RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok :
Teks Eksplanasi
Tema/ topik : Menjelaskan Sebab dan Akibat Peristiwa Alam dan Sosial
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
Indikator
1.1.1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
Indikator
2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
|
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks
cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.
Mengungkapkan kembali struktur teks
eksplanasi
3.1.2.Mengungkapkan kembali kaidah teks
eksplanasi
4.1. Menginterpretasi
makna teks
cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.
Menginterpretasi makna teks eksplanasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan
pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Menjelaskan
Sebab dan Akibat Peristiwa Alam dan Sosial
dengan materi pokok teks eksplanasi ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan santun dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali struktur teks eksplanasi
4.
Mengungkapkan kembali kaidah teks
eksplanasi
5.
Menginterpretasi makna teks eksplanasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksplanasi
- Tulis
Gempa Bumi
1 Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena
pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi.
Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung
berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.
2 Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan
letusan gunung yang dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan
dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar
biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga
dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
3 Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan
menjadi dua, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi
karena lapisan kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami
pergerakan. Teori “Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini
terdiri atas beberapa lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini
akan hanyut dan mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini
bergerak sangat perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan
yang lainnya. Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa
bumi vulkanik terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat.
Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa
tektonik.
4 Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun
demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja,
seperti pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena
banyaknya gunung berapi.
Diolah dari
sumber Ilmu Pengetahuan Populer Untuk Anak (2007), karya Hotimah dan M.
Hariwijaya
Buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas VII SMP/
b. Lisan
Eksplanasi https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
2. Struktur dan kaidah teks eksplanasi
Struktur:
Pernyataan
umum (Pembukaan)
Deretan
penjelasan
Kaidah kebahasaan:
Kalimat baku
Mayoritas menggunakan kalimat simpleks
Penggunaan konjungsi dan kohesi
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksplanasi (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksplanasi yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksplanasi
2. Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks eksplanasi “Gempa bumi ” Buku
Bahasa Indonesia pegangan siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 dan eksplanasi lisan https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar eksplanasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam
kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan
materi struktur dan kaidah teks eksplanasi
serta interpretasi makna teks eksplanasi
untuk kemudian membuat rumusan
hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh eksplanasi lain sebagai
bahan untuk dieksplorasi.
6. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks eksplanasi serta interpretasi makna teks eksplanasi .
7.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks eksplanasi yang
ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu
kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.
Empat kelompok
secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama
melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara
cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks eksplanasi , serta interpretasi
makna teks eksplanasi
10. Peserta didik dipersilakan menuliskan simpulan yang
telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks eksplanasi serta hasil interpretasi makna teks eksplanasi
.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
||||
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap
tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan orang
lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali struktur isi teks eksplanasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Struktur teks eksplanasi yang berfungsi memberikan gambaran umum disebut… .
2. Pernyataan
umum dalam sebuah teks ekspalanasi dapat dianggap sebagai…teks eksplanasi.
3. Struktur
yang bersifat opsional berarti….
4. Struktur
dalam teks eksplanasi yang bersifat opsional adalah struktur yang bernama… .
5. penjelasan
detail dari pernyataan umum terdapat pada struktur nomor… .
|
2.Mengungkapkan
kembali kaidah bahasa teks eksplanasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.
Kaidah teks eksplanasi diarahkan pada dua hal yaitu kaidah…. dan… .
7.
Kaidah eksplanasi yang menyatakan bahwa eksplanasi
harus bersifat ilmiah berarti… .
8.
Eksplanasi yang baik harus menggunakan bahasa
ilmiah. Ciri-ciri bahasa ilmiah antara lain… .
9.
Gaya bahasa teks eksplanasi tidak
diperkenankan karena teks eksplanasi bukanlah karya… .… .
10. Apakah
cerpen harus bersifat faktual?
|
JAWABAN
1.
Pernyataan umum
2.
Pembukaan
3.
Tidak harus ditulis dalam teks, bersifat pilihan
4.
Interpretasi
5.
Dua
6.
Isi, bahasa
7.
Harus berisi ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan
menggunakan bahasa yang ilmiah/ baku
8.
Sesuai EYD
Menggunakan kata-kata baku
9.
Sastra
10.
Ya, karena bersifat ilmiah, teks eksplanasi harus
bersifat faktual/ nyata.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks eksplanasi terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks eksplanasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
eksplanasi
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks eksplanasi ?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks eksplanasi sesuai kaidah dan EYD?
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment