RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK
... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XII/1
Materi Pokok : Teks
Berita
Jumlah Pertemuan : 1 X
pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. 1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
Indikator
1.2.1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
Indikator
2.2.1. Menunjukkan perilaku peduli dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.3. Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menganalisis teks berita
3.3.2.
Menganalisis
isi teks
berita dengan cermat.
3.3.4.
Menganalisis bahasa teks berita dengan cermat.
4.3. Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting
teks berita
4.3.2.
Menyunting isi sesuai dengan struktur isi
teks berita
4.3.3.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Budaya Berpendapat dalam Forum
Ekonomi dan Politik dengan materi pokok teks berita ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
santun ketika berkomunikasi dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks
berita
4. Menganalisis isi teks berita
5. Menganalisis bahasa teks
berita
6.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks
berita
7.
Menyunting isi sesuai dengan struktur teks
berita
8.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
PENGERTIAN BERITA
Berita
berasal dari bahsa sansekerta “Vrit” yang dalam bahasa Inggris disebut “Write”
yang arti sebenarnya adalah “Ada” atau “Terjadi”.Ada juga yang menyebut dengan
“Vritta” artinya “kejadian” atau “Yang Telah Terjadi”.Menurut kamus
besar,berita berarti laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Berita
adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan
atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat
kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.
News
(berita) mengandung kata new yang berarti baru. Secara singkat sebuah berita
adalah sesuatu yang baru yang diketengahkan bagi khalayak pembaca atau
pendengar. Dengan kata lain, news adalah apa yang surat kabar atau majalah
cetak atau apa yang para penyiar beberkan.
Pengertian
Berita
Berita adalah laporan peristiwa (fakta) atau pendapat
(opini) yang aktual (terkini), menarik danpenting.
Ada juga yang mengartikan berita sebagai informasi
baru yang disajikan dalam pembacaan / penulisan yang jelas, aktual dan menarik.
Sedangkan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia,
berita diartikan sebagai cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa
yang hangat.
Fakta adalah peristiwa yang benar-benar ada / terjadi,
sedangkan opini adalah hal yang sifatnya pernyataan, belum terjadi dan belum
tentu benar.
Syarat
Berita
Berdasarkan pengertian berita di atas, dapat
disimpulkan syarat berita adalah sebagai berikut :
·
Merupakan fakta, berita haruslah berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata
·
Terkini, artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak telalu jauh
·
Seimbang, artinya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang, tidak
memihak kepada salah satu pihak.
·
Lengkap,
berita haruslah memenuhi unsur-unsur berita sebagaimana akan kita bahas di
bawah ini.
·
Menarik,
artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengarnya. Berita
dapat dikatakan menarik bila bermanfaat bagi pembaca atau pendengarnya,
berkaitan dengan tokoh terkenal, berkaitan dengan kejadian penting, humor,
aneh, luar biasa atau bersifat konflik.
·
Sistematis, berita seharusnya disusun secara sistematis, urutannya jelas sehingga
pembaca tidak kebingungan dalam menangkap isi berita.
Unsur-unsur
berita
Salah satu syarat berita adalah lengkap. Untuk dapat
dikatakan lengkap, berita haruslah mampu menjawab pertanyaan 5W + 1 H
sebagai berikut :
·
What :
Apa yang terjadi ?
·
Who :
Siapa yang terlibat ?
·
Why :
Mengapa hal itu bisa terjadi ?
·
When :
Kapan peristiwa tersebut terjadi ?
·
Where :
Dimanakah peristiwa tersebut terjadi ?
·
How :
Bagaimana peristiwa itu terjadi ?
Dalam menyusun berita selain memperhatikan unsur-unsur
berita tersebut di atas, kita perlu juga memperhatikan beberapa hal berikut ini
:
·
gunakan struktur dan tata bahasa yang benar
·
gunakan pemilihan kata yang tepat
·
gunakan penalaran yang logis
·
tidak menggunakan kata-kata yang ambigu
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD
1.
Langkah-langkah menganalisis teks berita
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
2.
Langkah-langkah menyunting teks berita
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks berita (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks berita yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan
pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks berita
2.
Peserta didik
diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks berita
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik
yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks berita
yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan penyuntingan
teks berita yang disampaikan guru.
4.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
5. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan
teks berita.
6.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
7.
Empat kelompok (yang telah
disepakati) secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks berita dan pemecahannya.
9.
Peserta didik
melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan
untuk menyunting sebuah berita dengan tema tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan teks berita.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara
cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
1.
Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis teks berita dan
hasil penyuntingan teks berita sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan
bersama.
2.
Guru
memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru
memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran
dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Santun
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan perilaku peduli kepada teman saat
diskusi kelompok
a.
Membantu bila ada teman
yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
Menjenguk teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks berita
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah menganalisis beritayang pertama adalah…
2. Secara umum, analisis beritadapat
diarahkan pada analisis…dan… .
3. Beritayang
menyampaikan makna secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum menganalisis beritahendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Menganalisis isi hendaknya mengacu pada teori mengenai… .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat menyunting
beritaadalah… .
7.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa
dan isi adalah langkah ke…dalam menyunting teks berita
8.
Langkah terpenting dalam menyunting beritaadalah…
.
9. Menyunting
teks beritahendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter beritayang
merupakan sebuah karya… .
10.
Beritahendaknya tidak meninggalkan kaidah
kebahasaan yang mengharuskannya untuk menggunakan bahasa Indonesia yang… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Struktur isi berita
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Empat
8.
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi
teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi untuk memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi
9.
Ilmiah
10.
Baku
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks berita terlampir (tayangan
guru) kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks berita
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks berita
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks berita?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks berita
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks berita tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks berita sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment