RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok :
Teks Ulasan
Tema/ topik : Mengulas secara Kritis Film dan Drama
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 3. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.3.Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu
lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
Indikator
2.3.1. Menunjukkan sikap disiplin dalam melaksanakan pembelajaran
3.3.
Menganalisis teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks ulasan
3.3.2. Menganalisis
isi teks
ulasan dengan cermat.
3.3.3. Menganalisis bahasa teks ulasan dengan cermat.
4.3. Menyunting teks
cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
Indikator
4.3.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks ulasan
4.3.2.Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks ulasan
4.3.3.Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran mengulas secara kritis ulasan dengan materi pokok teks ulasan ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan santun dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan perilaku disiplin
dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks ulasan
4. Menganalisis isi teks ulasan
5. Menganalisis bahasa teks
ulasan
6. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks ulasan
7. Menyunting
isi sesuai dengan struktur teks ulasan
8. Menyunting
bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks ulasan
a. Tulis
5 cm yang Terlampau Jauh
Judul film :
5 cm
Produser :
Sunil Soraya, Ram Soraya
Sutradara :
Rizal Mantovani
Pemain :
Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Ralin
Syah
Durasi :
126 menit
Mana
yang lebih terjal: persahabatan, kecintaan pada negeri sendiri, atau jalur
pendakian Semeru? “5 cm” seperti kebingungan memilah ketiganya. Adaptasi novel
laris Donny Dhirgantoro ini terasa terpotong-potong, tanpa ada bangunan cerita
yang berkesinambungan. Alhasil “5 cm” baru sebatas baik sebagai tontonan ,
sebagai kumpulan gambar yang indah, mengharukan.
5
cm dibuka dengan perkenalan lima sekawan: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot
ali), Arial (Denny Sumargo), Riani (Ralin Shah), dan Ian (Saykoji). Kelimanya
merasa jenuh dengan satu sama lain. Genta menyarankan untuk tidak bertemu dulu
selama beberapa waktu dan semuanya setuju. Dst. ... .
a. Struktur
teks ulasan:
Judul ulasan
Identitas
Pendahuluan
Sinopsis
Penilaian
Simpulan
Kaidah teks ulasan:
Objek: yang dibahas adalah filmn/ seni pentas/
drama
Pendapat: teks berisi sejumlah pendapat
Bahasa: menggunakan kata atau istilah perfilman/
pementasan
2.
Langkah-langkah
menganalisis teks ulasan
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.
Langkah-langkah
menyunting teks ulasan
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks ulasan (tulis
dan lisan)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks ulasan yang beredar di masyarakat
dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks ulasan
2.
Peserta
didik diberikan basic concept (konsep
dasar) dengan cara mengamati
serta membaca referensi contoh teks
ulasan “Dompet?” http://www.teksdrama.com/2012/09/Contoh-Naskah-Drama-6-Orang.html#ixzz3An9ZDslR
yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks ulasan
yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan penyuntingan
teks ulasan yang disampaikan guru dikaitkan dengan materi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas
XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
4.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
5. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan
teks ulasan.
6.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks ulasan dan pemecahannya.
9.
Peserta didik
melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan
untuk menyunting sebuah ulasan dengan tema tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan
teks ulasan.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara
cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
12. Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis teks ulasan dan
hasil penyuntingan teks ulasan sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan
bersama.
1.
Guru
memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.
Guru
memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Disiplin
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri keberadaan
bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Disiplin
|
Menunjukkan
perilaku disiplin dalam
pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.
Patuh pada tata
tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
d.
Mengikuti kaidah
berbahasa tulis yang baik dan benar
e.
Memakai
seragam sesuai ketentuan
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (Kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks ulasan
|
Tes
tertulis (Kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah menganalisis ulasan yang pertama adalah…
2. Secara umum, analisis ulasan dapat
diarahkan pada analisis…dan… .
3. Ulasan
yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum menganalisis ulasan hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Menganalisis isi hendaknya mengacu pada teori mengenai… .
|
|
Tes
tertulis (Kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat menyunting
ulasan adalah… .
7.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa
dan isi adalah langkah ke…dalam menyunting teks ulasan
8.
Langkah terpenting dalam menyunting ulasan
adalah… .
9. Menyunting
teks ulasan hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter ulasan yang
merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu kebebasan mutlak yang tidak boleh
diganggu gugat oleh penyunting adalah unsur intrinsik yang bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Struktur isi ulasan
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Empat
8.
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi
teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi untuk memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi
9.
Sastra
10.
Amanat
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks ulasan terlampir
kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks ulasan
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks ulasan
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks ulasan?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks ulasan
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks ulasan tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks ulasan sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment