RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
Tema/ topik :
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui negosiasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
4. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan
masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
Indikator
2.4.1. Menunjukkan perilaku
peduli kepada teman saat diskusi kelompok
3.3.
Menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi
3.3.2.Menganalisis
isi teks
negosiasi negosiasi dengan cermat.
3.3.3
Menganalisis bahasa teks negosiasi dengan cermat.
4.3. Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting
teks negosiasi
4.3.2.
Menyunting isi sesuai dengan struktur isi
teks negosiasi
4.3.3.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam
Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
peduli kepada teman saat diskusi kelompok
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks
negosiasi
4. Menganalisis isi teks negosiasi
5. Menganalisis bahasa teks
negosiasi
6.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks
negosiasi
7.
Menyunting isi sesuai dengan struktur teks
negosiasi
8.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks negosiasi
NEGOSIASI ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR SENI SUKAWATI
Dialog ini
berlangsung di kawasan Pasar Seni Sukawati, Denpasar, Bali. Penjual
barang-barang seni adalah seorang gadis Bali asli, sedangkan pembeli adalah
seorang ibu muda dari Eropa yang bisa berbahasa Indonesia.
Di pasar itu dijual
barang-barang seni khas Bali. Pembeli bisa membeli barang-barang tersebut
dengan harga terjangkau, seperti perhiasan, tas, pakaian khas Bali, batik,
lukisan, dan patung.
Salah satu patung yang
dijual di pasar itu adalah Patung Garuda Wisnu Kencana. Seperti terlihat pada
gambar di atas, itu adalah patung Dewa Wisnu yang sedang menaiki kendaraannya,
burung garuda.
Dalam dunia pewayangan Jawa,
Dewa Wisnu adalah dewa pemelihara perdamaian dan keadilan. Tahukah kalian bahwa
Dewa Wisnu adalah anak Bathara Guru dan Dewi Uma?
1.
|
Penjual
|
:
|
Good
morning, Mam. Selamat pagi.
|
2.
|
Pembeli
|
:
|
Selamat
pagi.
|
3.
|
Penjual
|
:
|
Mari,
mau beli apa?
|
4.
|
Pembeli
|
:
|
Ada
patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu?
|
5.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
ada. Di sebelah sana, yang besar atau yang kecil?
|
(Penjual
menunjukkan tempat patung yang ditanyakan pembeli)
|
|||
6.
|
Pembeli
|
:
|
Yang
sedang saja. Yang dibuat dari kuningan ada?
|
7.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
ini, tidak terlalu besar. Tapi, terbuat dari kayu. Yang dari kuningan habis.
|
8.
|
Pembeli
|
:
|
Ya,
dari kayu tidak apa-apa.
|
(Patung
itu sudah di tangan pembeli dan ia mengamatinya dengan cermat)
|
|||
9.
|
Penjual
|
:
|
Bagus
itu, Mam. Cocok untuk dipakai sendiri atau untuk suvenir.
|
10.
|
Pembeli
|
:
|
Saya
pakai sendiri. Harganya berapa?
|
11.
|
Penjual
|
:
|
Tiga
ratus ribu.
|
12.
|
Pembeli
|
:
|
Wah,
mahal. Dua ratus ribu ya?
|
13.
|
Penjual
|
:
|
Belum
boleh. Dua ratus delapan puluh lima ribu. Ini sudah murah, Mam. Di
tempat lain lebih mahal.
|
14.
|
Pembeli
|
:
|
Tidak
mau. Kalau boleh, dua ratus lima puluh ribu.
|
15.
|
Penjual
|
:
|
Belum
boleh. Naik sedikit, Mam.
|
16.
|
Pembeli
|
:
|
Dua
ratus tujuh puluh lima ribu.
|
17.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
sebenarnya ini belum boleh. Tapi, untuk Nyonya boleh. Mau beli apa lagi?
|
18.
|
Pembeli
|
:
|
Tidak.
Itu saja. Ini uangnya.
|
(Penjual
memasukkan patung itu ke dalam tas plastik yang bertuliskan nama kiosnya.
Pembeli memberikan uang pas).
|
|||
19.
|
Penjual
|
:
|
Ya,
terima kasih.
|
20.
|
Pembeli
|
:
|
Terima
kasih. Bye, bye.
|
21.
|
Penjual
|
:
|
Have
a nice day.
|
(Pembeli
pergi meninggalkan kios itu)
|
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
2.
Langkah-langkah menganalisis teks negosiasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.
Langkah-langkah menyunting teks negosiasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks negosiasi yang beredar di masyarakat dikaitkan
dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.
Peserta didik
diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks negosiasi
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X
SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 147 “Negosiasi antara Penjual dan pembeli di
pasar Sukowati ” yang sesuai dengan fenomena di
masyarakat
3.
Peserta didik
yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks
negosiasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan
penyuntingan teks negosiasi yang disampaikan guru.
4.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
5. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan
teks negosiasi.
6.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
7.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok
lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.
Dengan tanya jawab guru
mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang
berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks negosiasi dan pemecahannya.
9.
Peserta didik
melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan
untuk menyunting sebuah negosiasi dengan tema tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan teks negosiasi.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara
cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
1.
Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis teks negosiasi dan
hasil penyuntingan teks negosiasi sesuai dengan hasil presentasi dan
pembahasan bersama.
2.
Guru
memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru
memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran
dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan perilaku peduli kepada teman saat
diskusi kelompok
a.
Membantu bila ada teman
yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
Menjenguk teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks negosiasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah menganalisis negosiasiyang pertama adalah…
2. Secara umum, analisis negosiasidapat
diarahkan pada analisis…dan… .
3.
Negosiasi yang menyampaikan makna secara
eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum menganalisis negosiasi hendaknya
harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Menganalisis isi hendaknya mengacu pada teori mengenai… .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat menyunting
negosiasi adalah… .
7.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa
dan isi adalah langkah ke…dalam menyunting teks negosiasi
8.
Langkah terpenting dalam menyunting negosiasiadalah…
.
9. Menyunting
teks negosiasi hendaknya
dilakukan tanpa meninggalkan karakter negosiasiyang merupakan sebuah karya… .
10.
Negosiasi hendaknya
tidak meninggalkan kaidah kebahasaan yang mengharuskannya untuk menggunakan
bahasa Indonesia yang… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Struktur isi negosiasi
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Empat
8.
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi
teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi untuk memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi
9.
Ilmiah
10.
Baku
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks negosiasi terlampir
kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks negosiasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks negosiasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks negosiasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks negosiasi
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks negosiasi tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks negosiasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment