RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok
: Teks Ulasan
Tema/ topik :
Mengulas secara Kritis Film dan Drama
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, ulasan , ulasan , ulasan kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.4.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan
kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.
Menunjukkan sikap dan bahasa
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3.4. Mengidentifikasi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks ulasan
3.4.2.
Mengevaluasi
kelebihan teks ulasan dengan
cermat.
3.4.3.
Mengevaluasi
kekurangan teks ulasan dengan
cermat.
4.4. Mengabstraksi teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan
maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks ulasan
4.4.2. Mengabstraksi
teks ulasan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Mengulas secara
kritis film dan drama dengan
materi pokok teks ulasan ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan sikap dan bahasa
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
teks ulasan
4. Mengevaluasi
kelebihan teks ulasan
5.
Mengevaluasi
kekurangan teks ulasan dengan cermat.
6.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
ulasan
7.
Mengabstraksi teks ulasan
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks ulasan
a. Tulis
5 cm yang Terlampau Jauh
Judul film :
5 cm
Produser :
Sunil Soraya, Ram Soraya
Sutradara :
Rizal Mantovani
Pemain :
Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Ralin
Syah
Durasi :
126 menit
Mana
yang lebih terjal: persahabatan, kecintaan pada negeri sendiri, atau jalur
pendakian Semeru? “5 cm” seperti kebingungan memilah ketiganya. Adaptasi novel
laris Donny Dhirgantoro ini terasa terpotong-potong, tanpa ada bangunan cerita
yang berkesinambungan. Alhasil “5 cm” baru sebatas baik sebagai tontonan ,
sebagai kumpulan gambar yang indah, mengharukan.
5
cm dibuka dengan perkenalan lima sekawan: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot
ali), Arial (Denny Sumargo), Riani (Ralin Shah), dan Ian (Saykoji). Kelimanya
merasa jenuh dengan satu sama lain. Genta menyarankan untuk tidak bertemu dulu
selama beberapa waktu dan semuanya setuju. Dst. ... .
a. Struktur
teks ulasan:
Judul ulasan
Identitas
Pendahuluan
Sinopsis
Penilaian
Simpulan
Kaidah teks ulasan:
Objek: yang dibahas adalah filmn/ seni pentas/ drama
Pendapat: teks berisi sejumlah pendapat
Bahasa: menggunakan kata atau istilah perfilman/
pementasan
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks film/ drama
Membaca/
mengamati film/ drama secara saksama
Memahami
struktur dan isi film/ drama
Mengenali
bahasa yang digunakan dalam film/ drama
Menentukan
kelebihan dan kekurangan film/ drama
3.
Langkah-langkah
mengabstraksi teks ulasan
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks ulasan (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks ulasan yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks ulasan
Peserta didik diberi stimulation
(stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru Ulasan Meraih hatimu
https://www.youtube.com/watch?v=cOYoCy6nGQs
serta membaca
contoh teks ulasan “ Dompet?” http://www.teksdrama.com/2012/09/Contoh-Naskah-Drama-6-Orang.html#ixzz3An9ZDslR
2.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar ulasan yang dikaitkan dengan aplikasi dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan
materi identifikasi teks ulasan serta abstraksi teks ulasan untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
4.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh ulasan lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
5. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi evaluasi teks ulasan serta abstraksi makna teks ulasan .
6.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks ulasan yang ditayangkan
guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data)
dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan dengan teman
satu kelompok untuk merangkum dan menyajikan dalam
presentasi.
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama
melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara
cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
8.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi
teks ulasan , serta abstraksi
teks ulasan
9.
Peserta didik diarahkan untuk menuliskan
simpulan yang telah ditetapkan mengenai evaluasi teks ulasan serta hasil abstraksi teks ulasan .
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual/
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Santun
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual/
Religius
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Santun
|
Menunjukkan sikap dan
bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
a.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
c.
Meminta izin ketika akan
memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.
Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.
Menghormati orang
yang lebih tua.
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks ulasan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah evaluasi teks ulasan yang
pertama adalah…
2. Secara umum, evaluasi teks ulasan dapat diarahkan pada
evaluasi…dan… .
3. Film/
drama yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum mengevaluasi teks ulasan
hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Langkah terakhir dalam evaluasi teks ulasan adalah…
.
|
2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks ulasan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
mengabstraksi ulasan adalah…
7.
Langkah ketiga dan paling penting dalam
abstraksi teks ulasan adalah… .
8.
Langkah terpenting dalam mengabstraksi ulasan
adalah… .
9. Mengabstraksi
teks ulasan hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter ulasan yang
merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat mengabstraksi
teks ulasan adalah unsur intrinsik yang bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Mengidentifikasi karakteristik teks ulasan
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Memahami inti
8.
Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks ulasan
9.
Sastra
10.
Amanat
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks ulasan terlampir kemudian abstraksilah
teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks ulasan
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks ulasan
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks ulasan ?
|
|
|
2.
|
Ketepatan abstraksi teks ulasan
|
Sudah tepatkah abstraksi teks ulasan tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks ulasan
sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Santun
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment