RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi
Indikator
1.2.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menceritakan hasil observasi.
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku jujur dalam
mengerjakan tugas pembelajaran
3.1.
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.Mengungkapkan kembali struktur teks laporan hasil observasi
3.1.2.Mengungkapkan kembali kaidah teks laporan hasil observasi
4.1. Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka
Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Menunjukkan perilaku
jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali struktur teks
laporan hasil observasi
4. Mengungkapkan
kembali kaidah teks laporan hasil observasi
5. Menginterpretasi
makna teks laporan hasil
observasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
a. Tulis
MAKHLUK DI BUMI INI
1 Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan
perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
2 Semua benda di dunia ini
dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan
mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan
dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara
itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3 Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan
tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam
beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat
lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah,
tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat
penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat
menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan
tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan.
Namun, tidak semua
tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena itu,
tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan
berbunga dan
tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar,
jagung, dan tanaman buah
mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan
pakis tidak.
4 Selanjutnya, binatang
dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.
Vertebrata bertulang
belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan
lain-lain, sedangkan
invertebrata tidak bertulang belakang meliputi uburubur,
kupu-kupu, dan laba-laba.
Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu
mamalia, burung, amfibia,
reptilia, dan ikan.
Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
kelas X SMA/SMK/MA/MAK ( (Diadaptasi dari Learning English through General Science,
1984: 29)
b.
Lisan
Wonderfull world Playing For Change (you
tube) https://www.youtube.com/watch?v=ddLd0QRf7Vg
2.
Struktur
dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Struktur isi:
Pernyataan
umum (klasifikasi) merupakan
semacam pembuka atau pengantar tentang hal yang akan dilaporkan. Pada tahap
pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasi
berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
Anggota/
aspek yang dilaporkan merupakan detail dari
pernyataan umum (klasifikasi)
Anggota/
aspek yang dilaporkan merupakan detail dari
pernyataan umum (klasifikasi)
Kaidah
bahasa:
Bahasa ilmiah: sesuai kaidah dan EYD
Bahasa ilmiah
Berisi kalimat baku, dengan ciri-ciri:
Minimal mengandung S dan P
Tidak pleonasme
Tidak terkontaminasi
Tidak ambigu
Kaidah isi:
Mengandung struktur yang lengkap dan urut
Bersifat objektif
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery
Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2. Tayangan teks laporan hasil observasi
(lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK (revisi)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru
mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada
jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan
kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3. Guru memberikan informasi kompetensi materi,
tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
kepada peserta didik.
1. Pengetahuan
dan kemampuan peserta
didik tentang teks laporan hasil observasi
yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan menayangkan teks laporan hasil observasi Wonderfull
world Playing For Change (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=ddLd0QRf7Vg
2.
Peserta didik diberi stimulation
(stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku
pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 5, “Makhluk di Bumi Ini”
3.
Peserta didik secara
mandiri dipersilakan
untuk menanyakan hal-hal seputar laporan hasil observasi yang dikaitkan
dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah
duduk sesuai dengan kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta
interpretasi makna teks laporan hasil observasi untuk kemudian membuat
rumusan hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan
untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan
informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau
tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil
observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta
interpretasi makna teks laporan hasil observasi.
7.
Setelah mengamati dan
membaca kembali teks laporan
hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap
kelompok melakukan data processing (pengolahan data)
dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan dengan teman satu kelompok
untuk merangkum dan menyajikan dalam presentasi.
8.
Empat kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut
sedangkan kelompok lain merespons/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification
(pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari
9.
Dengan
tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, serta interpretasi makna
teks laporan hasil observasi
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang
telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
serta hasil interpretasi makna teks laporan hasil observasi.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan.
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Religius
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut ataupun menggunakan bahasa Indonesia yang santun.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Jujur
|
Menunjukkan
perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
a.
Tidak menyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
b.
Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
c.
Mengungkapkan
perasaan apa adanya
d.
Menyerahkan kepada
yang berwenang barang yang ditemukan
e.
Mengakui kesalahan
atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali struktur isi teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.Struktur
teks laporan hasil observasi yang
berfungsi memberikan gambaran umum disebut… .
2.Pernyataan
umum dalam sebuah teks laporan hasil observasi dapat dianggap sebagai…teks laporan hasil
observasi .
3.Struktur
yang bersifat opsional berarti….
4.Struktur
dalam teks laporan hasil observasi
yang bersifat opsional adalah struktur yang bernama… .
5.Penjelasan
detail dari pernyataan umum terdapat pada struktur nomor… .
|
2.Mengungkapkan
kembali kaidah bahasa teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Kaidah
teks laporan hasil observasi
diarahkan pada dua hal yaitu kaidah…. dan… .
7.Kaidah laporan hasil
observasi yang menyatakan bahwa
laporan hasil observasi harus bersifat
ilmiah berarti… .
8.Laporan hasil observasi yang baik harus menggunakan bahasa ilmiah.
Ciri-ciri bahasa ilmiah antara lain… .
9.Gaya bahasa teks laporan hasil
observasi tidak diperkenankan karena
teks laporan hasil observasi bukanlah
karya… .… .
10.Apakah laporan hasil
observasi harus bersifat faktual?
|
JAWABAN
1.
Pernyataan umum
- Pembukaan
- Tidak harus ditulis dalam teks, bersifat
pilihan
- Anggota/ aspek yang dilaporkan 2
- Dua
- Isi, bahasa
- Harus berisi ilmu pengetahuan yang bermanfaat
dan menggunakan bahasa yang ilmiah/ baku
- Sesuai EYD
Menggunakan kata-kata baku
- Sastra
- Ya, karena bersifat ilmiah, teks laporan hasil
observasi harus bersifat faktual/
nyata.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
- 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks laporan hasil
observasi terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna teks laporan hasil
observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
laporan hasil
observasi
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks laporan hasil observasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan (observasi)
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester :
X/
Tahun Ajaran :
2015/ 2016
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual
(Religius)
|
Jujur
| ||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
| ||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
TP : Tidak Pernah
K : Kadang-kadang
SR : Sering
SL : Selalu
No comments:
Post a Comment