RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII/1
Materi Pokok : Teks Berita
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
Indikator
1.2.1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
Indikator
2.2.1. Menunjukkan perilaku peduli dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.2. Membandingkan teks berita baik melalui lisan
maupun tulisan
Indikator
3.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks
berita
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks berita dengan cermat.
4.2.Memproduksi
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks berita
4.2.2.
Memproduksi teks berita yang
koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dengan materi pokok teks
berita ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
- Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
peduli kepada teman saat diskusi kelompok
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks
berita
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks berita
5.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks
berita
6. Memproduksi
teks berita yang koheren
D.
Materi
Pembelajaran
1. PENGERTIAN BERITA
Berita
berasal dari bahsa sansekerta “Vrit” yang dalam bahasa Inggris disebut “Write”
yang arti sebenarnya adalah “Ada” atau “Terjadi”.Ada juga yang menyebut dengan
“Vritta” artinya “kejadian” atau “Yang Telah Terjadi”.Menurut kamus besar,berita
berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Berita
adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan
atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat
kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.
News
(berita) mengandung kata new yang berarti baru. Secara singkat sebuah berita
adalah sesuatu yang baru yang diketengahkan bagi khalayak pembaca atau
pendengar. Dengan kata lain, news adalah apa yang surat kabar atau majalah cetak
atau apa yang para penyiar beberkan.
Pengertian
Berita
Berita adalah laporan peristiwa (fakta) atau pendapat
(opini) yang aktual (terkini), menarik danpenting.
Ada juga yang mengartikan berita sebagai informasi
baru yang disajikan dalam pembacaan / penulisan yang jelas, aktual dan menarik.
Sedangkan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia,
berita diartikan sebagai cerita atau keterangan mengenai kejadian atau
peristiwa yang hangat.
Fakta adalah peristiwa yang benar-benar ada / terjadi,
sedangkan opini adalah hal yang sifatnya pernyataan, belum terjadi dan belum
tentu benar.
Syarat
Berita
Berdasarkan pengertian berita di atas, dapat
disimpulkan syarat berita adalah sebagai berikut :
·
Merupakan fakta, berita haruslah berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata
·
Terkini, artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu jauh
·
Seimbang, artinya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang, tidak
memihak kepada salah satu pihak.
·
Lengkap,
berita haruslah memenuhi unsur-unsur berita sebagaimana akan kita bahas di
bawah ini.
·
Menarik,
artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. Berita
dapat dikatakan menarik bila bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya,
berkaitan dengan tokoh terkenal, berkaitan dengan kejadian penting, humor,
aneh, luar biasa atau bersifat konflik.
·
Sistematis, berita seharusnya disusun secara sistematis, urutannya jelas sehingga
pembaca tidak kebingungan dalam menangkap isi berita.
Unsur-unsur
berita
Salah satu syarat berita adalah lengkap. Untuk dapat
dikatakan lengkap, berita haruslah mampu menjawab pertanyaan 5W + 1 H
sebagai berikut :
·
What :
Apa yang terjadi ?
·
Who :
Siapa yang terlibat ?
·
Why :
Mengapa hal itu bisa terjadi ?
·
When :
Kapan peristiwa tersebut terjadi ?
·
Where :
Dimanakah peristiwa tersebut terjadi ?
·
How :
Bagaimana peristiwa itu terjadi ?
Dalam menyusun berita selain memperhatikan unsur-unsur
berita tersebut di atas, kita perlu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini
:
·
gunakan struktur dan tata bahasa yang benar
·
gunakan pemilihan kata yang tepat
·
gunakan penalaran yang logis
·
tidak menggunakan kata-kata yang ambigu
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai
kaidah dan EYD
2.
Langkah-langkah
memproduksi teks berita
Menetapkan tema teks
Menetapkan tujuan teks
Menuliskan paparan informasi secara urut sesuai
struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi
teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks berita (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks berita yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks berita
2.
Peserta didik
diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks berita
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 yang sesuai dengan
fenomena di masyarakat
2.
Peserta didik yang telah duduk dalam kelompoknya diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks berita yang
telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks berita
yang disampaikan guru.
3.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan
ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
4. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan
produksi teks berita.
5.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
6.
Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi kelompok
sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun
7.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik
pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan
perbandingan dan produksi teks berita dan pemecahannya.
8. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah berita
dengan tema tertentu.
9. Peserta didik bersama guru membahas hasil
produksi teks berita.
10. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks berita dan hasil produksi
teks berita sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan perilaku peduli kepada teman saat diskusi
kelompok
a.
Membantu bila ada teman
yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
Menjenguk teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks berita
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah membandingkan berita yang pertama adalah…
2. Secara
umum, perbandingan berita dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Berita
harus bersifat…
4.
Sebelum membandingkan berita hendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi berita adalah… .
7.
Menetapkan tujuan berita adalah langkah
produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi berita
adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10. Berita
harus menggunakan bahasa Indonesia yang… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Ilmiah
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Terakhir
6.
Menetapkan tema teks
7.
Dua
8.
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi
teks dan kaidah bahasa
9.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
10.
baku/ ilmiah
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
- 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
20
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
17
|
Peserta
didik menjawab salah
|
10
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks berita yang
koheren sesuai tema yang anda pilih!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks berita
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks berita
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks berita?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks berita
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks berita?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks berita sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment