
9.
Sastra
10.
Amanat
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerpen terlampir
kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks cerpen
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks cerpen?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks cerpen
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks cerpen tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks cerpen sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment