RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XI/2
Materi Pokok : Teks Eksplanasi
Tema/ topik : Menjelaskan Sebab dan Akibat Peristiwa Alam dan Sosial
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.2.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan
kebijakan publik
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.2. Membandingkan
teks cerita pendek,
pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks
eksplanasi
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks eksplanasi dengan cermat.
4.2. Memproduksi
teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.2.1.Mengungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi
4.2.2.Memproduksi
teks eksplanasi yang koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menjelaskan sebab akibat peristiwa
alam dan sosial dengan materi pokok teks eksplanasi
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku peduli dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks eksplanasi
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
5.
Mengungkapkan langkah-langkah memproduksi teks
eksplanasi
6.
Memproduksi teks eksplanasi yang
koheren
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksplanasi
- Tulis
Gempa Bumi
1
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan
batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu
sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di
daerah yang dikelilingi lautan luas.
2
Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang
dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu
hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran
gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan
bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
3
Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua,
yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan
kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori
“Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa
lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan
mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat perlahan
sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya. Itulah
sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi
karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik ini
lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.
4
Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian,
konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti
pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena
banyaknya gunung berapi.
Diolah dari sumber Ilmu
Pengetahuan Populer Untuk Anak (2007), karya Hotimah dan M. Hariwijaya
Buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas VII SMP/
b. Lisan
Eksplanasi https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
2.
Langkah-langkah
membandingkan teks eksplanasi
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah
memproduksi teks eksplanasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksplanasi (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks eksplanasi yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksplanasi
2.
Peserta didik diberikan
basic
concept (konsep dasar) dengan cara mengamati
serta membaca referensi contoh teks eksplanasi “Gempa bumi” dan
teks eksplanasi lisan https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
yang sesuai dengan
fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks eksplanasi
yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi
teks eksplanasi yang disampaikan guru.
4.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan
ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
5.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan
produksi teks eksplanasi.
6.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
7.
Perwakilan dari kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun
8.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik
pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan
perbandingan dan produksi teks eksplanasi dan pemecahannya.
9.
Peserta didik melanjutkan
pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk
memproduksi sebuah eksplanasi dengan tema tertentu.
10.
Peserta didik bersama
guru membahas hasil produksi teks eksplanasi.
11.
Peserta didik melakukan
pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah
oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
12.
Peserta didik diarahkan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks
eksplanasi dan hasil produksi teks eksplanasi
sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi
penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan sikap peduli
dalam mengerjakan tugas secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
e.
Menjenguk
teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah
membandingkan teks eksplanasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah membandingkan eksplanasi yang
pertama adalah…
2. Secara
umum, perbandingan eksplanasi dapat
diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Eksplanasi harus bersifat…
4.
Sebelum membandingkan eksplanasi
hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi eksplanasi adalah… .
7.
Menetapkan tujuan eksplanasi adalah langkah produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi
eksplanasi adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10. Eksplanasi
harus menggunakan bahasa Indonesia yang… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Ilmiah
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Terakhir
6.
Menetapkan tema teks
7.
Dua
8.
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi
teks dan kaidah bahasa
9.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
10.baku/ ilmiah
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
- 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks eksplanasi yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks eksplanasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks eksplanasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks eksplanasi?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks eksplanasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment