RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XII BAB 5 KD 3.4. 4.4. TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       : SMK ... .

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : XI/2

Materi Pokok               : Teks Ulasan

Tema/ topik                   : Mengulas secara Kritis Film dan Drama

Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                       

Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit

A.       Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.3.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, ulasan , ulasan , ulasan kompleks, dan film/drama

Indikator

1.3.1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas

Indikator

2.4.1.                                 Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran

3.4. Mengidentifikasi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan

       Indikator

3.4.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks ulasan

3.4.2.                 Mengevaluasi kelebihan teks ulasan  dengan cermat.

3.4.3.                 Mengevaluasi kekurangan teks ulasan  dengan cermat.

4.4. Mengabstraksi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan

  Indikator

4.4.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks ulasan

4.4.2.  Mengabstraksi teks ulasan

 

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Mengulas secara kritis film dan drama dengan materi pokok teks ulasan  ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:

1.                           Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.                           Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran

3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks ulasan

4.    Mengevaluasi kelebihan teks ulasan

5.                            Mengevaluasi kekurangan teks ulasan  dengan cermat.

6.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks ulasan

7.                            Mengabstraksi teks ulasan

 

D.       Materi Pembelajaran    

1.       Contoh teks ulasan

a.       Tulis

5 cm yang Terlampau Jauh

Judul film          : 5 cm

Produser            : Sunil Soraya, Ram Soraya

Sutradara          : Rizal Mantovani

Pemain              : Herjunot Ali, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Ralin Syah

Durasi                : 126 menit

 

            Mana yang lebih terjal: persahabatan, kecintaan pada negeri sendiri, atau jalur pendakian Semeru? “5 cm” seperti kebingungan memilah ketiganya. Adaptasi novel laris Donny Dhirgantoro ini terasa terpotong-potong, tanpa ada bangunan cerita yang berkesinambungan. Alhasil “5 cm” baru sebatas baik sebagai tontonan , sebagai kumpulan gambar yang indah, mengharukan.

            5 cm dibuka dengan perkenalan lima sekawan: Genta (Fedi Nuril), Zafran (Herjunot ali), Arial (Denny Sumargo), Riani (Ralin Shah), dan Ian (Saykoji). Kelimanya merasa jenuh dengan satu sama lain. Genta menyarankan untuk tidak bertemu dulu selama beberapa waktu dan semuanya setuju. Dst. ... .

a. Struktur teks ulasan:

Judul ulasan

Identitas

Pendahuluan

Sinopsis

Penilaian

Simpulan

Kaidah teks ulasan:

Objek: yang dibahas adalah filmn/ seni pentas/ drama

Pendapat: teks berisi sejumlah pendapat

Bahasa: menggunakan kata atau istilah perfilman/ pementasan

2.       Langkah-langkah mengevaluasi teks film/ drama 

Membaca/ mengamati film/ drama   secara saksama

Memahami struktur dan isi film/ drama   

Mengenali bahasa yang digunakan dalam film/ drama 

Menentukan kelebihan dan kekurangan film/ drama 

3.       Langkah-langkah mengabstraksi teks ulasan

Membaca/ mengamati teks secara saksama

Memahami bentuk dan isi teks

Memahami inti teks

Mengabstraksi teks

 

E.     Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific

2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)

3.    Metode Diskusi, Penugasan

 

F.      Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD

2.                                                                              Tayangan teks ulasan   (lisan)

 

G.    Sumber Belajar

ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

ü KBBI

ü Internet

 

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

     
Kegiatan
 
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Inti  :
  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Penutup:
 
1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
 
1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks ulasan  yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks ulasan
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru Ulasan Meraih hatimu https://www.youtube.com/watch?v=cOYoCy6nGQs
2.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar ulasan  yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
3.       Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi identifikasi teks ulasan  serta abstraksi teks ulasan  untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh ulasan  lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
5.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi evaluasi teks ulasan  serta abstraksi makna teks ulasan .
6.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks ulasan  yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan dengan teman satu kelompok untuk merangkum dan menyajikan dalam presentasi.
7.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
8.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi teks ulasan , serta abstraksi teks ulasan  
9.      Peserta didik diarahkan untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai evaluasi teks ulasan  serta hasil abstraksi teks ulasan .
 
1.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
130 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
30 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis

2.                     Prosedur penilaian:

1.                                                                            Penilaian Proses

1.1.   Pengamatan (sikap)

No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual/ Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan
 
2.
Santun

 

Kisi-kisi penilaian sikap

No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)
 
3
Skor
(SELALU)
 
4
1.
Spiritual/ Religius
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
 
 
 
 
2.
Santun
Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
a.    Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.   Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
c.    Meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.      Menghormati orang yang lebih tua.
 
 
 
 
 

Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan modus.

 

 

 

 

 

 

 

2.      Penilaian Hasil

2.1.Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks ulasan
Tes tertulis (kuis)
Isian
1. Langkah evaluasi teks ulasan yang pertama adalah…
 2. Secara umum, evaluasi teks ulasan dapat diarahkan pada evaluasi…dan… .
3. Film/ drama yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum mengevaluasi teks ulasan hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Langkah terakhir dalam evaluasi teks ulasan adalah… .
2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks ulasan
Tes tertulis (kuis)
Isian
6.Langkah pertama saat mengabstraksi ulasan adalah…
7.     Langkah ketiga dan paling penting dalam abstraksi teks ulasan adalah… .
8.     Langkah terpenting dalam mengabstraksi ulasan adalah… .
9.  Mengabstraksi teks ulasan hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter ulasan yang merupakan sebuah karya… .
10.              Salah satu inti yang paling disorot saat mengabstraksi teks ulasan adalah unsur intrinsik yang bernama… .

Jawaban

1.                                                                                      Membaca/ mengamati teks secara saksama

2.                                                                                      Isi dan bahasa

3.                                                                                      Jelas

4.                                                                                      Struktur isi dan kaidah bahasa

5.                                                                                      Mengidentifikasi karakteristik teks ulasan

6.                                                                                      Membaca/ mengamati teks secara saksama

7.                                                                                      Memahami inti

8.                                    Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks ulasan

9.            Sastra

10.        Amanat

 

      Pedoman Penskoran

Soal nomor 1 - 10

Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
7
Peserta didik menjawab salah
3
Peserta didik tidak menjawab
0

 

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )

Amati dan pahami teks ulasan  terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!

Rubrik Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks ulasan

No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks ulasan
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks ulasan ?
 
 
2.
Ketepatan abstraksi teks ulasan
Sudah tepatkah abstraksi teks ulasan  tersebut?
 
 
3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi teks ulasan  sesuai kaidah dan EYD?
 
 

                 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 Lembar Pengamatan

 

PENGAMATAN SIKAP

 

Mata Pelajaran             : ...............................................................

Kelas/ Semester                       : ...............................................................

Tahun Ajaran               : ...............................................................

Waktu pengamatan                  : ...............................................................

 

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

 

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Santun
TP
K
SR
SL
TP
K
SR
SL
1.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5.