RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
Tema/ topik :
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
4.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
Indikator
2.4.1.
Menunjukkan
perilaku santun ketika berkomunikasi dalam pembelajaran
3.4. Mengevaluasi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengevaluasi teks negosiasi
3.4.2.
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan
cermat.
3.4.3.
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan
cermat.
4.4. Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks negosiasi
4.4.2.
Mengabstraksi teks negosiasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam
Kewirausahaan dengan materi pokok teks
negosiasi ini siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
santun ketika berkomunikasi dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks negosiasi
4. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks negosiasi
5. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks negosiasi
6.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
negosiasi
7.
Mengabstraksi teks negosiasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks negosiasi
KESALAHPAHAMAN
1
|
Resepsionis
|
:
|
Selamat siang. Bapak
memerlukan bantuan kami?
|
||||
2
|
David
|
:
|
Maaf, saya kira telah
terjadi kesalahan pada tagihan kami. Kami tidak makan malam di sini tadi
malam.
|
||||
3
|
Resepsionis
|
:
|
Mohon maaf, Bapak. Tagihan
ini berasal dari restoran hotel ini. Di sini terdapat tanda tangan Bapak.
|
||||
4
|
David
|
:
|
Tetapi, itu bukan tanda
tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
|
||||
5
|
Resepsionis
|
:
|
Maaf, Bapak. Manajer
sedang sibuk.
|
||||
6
|
David
|
:
|
Ya, tetapi saya harus
menjelaskan persoalan ini kepada manajer Saudara.
|
||||
7
|
Resepsionis
|
:
|
Maaf, Bapak. Ini tagihan
dari restoran dan tanda tangan ini adalah tanda tangan Bapak. Berarti Bapak
dan istri Bapak makan di restoran ini tadi malam.
|
||||
8
|
David
|
:
|
Maaf,
izinkan saya bertemu manajer Saudara. Saya harus berbicara dengannya.
|
||||
9
|
Resepsionis
|
:
|
Ya,
mohon ditunggu.
|
||||
Setelah David berada di
ruang manajer. … dst.
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
|
|||||||
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi
teks
negosiasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
identifikasi karakteristik teks
3.
Langkah-langkah mengabstraksi
teks
negosiasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks negosiasi pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 159
, “Kesalahpahaman”
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar negosiasi
yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan
materi evaluasi teks negosiasi serta abstraksi teks negosiasi untuk kemudian membuat rumusan
hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh negosiasi lain sebagai
bahan untuk dieksplorasi.
6. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi identifikasi teks negosiasi serta abstraksi makna teks
negosiasi.
7.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang
ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan
data processing (pengolahan data)
dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan dengan teman
satu kelompok untuk merangkum dan menyajikan melalui
presentasi.
8.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi
teks negosiasi serta abstraksi
teks negosiasi
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang
telah ditetapkan mengenai evaluasi teks
negosiasi serta hasil abstraksi teks
negosiasi.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Santun
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Santun
|
Menunjukkan sikap dan
bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
a.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
c.
Meminta izin ketika akan
memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.
Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.
Menghormati orang
yang lebih tua.
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks negosiasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah evaluasi negosiasiyang pertama adalah…
2. Secara umum, evaluasi negosiasidapat
diarahkan pada evaluasi…dan… .
3.
Negosiasiyang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik
karena… .
4.
Sebelum mengevaluasi negosiasihendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Langkah terakhir dalam evaluasi teks negosiasiadalah… .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
mengabstraksi negosiasi adalah…
7.
Langkah ketiga dan paling penting dalam
abstraksi teks negosiasi adalah… .
8.
Langkah terpenting dalam mengabstraksi negosiasi
adalah… .
9. Mengabstraksi
teks negosiasi hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter negosiasi yang
merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat
mengabstraksi teks negosiasi adalah unsur yang terdapat pada struktur yang
bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Menentukan kelebihan dan kekurangan negosiasi
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Memahami inti
8.
Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks
negosiasi
9.
Ilmiah
10.
Permintaan-tanggapan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks negosiasi
terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks negosiasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks negosiasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks negosiasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan abstraksi teks negosiasi
|
Sudah tepatkah abstraksi teks negosiasi tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks negosiasi
sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Santun
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment