Tugas 3 Mengidentifikasi dan Menelaah Teks Diskusi

Tugas 3 Mengidentifikasi dan Menelaah Teks Diskusi


Pada Tugas 3 ini kamu diminta dapat mengidentifikasi dan menelaah teks diskusi
yang berjudul “Dampak Internet bagi Pelajar”. Identifikasi teks diskusi itu dapat berupa
identifikasi struktur teks, fungsi sosial teks, serta unsur klasifikasi kebahasaan yang
membangun teks tersebut. Telaah teks diskusi meliputi ejaan, kalimat, dan paragraf. Teks
yang akan kamu identifikasi dan telaah adalah sebagai berikut.
Dampak Internet bagi Pelajar
Internet telah banyak membantu manusia dalam segala unsur kehidupan sehingga
internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet, apa
pun dapat kita lakukan baik hal positif maupun hal negatif. Sebagai media komunikasi,
internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh
dunia.
Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi dunia informasi, tetapi
banyak juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan
bantuan internet. Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih mudah dengan
mencarinya di internet. Tidak bisa dipungkiri adanya internet memberikan pengaruh
kepada pelajar. Ada pengaruh positif, tetapi ada juga pengaruh negatif internet, bagaikan
mata uang dengan dua sisi, bergantung pada bagaimana kita menghadapinya.
Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh siswa dari internet jika digunakan
secara bijak. Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif yang ditimbulkan internet.
Berikut ini beberapa pengaruh negatif dari internet. Beberapa berita, baik televisi
maupun koran melansir adanya penculikan anak atau kasus pelarian anak di bawah
umur yang berawal dari situs pertemanan atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang
mudah percaya pada siapa pun memungkinkan terjadinya hal tersebut.
Pornografi adalah pengaruh negatif internet lainnya. Tidak hanya orang dewasa yang
mengunjungi situs-situs terlarang, tetapi banyak siswa yang ditengarai sering berkunjung
ke situs-situs yang berisi gambar atau cerita porno. Hal ini tentu saja merupakan situasi
yang sangat memprihatinkan. Kecanduan permainan online yang melanda siswa juga
merupakan pengaruh negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan dapat membuat
siswa kehabisan waktu dan energi untuk bermain. Akibatnya, prestasi siswa pun
menurun.
Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada siswa, ada beberapa hal yang harus
dilakukan, yaitu selalu mendampingi anak ketika mereka sedang mengakses internet.
Hal ini untuk memastikan bahwa anak telah mengakses situs yang tepat. Jangan sampai
anak asyik bermain internet, sedangkan orang tua tidak mengetahui keberadaan anak.
Jika fasilitas internet tersedia di rumah, letakkan fasilitas tersebut di ruang bersama. Hal
ini untuk memudahkan orang tua mengawasi anak. Jika harus menggunakan fasilitas
internet di warnet, bantu anak memilih warnet “sehat”. Akan lebih bijaksana, jika Anda
mengenal pemilik dan petugas di sana. Ini untuk memudahkan Anda mengawasi anak.
Beri pemahaman yang baik pada anak tentang pengaruh positif dan negatif internet bagi
dirinya. Dengan demikian, Anda sudah membekalinya dengan benteng pertahanan
diri.
Diharapkan semua pihak, baik orangtua, guru, pemerintah maupun siswa untuk
bersama-sama mencegah dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari internet.
Pemerintah diharapkan dapat memblokir situs-situs yang tidak baik. Orang tua juga
diharapkan dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak dapat terus terpantau dan
tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik.
(Dimodifikasi dari: http://tia90kurnia.wordpress.com/2013/07/03/dampak-internet-bagi-pelajar)
a. Identifikasi Teks Diskusi
1) Struktur Teks
Setelah kamu membaca teks di atas, tentukan bagian isu, argumen mendukung,
argumen menentang, dan simpulan. Kamu tinggal mengisi tabel berikut ini.
Struktur Teks Diskusi “Dampak Internet bagi Pelajar”
Struktur Teks Teks
Isu ____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
Argumen mendukung ____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
Argumen menentang ____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
Simpulan ____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
____________________________________________
2) Fungsi Sosial Teks Teks Diskusi
Pada bagian ini kamu harus bisa menjawab apa fungsi teks diskusi dalam kehidupan
sehari-hari. Kemukakan pendapatmu di depan kelas atau dalam forum diskusi di kelas!
Fungsi sosial teks diskusi “Dampak Internet bagi Pelajar” adalah untuk membahas isu
dampak penggunaan internet dilihat lebih satu sisi, dengan memaparkan argumen
yang mendukung dan argumen yang menentang isu tersebut.
3) Klasifikasi Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
Perlu kamu ketahui bahwa teks diskusi mempunyai ciri-ciri kebahasaan yang khas.
Ciri-ciri kebahasaan itu, antara lain, penggunaan tanda hubung perlawanan seperti
tetapi, sedangkan, tidak … tetapi, bukan … melainkan, penggunaan kata kerja dan
kata benda.
a) Penggunaan Tanda Hubung Perlawanan
a) Penggunaan Tanda Hubung Perlawanan
Pada bagian ini kamu diminta untuk mengklasifikasi penggunaan tanda hubung
perlawanan (tetapi, sedangkan, tidak … tetapi, bukan … melainkan) di dalam teks
“Dampak Internet bagi Pelajar”.
Tanda Hubung Contoh dalam Kalimat
tetapi Keberadaan internet memberikan manfaat positif bagi
dunia informasi, tetapi banyak juga pengaruh negatifnya.
sedangkan Jangan sampai anak asyik bermain internet, sedangkan
orang tua tidak mengetahui keberadaan anak.
tidak … tetapi _____________________________________________
bukan … melainkan _____________________________________________
b) Selanjutnya, kamu diminta membuat kalimat dengan tanda hubung perlawanan,
sekurang-kurangnya sepuluh kalimat. Sebaiknya, kalimat yang kamu buat tidak
terdapat di dalam teks di atas.
1) ___________________________________________________________
2) ___________________________________________________________
3) ___________________________________________________________
4) ___________________________________________________________
5) ___________________________________________________________
6) ___________________________________________________________
7) ___________________________________________________________
8) ___________________________________________________________
9) ___________________________________________________________
10) ___________________________________________________________
b. Menelaah Teks Diskusi
Pada Tugas 4 ini kamu diharapkan dapat menelaah unsur kebahasaan teks diskusi dari
unsur ejaan, kalimat, dan paragraf.
1) Ejaan
Setelah kamu membaca teks di atas, kamu tandai ejaan yang salah, kemudian
kamu betulkan. Kalau di dalam teks di atas tidak ditemukan kesalahan ejaan, kamu
cari teks diskusi di koran, majalah, atau internet, kemudian kamu betulkan kesalahan
ejaannya.
Ejaan yang salah Ejaan yang betul
di buktikan dibuktikan
diseluruh dunia _________________________________
kriminil _________________________________
sekedar _____
analisa _________________________________
metoda _________________________________
jadual _________________________________
prosen _________________________________
apotik _________________________________
praktek _________________________________
2) Kalimat
Setelah kamu membaca teks di atas, kamu cari kalimat simpleks (tunggal) dan
kalimat kompleks (majemuk) (setara dan bertingkat) sekurang-kurangnya 10 kalimat.
1) Kalimat simpleks (Kalimat tunggal)
1. ___________________________________________________________
2. ___________________________________________________________
3. ___________________________________________________________
4. ___________________________________________________________
5. ___________________________________________________________
6. ___________________________________________________________
7. ___________________________________________________________
8. ___________________________________________________________
9. ___________________________________________________________
10. ___________________________________________________________
2) Kalimat kompleks (Kalimat majemuk)
1. ___________________________________________________________
2. ___________________________________________________________
3. ___________________________________________________________
4. ___________________________________________________________
5. ___________________________________________________________
6. ___________________________________________________________
7. ___________________________________________________________
8. ___________________________________________________________
9. ___________________________________________________________
10. ___________________________________________________________
3) Telaah Paragraf
Pada bagian ini kamu diminta menelaah paragraf yang ada di dalam teks diskusi.
Perlu kamu ketahui bahwa paragraf yang baik adalah paragraf yang terdiri atas satu
kalimat topik dan beberapa kalimat pengembang. Untuk itu, kamu tentukan kalimat
topik dan kalimat pengembang yang ada di dalam paragraf berikut.
Paragraf ke 1
Internet telah banyak membantu
manusia dalam segala unsur kehidupan
sehingga internet mempunyai andil
penuh dalam kehidupan sosial. Dengan
adanya internet, apa pun dapat kita
lakukan baik positif maupun negatif.
Sebagai media komunikasi, internet
dapat digunakan untuk berkomunikasi
dengan pengguna lainnya di seluruh
dunia.
Kalimat Topik
________________________________
________________________________
________________________________
________________________________
Kalimat Pengembang
1. ______________________________
2. ______________________________
3. ______________________________
dst.
Paragraf ke 2
Keberadaan internet memberikan manfaat
positif bagi dunia informasi, tetapi banyak
juga pengaruh negatifnya. Banyak siswa yang
mendapatkan ilmu dengan bantuan internet.
Bahkan, tugas-tugas sekolah pun kini terasa lebih
mudah dengan mencarinya di internet. Tidak
bisa dipungkiri adanya internet memberikan
pengaruh kepada pelajar. Ada pengaruh positif,
tetapi ada juga pengaruh negatif internet,
bagaikan mata uang dengan dua sisi, bergantung
pada bagaimana kita menghadapinya.
Kalimat Topik
__________________________
__________________________
__________________________
__________________________
Kalimat Pengembang
1. ________________________
2. ________________________
3. ________________________
dst.
Paragraf ke 3
Banyak manfaat positif yang dapat diperoleh
siswa dari internet jika digunakan secara bijak.
Namun, tidak sedikit pula pengaruh negatif
yang ditimbulkan internet. Berikut ini beberapa
pengaruh negatif dari internet. Beberapa berita,
baik televisi maupun koran melansir adanya
penculikan anak atau kasus pelarian anak di
bawah umur yang berawal dari situs pertemanan
atau jejaring sosial di internet. Sifat anak yang
mudah percaya pada siapa pun memungkinkan
terjadinya hal tersebut.
Kalimat Topik
__________________________
__________________________
__________________________
__________________________
Kalimat Pengembang
1. ________________________
2. ________________________
3. ________________________
dst.
Paragraf ke 4
Pornografi adalah pengaruh negatif internet
lainnya. Tidak hanya orang dewasa yang
mengunjungi situs-situs terlarang, tetapi banyak
siswa yang ditengarai sering berkunjung ke
situs-situs yang berisi gambar atau cerita porno.
Hal ini tentu saja merupakan situasi yang sangat
memprihatinkan. Kecanduan permainan online
yang melanda siswa juga merupakan pengaruh
negatif internet. Kecanduan dan ketergantungan
dapat membuat siswa kehabisan waktu dan
energi untuk bermain. Akibatnya prestasi siswa
pun menurun.
Kalimat Topik
__________________________
__________________________
__________________________
__________________________
Kalimat Pengembang
1. ________________________
2. ________________________
3. ________________________
dst.
Paragraf ke 5
Untuk menangkal pengaruh negatif internet pada
siswa, ada beberapa hal yang harus dilakukan,
yaitu selalu mendampingi anak ketika mereka
sedang mengakses internet. Hal ini untuk
memastikan bahwa anak telah mengakses situs
yang tepat. Jangan sampai anak asyik bermain
internet, sedangkan orang tua tidak mengetahui
keberadaan anak. Jika fasilitas internet tersedia
di rumah, letakkan fasilitas tersebut di ruang
bersama. Hal ini untuk memudahkan orang
tua mengawasi anak. Jika harus menggunakan
fasilitas internet di warnet, bantu anak memilih
warnet ‘sehat’. Akan lebih bijaksana, jika Anda
mengenal pemilik dan petugas di sana. Ini
untuk memudahkan Anda mengawasi anak.
Beri pemahaman yang baik pada anak tentang
pengaruh positif dan negatif internet bagi dirinya.
Dengan demikian, Anda sudah membekalinya
dengan benteng pertahanan diri.
Kalimat Topik
__________________________
__________________________
__________________________
__________________________
Kalimat Pengembang
1. _______________________
2. _______________________
3. _______________________
dst.
Paragraf ke 6
Diharapkan semua pihak baik orangtua, guru,
pemerintah maupun siswa sendiri untuk
bersama-sama mencegah dampak-dampak
negatif yang ditimbulkan dari internet.
Pemerintah diharapkan dapat memblokir situssitus
yang tidak baik. Orang tua juga diharapkan
dapat lebih memperhatikan anaknya agar anak
dapat terus terpantau dan tidak terjerumus
kedalam hal-hal yang tidak baik.
Kalimat Topik
__________________________
__________________________
__________________________
__________________________
Kalimat Pengembang
1. ________________________
2. ________________________
3. ________________________
dst.



buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP

No comments:

Post a Comment