RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X BAB 1 KD 3.3. 4.3. TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Satuan Pendidikan       : SMK ... .

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : X/1

Materi Pokok               : Teks Laporan Hasil Observasi

Tema/ topik                 : Gemar Meneroka Alam Semesta

Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                      

Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit 

A.       Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.         1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.

Indikator

1.1.1.                               Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.

  Indikator

       2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran

3.3. Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

       Indikator

3.3.1.              Mengungkapkan kembali  langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi

3.3.2.              Menganalisis isi  teks laporan hasil observasi dengan cermat.

3.3.3.              Menganalisis bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

4.3. Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

  Indikator

4.3.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi

4.3.2.              Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi

4.3.3.              Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan santun dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:

1.   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran

3.    Mengungkapkan kembali  langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi

4.                            Menganalisis isi teks laporan hasil observasi

5.                            Menganalisis bahasa  teks laporan hasil observasi

6.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi

7.                            Menyunting isi sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi

8.                            Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

 

D.       Materi Pembelajaran    

1.       Contoh teks laporan hasil observasi

KARBON

1 Karbon adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni (seperti berlian dan grafit). Karbon umumnya berada dalam senyawa ikatan kimia dengan unsur lain yang juga dapat berbentuk senyawa organik (seperti batu bara dan petroleum) atau senyawa anorganik (seperti gamping dan bubuk pengembang kue). Terlepas dari persebarannya yang cukup luas, karbon hanya berjumlah 0,19 persen dari kerak bumi.

2 Kedua bentuk dasar karbon tersebut mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda. Berlian terbentuk dari atom yang terikat dengan sangat kuat sehingga dikenal sebagai benda yang paling keras. Di pihak lain, karbon yang kedua, yaitu grafit, memiliki kekerasan lebih rendah daripada berlian. Grafit disusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar. Setiap lembaran hanya terikat secara terpisah-pisah sehingga grafit terasa licin dan dapat digunakan sebagai pelumas atau alat tulis. Benda hitam yang terdapat di dalam pensil adalah grafit. Perbedaan penting lain antara berlian dan karbon adalah daya hantar arus listrik yang dikandung. Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor (dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.

3 Sifat optik berlian sangat signifikan. Berlian mempunyai indeks refraksi paling tinggi jika dibandingkan dengan batu permata apa pun sehingga benda ini memantulkan cahaya ke mata dengan lebih menyilaukan daripada pantulan dari jenis batu permata yang lain. Berlian juga mempunyai daya dispersif yang luar biasa. Berlian dapat mengurai cahaya menjadi spektrum yang berwarna-warni.

4 Pada suhu rendah semua bentuk karbon lembek, tetapi pada suhu tinggi karbon akan bersenyawa dengan oksigen dalam proses oksidasi. Bentuk karbon apa pun ketika bersenyawa dengan oksigen yang banyak pada suhu tinggi akan membentuk karbon monoksida. Karbon monoksida terbentuk sebagai hasil pembakaran mesin yang menggunakan minyak petroleum dan ditemukan dalam jumlah yang besar pada buangan knalpot mesin otomotif. Apabila terkena panas di atmosfer bersama oksigen bebas, karbon dasar akan terkonversi menjadi dioksida. Karbon dioksida relatif tidak reaktif. Bahan yang terbakar pada suhu yang relatif rendah, seperti kayu dan kertas, tidak akan terbakar dalam karbon dioksida. Atas dasar ini, karbon dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.

Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol. 3, 1987: 35--37)

2.       Langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi

Membaca/ mengamati teks secara saksama

Memahami kaidah struktur dan isi teks

Mengenali bahasa yang digunakan

Menganalisis isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD

3.       Langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi

Membaca/ mengamati teks secara saksama

Memahami kaidah bahasa dan struktur isi teks

Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi

Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

 

E.       Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific

2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

3.    Metode Diskusi, Penugasan

 

F.      Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD

2.                                                                              Tayangan teks laporan hasil observasi  (lisan maupun tulis)

 

G.    Sumber Belajar

ü  Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

ü  KBBI

ü  Internet

 

H.       Langkah-langkah Pembelajaran



     

Kegiatan

 

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Inti  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Penutup

 

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)

2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya

3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

 

1.         Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi

2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 25  “Karbon” yang sesuai dengan fenomena di dalam kehidupan sehari-hari

3.      Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks laporan hasil observasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi yang disampaikan guru.

