RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMK... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok
: Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia danmenggunakan- nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.2.1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku proaktif dalam pembelajaran
3.4. Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil
observasi
3.4.2.
Mengevaluasi kelebihan struktur isi
dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
3.4.3.
Mengevaluasi kekurangan struktur isi
dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil
observasi
4.4.2.
Mengabstraksi teks laporan hasil observasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan hasil observasi ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
proaktif dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan
hasil observasi
4.
Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil
observasi dengan
cermat.
teks laporan hasil
observasi
5.
Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil
observasi dengan
cermat.
teks laporan hasil
observasi
6.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
laporan hasil observasi
7.
Mengabstraksi teks laporan hasil
observasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
HARIMAU
1
Harimau (Panthera
tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing
besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. 18 Kelas X
2 Harimau
dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng
berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya
berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
3 Harimau
mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan,
padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat
ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.
4 Harimau
termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk
berburu mangsa. Wilayahnya dapat mencapai kawasan perdesaan. Populasi harimau
cenderung menurun karena sering diburu manusia. Oleh karena itu, harimau saat
ini termasuk binatang yang dilindungi pemerintah agar tidak punah.
5 Harimau
menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra, seni, dan olahraga. Harimau sering
dijadikan tokoh dalam cerita rakyat, objek untuk foto atau gambar, dan maskot
dalam olahraga.
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasikan dari berbagai sumber)
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan
hasil observasi
Membaca/
mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks laporan hasil observasi
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
3.
Langkah-langkah mengabstraksi teks laporan
hasil observasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks laporan hasil observasi
(lisan)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang
beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku
pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 17-18
, “Harimau”
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar laporan
hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan
materi evaluasi teks laporan hasil observasi serta abstraksi teks laporan
hasil observasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi
lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi evaluasi teks laporan hasil
observasi serta abstraksi makna teks laporan hasil observasi.
7.
Setelah
mengamati dan membaca kembali teks laporan
hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap
kelompok melakukan data processing (pengolahan data)
dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk
dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8. Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification
(pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari
9. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi serta abstraksi
teks laporan hasil observasi
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang
telah ditetapkan mengenai evaluasi teks
laporan hasil observasi serta hasil
abstraksi teks laporan hasil observasi.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Proaktif
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
||||
2.
|
Proaktif
|
Menunjukkan perilaku
proaktif dalam pembelajaran
a. Melaksanakan
tugas individu dengan semangat tinggi
b.
Menanyakan
materi yang belum dipahami
c.
Mau
bertanya kepada teman bila ada kesulitan belajar
d.
Aktif
menyampaikan pendapat pada saat pembelajaran
e.
Aktif
memberikan kontribusi saat diskusi kelompok
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil
observasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah mengevaluasi
laporan hasil observasi yang pertama adalah…
2. Secara umum, evaluasi laporan hasil observasi dapat diarahkan pada evaluasi…dan…
3.
Laporan hasil observasi yang menyampaikan makna secara eksplisit dianggap
lebih baik karena… .
4.
Sebelum mengevaluasi laporan
hasil observasi hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Langkah terakhir dalam evaluasi teks
laporan hasil observasi adalah… .
|
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
mengabstraksi laporan hasil observasi adalah…
7.
Langkah ketiga dan paling penting dalam
abstraksi teks laporan hasil observasi adalah… .
8.
Langkah terpenting dalam mengabstraksi laporan
hasil observasi adalah… .
9. Mengabstraksi
teks laporan hasil observasi hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter laporan
hasil observasi yang merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat
mengabstraksi teks laporan hasil observasi adalah unsur yang terdapat pada
struktur yang bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Kekurangan dan
kelebihan
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Mengidentifikasi karakteristik teks laporan hasil
observasi
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Memahami inti
8.
Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks
laporan hasil observasi
9.
Ilmiah
10.
Pernyataan umum
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks laporan
hasil observasi terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?
|
||
2.
|
Ketepatan abstraksi teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah abstraksi teks laporann hasil
observasi tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks laporan
hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Proaktif
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment