RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X BAB 1 KD 3.4. 4.4. TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


 
Satuan Pendidikan       : SMK... .

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : X/1

Materi Pokok               : Teks Laporan Hasil Observasi

Tema/ topik                   : Gemar Meneroka Alam Semesta

Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                     

Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit

A.       Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia danmenggunakan- nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.

              Indikator

              1.2.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.

              Indikator

2.2.1. Menunjukkan perilaku proaktif dalam pembelajaran

3.4. Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

       Indikator

3.4.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi

3.4.2.   Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

3.4.3.   Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

4.4. Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

  Indikator

4.4.1.  Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi

4.4.2.   Mengabstraksi teks laporan hasil observasi

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:

1.    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.    Menunjukkan perilaku proaktif dalam pembelajaran

3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi

4.                            Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

teks laporan hasil observasi

5.                            Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

teks laporan hasil observasi

6.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi

7.                            Mengabstraksi teks laporan hasil observasi

 

D.       Materi Pembelajaran    

1.       Contoh teks laporan hasil observasi

HARIMAU

1 Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. 18 Kelas X

2 Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.

3 Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

4 Harimau termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk berburu mangsa. Wilayahnya dapat mencapai kawasan perdesaan. Populasi harimau cenderung menurun karena sering diburu manusia. Oleh karena itu, harimau saat ini termasuk binatang yang dilindungi pemerintah agar tidak punah.

5 Harimau menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra, seni, dan olahraga. Harimau sering dijadikan tokoh dalam cerita rakyat, objek untuk foto atau gambar, dan maskot dalam olahraga.

Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasikan dari berbagai sumber)

2.       Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi

Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama

Memahami struktur dan isi teks laporan hasil observasi

Mengenali bahasa yang digunakan

Menentukan kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi

3.       Langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi

Membaca/ mengamati teks secara saksama

Memahami bentuk dan isi teks

Memahami inti teks

Mengabstraksi teks

 

E.     Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific

2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)

3.    Metode Diskusi, Penugasan

 

F.      Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD

2.                                                                              Tayangan teks laporan hasil observasi  (lisan)

 

G.    Sumber Belajar

ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

ü KBBI

ü Internet

 

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

 

     
Kegiatan
 
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Inti  
  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Penutup
 
1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
 
1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 17-18 , “Harimau
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar laporan hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi evaluasi teks laporan hasil observasi serta abstraksi teks laporan hasil observasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi evaluasi teks laporan hasil observasi serta abstraksi makna teks laporan hasil observasi.
7.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi serta abstraksi teks laporan hasil observasi
 
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi serta hasil abstraksi teks laporan hasil observasi.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
115 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
45 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis

2.                     Prosedur penilaian:

1.                                                                            Penilaian Proses

1.1.   Pengamatan  (sikap)

No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan
 
2.
Proaktif

Kisi-kisi penilaian sikap

No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)
 
3
Skor
(SELALU)
 
4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
 
 
 
 
2.
Proaktif
Menunjukkan perilaku proaktif dalam pembelajaran
a. Melaksanakan tugas individu dengan semangat tinggi
b.      Menanyakan materi yang belum dipahami
c.       Mau bertanya kepada teman bila ada kesulitan belajar
d.      Aktif menyampaikan pendapat pada saat pembelajaran
e.       Aktif memberikan kontribusi saat diskusi kelompok
 
 
 
 

Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan modus.

2.      Penilaian Hasil

2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
1. Langkah mengevaluasi laporan hasil observasi yang pertama adalah…
 2. Secara umum, evaluasi laporan hasil observasi dapat diarahkan pada evaluasi…dan…
3. Laporan hasil observasi yang menyampaikan makna secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum mengevaluasi laporan hasil observasi hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Langkah terakhir dalam evaluasi teks laporan hasil observasi adalah… .
2. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
6.Langkah pertama saat mengabstraksi laporan hasil observasi adalah…
7.     Langkah ketiga dan paling penting dalam abstraksi teks laporan hasil observasi adalah… .
8.     Langkah terpenting dalam mengabstraksi laporan hasil observasi adalah… .
9.  Mengabstraksi teks laporan hasil observasi hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter laporan hasil observasi yang merupakan sebuah karya… .
10.              Salah satu inti yang paling disorot saat mengabstraksi teks laporan hasil observasi adalah unsur yang terdapat pada struktur yang bernama… .

Jawaban

1.                                                                                      Membaca/ mengamati teks secara saksama

2.                                                                                      Kekurangan dan kelebihan

3.                                                                                      Jelas

4.                                                                                      Struktur isi dan kaidah bahasa

5.                                                                                      Mengidentifikasi karakteristik teks laporan hasil observasi

6.                                                                                      Membaca/ mengamati teks secara saksama

7.                                                                                      Memahami inti

8.                                    Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks laporan hasil observasi

9.            Ilmiah

10.        Pernyataan umum

      Pedoman Penskoran

Soal nomor 1 - 10

Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
7
Peserta didik menjawab salah
3
Peserta didik tidak menjawab
0

 

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )

Amati dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!

Rubrik Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks laporan hasil observasi

No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa  teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?
 
 
2.
Ketepatan abstraksi teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah abstraksi teks laporann hasil observasi tersebut?
 
 
3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?
 
 

            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................

Kelas/ Semester                       : ...............................................................

Tahun Ajaran               : ...............................................................

Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Proaktif
TP
K
SR
SL
TP
K
SR
SL
1.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5.