4.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.

5.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi.

6.      Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.

7.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun

8.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi dan pemecahannya.

9.      Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah laporan hasil observasi dengan tema tertentu.

10.  Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan  teks laporan hasil observasi.

11.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis  teks laporan hasil observasi dan hasil penyuntingan teks laporan hasil observasi sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.

2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.

3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan

4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.

20 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

115 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

45 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis

2.                     Prosedur penilaian:

1.                                                                            Penilaian Proses

1.1.      Pengamatan (sikap)



No.

Aspek yang Dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

Instrumen Penilaian

Ket.

1.

Spiritual (Religius)

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi

Lembar Pengamatan

 

2.

Tanggung jawab

Kisi-kisi penilaian sikap



No.

Aspek

Indikator pencapaian

Skor (TIDAK PERNAH)

1

Skor

(KADANG-KADANG)

2

Skor

(SERING)

 

3

Skor

(SELALU)

 

4

1.

Spiritual (Religius)

Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan

a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.

b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.

c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.

d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa

e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;

 

 

 

 

2.

Tanggung jawab

Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi

a. Melaksanakan tugas individu dengan baik

b.      Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan

c.       tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat

d.      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

e.       Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri

 

 

 

 

Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan modus.

2.      Penilaian Hasil

2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)



Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik

Penilaian

Bentuk

Penilaian

Instrumen

1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks laporan hasil observasi

Tes tertulis (kuis)

Isian

1.Langkah menganalisis laporan hasil observasi yang pertama adalah…

2.Secara umum, analisis laporan hasil observasi dapat diarahkan pada analisis…dan… .

3.Laporan hasil observasi yang menyampaikan makna secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .

4.Sebelum menganalisis laporan hasil observasi hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…

5. Menganalisis isi hendaknya mengacu pada teori mengenai… .

2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi

Tes tertulis (kuis)

Isian

6.Langkah pertama saat menyunting laporan hasil observasi adalah… .

7. Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi adalah langkah ke…dalam menyunting teks laporan hasil observasi

8. Langkah terpenting dalam menyunting laporan hasil observasi adalah… .

9. Menyunting teks laporan hasil observasi hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter laporan hasil observasi yang merupakan sebuah karya… .

10.  Laporan hasil observasi hendaknya tidak meninggalkan kaidah kebahasaan yang mengharuskannya untuk menggunakan bahasa Indonesia yang… .

Jawaban

1.                                                                                      Membaca/ mengamati teks secara saksama

2.                                                                                      Isi dan bahasa

3.                                                                                      Jelas

4.                                                                                      Struktur isi dan kaidah bahasa

5.                                                                                      Struktur isi eksplanasi

6.                                                                                      Membaca/ mengamati teks secara saksama

7.                                                                                      Empat

8.            Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi untuk memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

9.            Ilmiah

10.        Baku

      Pedoman Penskoran

Soal nomor 1 - 10



Aspek

Skor

Peserta didik menjawab benar

10

Peserta didik menjawab tidak lengkap

7

Peserta didik menjawab salah

3

Peserta didik tidak menjawab

0

 

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )

Amati dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!

Rubrik Penilaian Keterampilan Menyunting Teks laporan hasil observasi



No.

Aspek

Deskripsi

Ya

Tidak

1.

Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks laporan hasil observasi

Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?

 

 

2.

Ketepatan penyuntingan bahasa dan isi teks laporan hasil observasi

Sudah tepatkah penyuntingan  bahasa dan isi teks laporan hasil observasi tersebut?

 

 

3.

Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis

Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................

Kelas/ Semester                       : ...............................................................

Tahun Ajaran               : ...............................................................

Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan



No.

Nama Siswa

Spiritual (Religius)

Tanggung jawab

TP

K

SR

SL

TP

K

SR

SL

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.